Recent Posts

Tips Sehat Untuk Atasi Susah Tidur Ala Dr.Clarin Hayes

Tips Sehat Untuk Atasi Susah Tidur Ala Dr.Clarin Hayes


Hallo happy people, apakah happy people pernah merasakan susah tidur atau memang sering mengalminya? Berikut mimin akan bagikan tips untuk mengatasi susah tidur yang dikutip dari chanel you tube dokter Clarin Hayes.

Untuk mengatasi susah tidur kita dapat melakukan sleep hygiene. Sleep hygiene merupakan bagian penting dari CBT atau Cognitive Behavioral Theraphy. Yang mana sleep hygiene ini merupakan terapi untuk mengatasi susah tidur yang baik yang termasuk di dalammnya adalah teknik mengurangi stress, dan manajemen waktu tidur.

Berikut ini adalah 7 tips simple dan praktis untuk atasi susah tidur yang telah dirangkum oleh dokter Clarin Hayes:

1. Rencanakan jadwal tidur yang teratur

Usahakan untuk merencanakan jadwal tidur yang teratur yang dapat memenuhi kebutuhan tidur yaitu sekitar 6-8 jam perharinya. Usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama bahkan ketika hari libur. jika happy people sering tidur siang, sekarang hindari kebiasaan ini kecuali benar-benar ngantuk dan lelah dan jangan sampai lebih dari 30 menit, yang tak kalah penting adalah jangan tidur di atas jam 3 sore.


2. Tidur hanya saat mengantuk

Please happy people jangan malas gerak. Terlebih di waktu pagi yang seharusnya aktif produktif sampan siang bahkan sore hari.


3. Makan dengan benar

Selain kita harus mengkonsumsi makanan sehat, juga harus makan dengan benar. Hindari makan makana berat sebelum tidur di malam hari. Jika merasa lapar malam sebelum tidur, boleh minum jus tanpa tambahan gula.

4. Atur suasana kamar tidur

Atur suasana kamar tidur yang benar-benar untuk tidur. Hindari menyimpan tv, ruang tidur dipakai untuk bekerja, dipakai untuk makan dan lain-lain yang tidak berkaitan atau bahkan dapat menganggu aktivitas tidur.

  • Selain mengatur suasana kamar tidur, suhu ruangan yang sejuk dapat membantu mempermudah dan membuat lebih nyaman saat kita tidur.
  • Matikan lampu kamar tidur/pakai lampu tidur remang-remang. Mematikan atau menggunakan lampu tidur dapat membantu tubuh untuk memproduksi melatonin. Melatonin merupakan hormon yang dapat membuat kita tidur nyenyak dan dikeluarkan lebih banyak saat kondisi gelap. Menariknya, sensor melatonin ada di mata kita. Oleh karena itu keadaan gelap dapat memproduksi melatonin dan akhirnya kita mengantuk.

5. Lakukan ritual sebelum tidur

Beberapa ritual yang dapat dilakukan sebelum tidur seperti meditasi, baca buku santai,berdoa, mandi air hangat atau apapun yang dapat dilakukan dengan nyaman.

6. Olah raga

Hindari olah raga berat kurang lebih 4 jam sebelum tidur. Olahraga berat dapat membuat kita segar kembali dan aktivitas tidur terganggu.

Olah raga yang baik dilakukan sebelum tidur adalah peregangan ringan atau latihan pernafasan.


7. Batasi penggunaan gadget sebelum tidur

Hindari penggunaan gadget maksimal 30 menit sebelum tidur. Pernah tidak kita hendak mau tidur lalu iseng buka gadget, bukan semakin mengantuk malah kembali segar dan akhirnya terjaga.

Nah itu dia 7 tips simple dan praktis untuk atasi susah tidur yang telah dirangkum oleh dokter Clarin Hayes.

Semoga bermanfaat dan tentunya dapat mengatasi susah tidur happy people.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke orang terdekat


Belum ada Komentar untuk "Tips Sehat Untuk Atasi Susah Tidur Ala Dr.Clarin Hayes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel