Recent Posts

Ternyata Bumbu Dapur Ini Mampu Jadi Obat Hebat Penuh Khasiat || Part II

Ternyata Bumbu Dapur Ini Mampu Jadi Obat Hebat Penuh Khasiat || Part II


Halo happy people setelah kemarin mimin sempat membahas beberapa bumbu dapur yang memiliki khasiat obat luar biasa, kali ini sesuai janji sebelumnya mimin akan menambahkan bumbu dapur lainnya yang memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Hal ini memnurut mimin sangat penting dan membantu karena penggunaan obat herbal itu lebih aman dan minim efek samping di bandingkan menggunakan obat dengan bahan kimia. Langsung aja kita bahas bumbu dapur yang memiliki khasiat obat untuk kesehatan tubuh kita

Asam jawa

Asam jawa atau tamarin memiliki kombinasi rasa asam dan manis, dari dulu asam jawa sering digunakan sebagai alternatif pengobatan di berbagai belahan dunia. Kandungan polifenol pada asam jawa memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan. Selain itu asam jawa juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mengatasi diabetes, membantu menurunkan berat badan dan melindungi organ hati

Bunga lawang

Bunga yang berbentuk seperti bintang berwarna kecoklatan ini sering digunakan dalam banyak masakan, bahkan bukan hanya sebagai bumbu masakan bunga lawang ini sering digunakan dalam campuran minuman herbal, seperti teh atau wedang karena bunga lawang ini memiliki rasa manis dan pedas sehingga pas dipadukan sebagai campuran minuman herbal. Kandungan dari bunga lawang ini kaya akan flavnoid dan polifenol. Selain itu, bunga lawang memiliki senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya zat besi, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, dan serat makanan. Untuk manfaatnya bunga lawang membantu megatasi flu, menjaga kesehatan kulit, mengobati infeksi jamur, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi insomnia, meningkatkan sirkulasi darah, dan menjaga kesehatan pencernaan


Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah asli Indonesia yang memiliki aroma harum yang unik. Sehingga tidak aneh jika rempah selalu dipakai dalam mengolah makanan tradisional bahkan dalam membuat kue sekalipun, cengkeh memiliki kandungan nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Meski berukuran kecil, cengkeh mengandung vitamin, mineral, dan juga serat. Untuk manfaat kesehatan dari cengkeh sendiri yaitu, membantu menjaga kesehatan tulang, membunuh bakteri, mengurangi sakit lambung, mengatur gula darah, meningkatkan kesehatan hati, dan melindungi tubuh dari kanker.

Jahe

Rempah khas Indonesia yang telah ada sejak zaman nenek moyan kita,jahe sering dijadikan penyedap rasa untuk beberapa masakan. Jahe mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Karena banyaknya kandungan nutrisi pada jahe seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, lemak dan gula. Selain itu jahe juga mengandung zat besi, kalium, vitamin B2, B3, b6, vitamin C magnesium, fosfor, seng dan folat. Untuk manfaatnya jahe mampu meredakan mual, meringankan gejala flu dan pilek, mengurangi rasa nyeri, meredakan peradangan, menurunkan kadar gula darah, menyehatkan pencernaan, menurunkan kolestrol, serta menyembuhkan infeksi.

Kapulaga

Rempah ini biasanya selalu ada dalam masakan gulai, seperti gulai ayam, sapi, dan kambing. Selain untuk makanan kapulaga juga biasa digunakan sebagai campuran jamu dan obat-obatan. Kapulaga mengandung berbagai zat diantaranya minyak atsiri, zat sineol, terpineol, dan boneol. Selain itu kapulaga juga mengandung flavonoida, saponin, senyawa polifenol, mangan, pati gula, lemak, protein, dan silikat. Untuk kesehatan kapulaga bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengobati gastritis ( mulas dan kram di perut) menyehatkan ginjal, mencegah kanker, meredakan sakit otot, serta mengobati gatal tenggorokan dan batuk.

Lengkuas

Lengkuas mengandung aneka zat yang sangat baik bagi kesehatan, di antaranya galagin, betasitosterol, quercetin, alpin, dan flavonoid. Lengkuas kuga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, serat makanan dan karbohidrat yang baik. Beberapa manfaat lengkuas di antararanya kaya akan antioksidan, membantu mengurangi peradangan nyeri, melindungi dari infeksi, membantu meningkatkan kesuburan pria, membantu meringankan sakit perut dan masalah pencernaan, mendukung kesehatan otak serta antikanker.

Serai

Serai mengandung karbohifrat, serat, protein, kalsium, potasium, mangan, magnesium, dan zat besi. Adapun aneka vitamin yang ada pada serai yaitu, vitamin A,C,B9, dan B3. Daunnya pun mengandung senyawa antioksidan berupa asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin, manfaat dari serai untuk kesehatan, membantu menurunkan kadar kolestrol, mencegah infeksi, meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, meredakan nyeri, meningkatkan jumlah sel darah, serta mengurangi rasa kembung.

Nah itulah beberapa bumbu dapur yang ternyata memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh, dan juga banyak sekali kanudngan vitamin di dalamnya. Itu saja untuk kali ini, semoga tulisan ini bisa membantu dan juga bermanfaat untuk kalian semua.

Belum ada Komentar untuk "Ternyata Bumbu Dapur Ini Mampu Jadi Obat Hebat Penuh Khasiat || Part II"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel