Recent Posts

Tips Memilih Clodi yang Tepat (Review Clodi Babyland, Riyoka, Little Hippo, Qianquhui dan Ztwo)



Halo happy people, hari ini mimin akan bahas tentang clodi lagi. Kenapa “lagi” karena sebelumnya mimin pernah bahas per-clodi-an di artikel yang sudah lebih dulu diunggah di blog ini. Silahkan cek kalau penasaran (link artikel clodi sblumhya). 

Kali ini mimin akan melakukan battle 5 merk clodi sekaligus! Mulai dari clodi yang murah hingga clodi yang mahal. Lima merk clodi yang akan mimin battle yaitu, Qianquhui, Babyland, Riyoka, Ztwo, dan Little Hippo. Selain itu mimin akan sedikit mereview tentang fitur baru yang mimin punya dalam koleksi clodi bayi mimin. 

Mungkin ada salah satu dari happy people yang bertanya, “kenapa kok clodinya campur-campur, gak setia sama satu merk saja?”. Jawabannya, clodi yang pertama kali mimin punya adalah merk Qianquhui dan insert unbranded itu, makin kesini bayi makin besar pipis dan pup nya makin banyak jadi 2 produk tadi sudah tidak efektif, dari situ mimin mulai upgrade clodi ke merk lain. Merk clodi pertama yang mimin coba setelah Qianquhui adalah clodi merk Babyland, berikut dengan insertnya Babyland microfiber, insert Babyland charcoal, dan insert microfiber merk Little Hippo. 
Awalnya mimin tidak membeli banyak clodi merk babyland karena masih punya clodi Qianquhui yang masih bisa dipakai, dengan melakukan trik menggunakan cover clodi Qianquhui tapi insertnya Babyland. Sebetulnya kebutuhan clodi bayi mimin untuk saat ini masih cukup dengan menggunakan clodi Qianquhui dan Babyland, cuman mimin ingin upgrade aja ke clodi yang memiliki fitur inner guestnya yang menurut klaimnya berfungsi untuk menahan cairan agar tidak bocor ke samping. Fitur inner guest yang mimin punya ada di clodi Riyoka dan Ztwo. Setelah itu ada keinginan mimin untuk membeli lagi clodi guna memenuhi jumlah clodi yang mimin targetkan yaitu 25 clodi, dari clodi tambahan yang mimin beli itu ada salah satunya merk Little Hippo yang menurut salah satu youtuber yang mimin tonton videonya dia jatuh cinta banget sama clodi merk Little Hippo. 

Ber-clodi sangat membantu mimin dalam memangkas budget kebutuhan bayi, selain itu hal yang tak kalah penting adalah ramah lingkungan. Meskipun mimin belum sepenuhnya bisa untuk benar-benar menggunakan produk yang ramah lingkungan (karena parfum kesukaan mimin tidak ramah lingkungan ☹ ), setidaknya diri ini sudah berusaha mencoba untuk mengurangi apa yang bisa dikurangi, dan melakukan apa yang bisa dilakukan untuk lingkungan meskipun itu adalah hal kecil. 

Kesan pertama mimin ber-clodi-an adalah ternyata clodian itu tidak repot, memang seperti punya pr karena ada pekerjaan tambahan untuk mencuci clodi, tetapi kalau memang benar-benar niat clodian malah jatuhnya asyik aja gitu. 

Selain itu kesan pertama yang diberikan oleh masing-masing merk clodi juga berbeda-beda lho happy people, ada yang langsung srek, ada yang membuat mimin bertanya-tanya sambil membolak balik clodinya dan ada juga yang sempat sedikit kecewa wkwkwk ☹

Sekarang mari kita mulai pembahasan Battle 5 merk clodi yang mimin punya.

Merk pertama adalah Qianquhui yang merupakan merk clodi pertama yang mimin punya.



Kelebihan clodi Qianquhui :
  1. Murah. Sudah barang pasti ibu-ibu suka yang murah-murah ya hehe. Tapi tenang happy people, meskipun clodi ini murah tetapi bahannya aman untuk kulit bayi, Alhamdulillah bayi mimin tidak pernah ada masalah sejak pakai clodi Qianquhui ini. 
  2. Bahan clodi yang lembut dan nyaman.
  3. Adjustable, bisa dipakai untuk new born sampai anak usia 2 tahun.
  4. Worthed. Dengan catatan saat menggunakan cover clodi merk Qianquhui insertnya pakai insert yang bagus seperti insert microfiber (katakana merk Babyland/Little Hippo). 

Kekurangan clodi Qianquhui :
  1. Covernya tidak se-waterproof clodi merk lain yang harganya di atas clodi Qianquhui.
  2. Ukuran cover clodi yang sedikit lebih kecil dibanding dengan clodi merk lain, yang terkadang jika diisi insert microfiber punya Babyland/Little Hippo, insert akan sedikit membentuk lipatan di tengah dan hal tersebut bisa saja membuat bayi tidak nyaman. 
Namun jika happy people baru punya clodi Qianquhui dan belum ada waktu atau dana untuk membeli clodi merk lain yang lebih bagus, bisa diakali dengan menggunakan insert charcoal. Selain mampu menyerap cairan lebih baik dari pada insert microfiber juga bentuknya yang tegak sehingga tidak akan terjadi lipatan di tengah yang menyebabkan bayi merasa tidak nyaman. 

Rating clodi merk Qianquhui dari mimin:
  • Harga : 5/5 . karena murah banget gitu huhu.
  • Kualitas Bahan : 4,7/5. Lembut di kulit bayi dan tidak menyebabkan iritasi.
  • Ketahanan untuk menahan bocor : 3/5.

Selanjutnya clodi yang ke dua yaitu merk Babyland 


Kelebihan Babyland:
  1. Cover kokoh dan memiliki motif yang lucu.
  2. Memiliki kancing pengait ekstra sehingga lebih kuat.
  3. Inner yang sangat lembut dan khas (tekstur seperti selimut bayi yang lembut)
  4. Adjustable. Klaim produknya bahwa clodi merk Babyland ini dapat dipakai new born sampai usia 2 tahun.

Kekurangan clodi merk Babyland adalah sebagai berikut:
  1. Jika bayi tidur miring bocor samping bisa terjadi, tapi pengalaman mimin jarang bocor. 
  2. Lumayan mahal untuk harga per piece nya. 
  3. Ada beberapa cover yang kurang kokoh, lembek gitu terkesan kurang waterproof nya. 




Selain itu di dalam cover clodi merk Babyland terdapat kain tambahan yang berfungsi untuk menutup insert agar terlihat rapi, tapi menurut mimin kain tambahan tersebut tidak perlu sama sekali karena insert sudah tertutup penuh dan rapi dengan inner. Malahan jika bayi sedang rewel dan tidak bisa diam bagian tersebut akan keluar dan menggumpal. 


Rating clodi merk Babyland dari mimin:
  1. Harga : 3.5/5. Lumayan mahal menurut mimin mah 70.000-an per set nya. 
  2. Kualitas Bahan : 4.9/5
  3. Ketahanan untuk menahan bocor : 4.9/5. 


Untuk merk clodi selanjutnya adalah salah satu clodi koleksi bayi mimin yang mempunyai fitur inner guest yang sempat disinggung di atas. Yes, clodi merk Riyoka jenis pant. 




Kelebihan clodi Riyoka :
  1. Ada inner guestnya (pant). Inner guest berfungsi untuk menahan cairan agar tidak bocor, tapi kemungkinan fungsi inner guest yang sebetulnya adalah untuk menahan agar pup bayi yang sudah bertekstur tidak bocor ke samping. 
  2. Cover clodinya bagus dan kokoh, dapat menahan cairan agar tidak tembus ke luar.
  3. Adjustable. Ada dua jenis clodi Riyoka. Yang pertama adalah jenis snap dan yang kedua adalah jenis pant. Untuk clodi Riyoka jenis snap dikhususkan untuk bayi dengan berat badan 3-15kg, sedangkan clodi Riyoka pant dikhususkan untuk bayi dengan berat badan 7-25 kg. 
  4. Memiliki inner yang lembut.

Kekurangan clodi Riyoka:
  1. Bahan cover yang berbeda-beda. Dari 6 clodi merk Riyoka yang mimin punya semua bahan covernya berbeda-beda, ada yang keras, ada yang bahan seperti bahan jas hujan, ada bahan parasut. 
  2. Inner guest yang dirancang untuk menahan cairan agar tidak bocor ke samping ternyata tidak membantu. Karena inner guest nya terbuat dari bahan yang sama dengan inner. Kalau untuk menahan pup bayi yang sudah bertekstur sepertinya oke.
  3. Dengan adanya inner guest di dalam inner clodi merk Riyoka menimbulkan banyaknya kerutan di tengah-tengah inner yang khawatir membuat bayi kurang nyaman. 

Penglaman mimin dalam menggunakan clodi Riyoka ini belum terlalu lama, tidak sesering menggunakan clodi merk Babyland, Qianquhui dan Little Hippo. Alasannya karena ternyata clodi merk Riyoka yang ada fitur inner guest nya untuk bayi yang sudah atau sedang belajar jalan. Tetapi mimin juga tidak asal-asalan beli karena klaim mereka bahwa clodi merk Riyoka jenis pant dapat dipakai sama bayi dengan berat badan mulai dari 7kg, dan bayi mimin sudah 7 kg ya dibeli lah produk itu :D . Setelah mimin melihat dia memakai clodi itu kok aga gede ya kelihatannya bulky ternyata benar, kata sellernya clodi merk Riyoka jenis pant dikhususkan untuk bayi yang sudah atau sedang belajar berjalan, sementara bayi mimin saat ini usianya masih di bawah 3 bulan wkwkwk. 

 Ya iya yang ada dia terlihat tidak nyaman karena popok nya terlalu besar jadi berat mungkin. Alasan mimin membeli clodi merk Riyoka pants itu agar pup nya tidak ke pinggir-pinggir dan kenyataannya jadi kegedean banget! Ya sudah disimpan saja buat nanti dipakai pada waktunya. 



Rating clodi merk Riyoka dari mimin:
  1. Harga : 3/5 42.000 (cover saja). Lumayan murah untuk ukuran clodi yang ada inner guestnya. 
  2. Kualitas Bahan : 4/5. Lembut namun terlihat agak kurang nyaman terlebih innernya. 
  3. Ketahanan untuk menahan bocor : 4.8/5.

Selanjutnya, merk clodi yang memiliki inner guest ternyata tidak hanya clodi merk Riyoka, tetapi clodi merk Ztwo juga punya lho. 

Jarang terdengar memang merk clodi yang satu ini,  Ztwo ini memiliki kelebihan sebagai berikut:
  1. Cover waterproof yang bagus.
  2. Inner yang cukup lembut
  3. Meskipun di dalam inner terdapat inner guest tetapi tidak menimbulkan kerutan di bagian tengah inner. Mimin sukaaaa banget!
Kekeurangan clodi merk Z’two :

Cover agar bulky jadi terlihat mengganggu. Mungkin karena pengaruh clodi yang masih baru tidak tahu nanti kalau clodinya sudah sering dipakai, semoga bulkynya hilang namun anti bocornya masih bagus.

Sekedar informasi bahwa cover clodi merk Ztwo ini harganya 25.000. sebetulnya mimin sedikit kagum karena dengan harga 25.000 bisa mendapatkan cover clodi yang bagus, kokoh, lembut, punya inner guest dan tidak ada kerutan di tengah-tengah inner seperti inner clodi merk Riyoka tadi. 


Rating clodi merk Z'two dari mimin:
  1. Harga : 5/5 . 
  2. Kualitas Bahan : 4/5.
  3. Ketahanan untuk menahan bocor : 4.7/5.

Merk clodi yang terakhir adalah Little Hippo. 

Kelebihannya:
  1. Clodinya ringan, terlihat breathable untuk kulit bayi.
  2. Inner clodi yang lembut

Kekurangannya:
  1. Inner clodinya mirip dengan clodi merk Qianquhui ☹ padahal harganya lebih mahal.
  2. Cover clodi yang terlihat kurang waterproof nya ☹ 

Harga cover clodi merk Little Hippo adalah 35.000 per pcs nya. Menurut mimin harga 35.000 lumayan mahal untuk kualitas clodi yang hampir mirip dengan clodi merk Qianquhui hiks, kalau dijualnya sekitar 20.000 mah oke lah cocok harganya.

Sejujurnya sedikit kecewa dengan penampilan clodi merk Little Hippo ini, but it’s ok hitung-hitung mimin suka dengan merknya Little Hippo :D lucu. 




Clodi merk Qianquhui (merah) dan Little Hippo (ungu)



Dari beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing merk clodi di atas, dapat mimin simpulkan bahwa meskipun klaim mereka bahwa produknya bisa dipakai untuk new born tetapi nyatanya tidak semua produk cocok dipakai untuk new born. 

Menurut pengalaman mimin, clodi yang cocok dipakai untuk new born usia (1 hari sampai 14 hari) adalah clodi merk Qianquhui dengan dalaman insert unbranded yang pernah mimin bahas di artikel perclodian sebelumnya. Tetapi tidak hanya untuk new born, clodi Qianquhui juga bisa dipakai untuk anak sampai usia 2 tahun, tetapi klaim ini tidak dapat dipukul rata karena lingkar pinggang tiap anak tidak sama. 


ASI yang tidak keluar (link agar asi lancar) dan ruam popok yang mimin khawatirkan jelang kelahiran bayi, tetapi Alhamdulillah selama ini mimin pakai clodi bayi belum pernah mengalami ruam popok, selain itu berclodi tidak lagi kepikiran dan harus menyisihkan uang bulanan untuk beli popok :D , sebagian orang berpikir kalau clodian mahal, memang mahal di awal tapi kesananya ringan dan tenang.

Di sesi paling akhir ini mimin akan memberikan gambaran clodi mana yang cocok dimiliki untuk kebutuhan bayi happy people agar tepat guna. 
  1. Jika happy people ingin cloth diapering dengan budget murah meriah saran mimin pakai clodi merk Qianquhui dengan insert microfiber. 
  2. Jika happy people ingin cloth diapering dengan budget sedang mimin punya 2 rekomendasi, yang pertama clodi merk Qianquhui dengan insert charcoal (snap) dan yang kedua clodi merk Ztwo dengan insert microfiber (pant).
  3. Clodian dengan budget leluasa, mimin rekomendasikan clodi merk Babyland dengan insert microfiber/insert charcoal (snap) dan clodi merk Riyoka dengan insert microfiber/insert charcoal (pant). 
Meskipun mimin merekomendasikan clodi merk Babyland, tetapi nyatanya mereka pun ada sedikit perbedaan bahan cover, beda motif beda bahan maksudnya. 

Perlu diketahui, meskipun clodi merk Ztwo dan Riyoka sama-sama memiliki inner guest, yang membedakan adalah perekatnya, clodi merk Ztwo perekatnya model snap sedangkan clodi merk Riyoka perekatnya model pant. 


*Clodi merk Babyland yang mimin pakai adalah model snap.


























Kain tambahan pada Clodi Babylan yang mimin ceritakan diatas.

Mau coba clodinya ? langsung aja kepoin disini  Untuk produk Qianquhui nih rekomendasi tokonya


Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Clodi yang Tepat (Review Clodi Babyland, Riyoka, Little Hippo, Qianquhui dan Ztwo)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel