Recent Posts

Ternyata Bumbu Dapur Ini Mampu Jadi Obat Hebat Penuh Khasiat

Ternyata Bumbu Dapur Ini Mampu Jadi Obat Hebat Penuh Khasiat


Halo happy people, apa kabar nih? Kali ini mimin mau memberikan info menarik, hal terderkat khususnya untuk ibu-ibu pasti hafal dengan yang namanya bumbu dapur. Yang sudah kita tahu bumbu dapur berfungsi sebagai penyedap dalam mengolah makanan, namun ada fakta menarik bahwa ternyata bumbu dapur memiliki khasiat hebat sebagai obat yang penuh hasiat. Apa saja bumbu dapur yang memiliki manfaat sebagai obat, berikut ini beberapa bumbu dapur yang berkhasiat.

Bawang merah

Bawang merah tentunya salah satu hal yang wajib ada di dapur sebagai bumbu penyedap dalam mengolah makanan, namun di sini bawang merah ternyata memiliki khasiat yang baik karena mengandung vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium dan zat besi. Bahkan bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami, berupa hormon auksin dan giberelin. Untuk manfaatnya bawang merah juga bisa menjadi obat untuk diabetes, kolestrol, jantung, darah tinggi, sembelit, melancarkan pernapasan, memadatkan tulang , meningkatkan daya tahan tubuh dan juga melancarkan ASI.

Bawang putih

Selanjutnya adalah bawang putih , dimana memiliki kandugan zat-zat bermanfaat untuk tubuh seperti karbohidraat, protein, serat, mangan, vitamin C, kalsium, selenium, flavnoid, oligosakarida, dan asam amino. Selain itu bawang putih juga diperkaya oleh senyawa sulfur aktif, seperti alil propil disufilda, dialil disulfida, dialil trifusida dan ailin. Untuk manfaatnya bawang putih membantu menurunkan koleestrol, mengatasi dan mencegah pilek, membantu mencegah kanker, menjaga kesehatan mulut dan gigi, menyehatkan pencernaan, serta menjaga kesehatan jantung.

Garam

Garam merupakan bumbu wajib yang harus selalu ada di dapur kita, untuk membuat makanan agar tidak terasa hambar. Namun ternyata garam memiliki khaiat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Karena dalam garam terkandung mineral, seperti yodium, fosfor, kobalt, kalsium, seng, sulfur, klorin, magnesium, mangan, tembaga, natrium, dan flour. Untuk khasiatnya adalah membantu mencerahkan kulit, menjaga keseahtan gigi dan mulut, mengobati luka dan antiradang, melancarkan metabolisme, meringankan bronkitis, mencegah hipetormia, dan juga menjaga kesehatan pencernaan.

Ketumbar

Selanjutnya dalah ketumbar dimana merupakan baham yang sering dijadikan campuran bumbu masak dalam menu olahan daging dan ikan. Ketumbar memiliki aroma yang kuat sehingga mampu menyamarkan bau amis dari daging atau ikan yang akan diolah. Kandungan yang terdapat dalam katumbar yaiu riboflavin, kalsium, tembaga, tiamina, niasin, serat, seng, kalium dan juga fosfor. Manfaat kesehatan untuk ketumbar diantaranya adalah meredakan gangguan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, menurunkan kadar gula darah, mengurangi rasa sakit dan peradangan, menjaga kesehatan otak, dan mengurangi resiko penyakit jantung juga kanker.

Lada

Lada memiliki kandungan kalori, protein, karbohidrat, dan serat. Selain itu lada juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitmin A, B1, B2, B3, B6 serta vitamin K. Untuk kesehatan lada memiliki manfaat dalam membantu meredakan hidung tersumbat, mencegah kerusakan sel, menghambat pertumbuhan bakteri, membantu mengobati penyakit lambung, meredakan radang sendi, dan mengontrol gula darah.

Kunyit

Untuk kunyit pastinya sudah banyak yang tahu bahwa kunyit memiliki khasiat kesehatan untuk tubuh karena memiliki kandungan kurkumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin, dan bidesmetoksikurkumin. Selain itu kunyit juga mengandung minyak atsiri, arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tannin, dan damar. Selain itu kunyit juga mengandung mineral seperti magnesium, besi, mangan kalsium, antrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminunium, dan bismut.

Bagian kunyit yang dijadikan obat adalah rimpangnya. Rimpang kunyit memiliki khasiat sebagai antiglikogen, antidemik membantu menurunkan tekanan darah, obat malaria, obat cacing, sakit perut, memperbayak ASI, serta membantu mengobati keseleo, memar dan reuamtik.

Nah bagaimana? Ternyata dalam bumbu dapur yang sehari-hari kita jadikan sebagai bumbu dapur ternyata memiliki kandungan yang luar biasa dan baik untuk kesehatan kita. Sehingga bisa jadi alternatif pilihan ketika kita merasa membutuhkan obat untuk melakukan tindakan pertama sebelum sakit menjadi lebih buruk. Itu saja dulu untuk kali ini, di kesempatan selanjutnya mimin akan menambahkan bumbu dapur lainnya yang memiliki kandungan khasiat yang baik untuk kesehatan. See you . .

Belum ada Komentar untuk "Ternyata Bumbu Dapur Ini Mampu Jadi Obat Hebat Penuh Khasiat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel