Recent Posts

Review Clodi Terbaik || Tips Maksimalkan Clodi Murah Jadi Anti Bocor

Review Clodi Terbaik || Tips Maksimalkan Clodi Murah Jadi Anti Tembus

Hy happy people! Gaya hidup hemat dan ramah lingkungan merupakan suatu hal yang baik dan patut dicoba oleh semua orang. Meskipun menerapkan hidup hemat dan ramah lingkungan tidak semudah yang dibayangkan, perlu keyakinan dan kekonsistenan dalam melakukannya namun yang lebih penting adalah merasa ikhlas dan nyaman.

Berbicara soal hidup hemat dan ramah lingkungan, kali ini mimin akan membahasnya dari segi anggaran untuk kebutuhan si kecil, minggu lalu mimin sempat upload artikel tentang Popok sekali pakai atau clodi (Perbandingan Penggunaan Popok Sekali Pakai dan Popok Clodi), sudah dibaca belum artikelnya? Kalau happy people sempat silahkan dibaca ya ☺ .

Salah satu untuk hidup hemat dan ramah lingkungan yang saat ini mimin bisa lakukan adalah menggunakan popok kain yang dapat dicuci ulang dan tentu dapat digunakan kembali. Selain hemat juga sangat ramah lingkungan lho, karena tidak meninggalkan sampah (zero waste).

Untuk segmen pertama kita bahas dari segi hemat nya dulu yuk happy people ☺

Setau mimin bayi ada yang memang bisa bertahan lama dengan 1 popok walaupun dia sudah pipis dan pup dan ada juga yang sebaliknya. Kebetulan apa yang mimin rasakan adalah bayi mimin tidak betah ketika popoknya sudah agak basah, baik ketika dia menggunakan clodi ataupun popok sekali pakai (mimin stok popok sekali pakai namun tidak banyak dan bukan untuk penggunaan sehari-hari, hanya untuk berjaga-jaga jika keadaan lagi repot, misal ada acara keluarga atau sedang keluar).

Dalam sehari bayi mimin bisa ganti popok 4,6 bahkan sampai 8 kali saking ga betahan sama rasa lembab nya. Memang popok sekali pakai mengklaim bahwa permukaan produknya akan stay dry/tetap kering dalam 10 jam, tapi setelah mimin cek ketika popok bayi mimin sudah basah alhasil tidak sekering itu atau bisa dikatakan tidak stay dry, malah yang ada lembab rasanya dan memang membuat kurang nyaman.

Jika bayi mimin mengkonsumsi rata-rata 6 popok sehari maka popok yang isinya 42 pcs hanya cukup untuk 7 hari. Harga 1 pak popok isi 42 pcs adalah 56.000 (harga mimin beli).

Kalau satu bulan 56.000 x 4 = 224.000

Harga 224.000 untuk popok ukuran newborn, belum lagi seiring bertambahnya usia bayi maka harga popoknya juga semakin mahal.

Ketika mimin hitung-hitung dengan penggunaan clodi hasilnya jauh lebih hemat. Untuk saat ini mimin punya 15 pasang (cover + insert) clodi dengan jenis yang berbeda, ada yang premium dan ada yang biasa. 15 pasang clodi itu memakan budget 600.000-an bisa dipakai berulang-ulang bahkan diwariskan le adiknya (as I said).

Jika happy people menghitung dengan biaya mencucinya pun jatuhnya tidak akan sebesar biaya penggunaan popok sekali pakai (khusus bayi yang tidak bertahan seperti bayi mimin).


Dari segi lingkungan sudah sangat jelas menggunakan clodi merupakan salah satu gerakan ramah lingkungan, yang terbuang hanya pup bayi dan air bekas mencucinya. Jika menggunakan sabun pun sabunya sangat sedikit.


Selain bercerita tentang hemat dan ramah lingkungan berkat si clodi, mimin juga ingin mengulas produk clodi yang mimin pakai.

Untuk merk premiumnya mimin pakai dari babyland dan untuk merk biasa mimin pakai merk ianquhui.

Keduanya memiliki perbedaan harga yang sangat jauh. Clodi babyland mimin beli dengan harga 70.000 per paketnya, 1 paket berisi 1 cover dan 2 insert. Sedangkan merk ianquhui harga cover clodi hanya 11.000 dan insertnya harga 2.000-an saja!

( foto cover clodi, luarnya)




Bisa happy people lihat sendiri ya perbedaan untuk luaran covernya (boleh di zoom biar lebih jelas), merk babyland (warna biru jeans) terlihat lebih kokoh dan mengkilap jadi terkesan lebih bagus fitur anti bocornya sedangkan merk ianquhui (warna orange) terlihat lebih lembek dan tidak semengkilap merk babyland.

Untuk kekuatan menahan cairan agar tidak tembus/rembes ke bawah merk babyland cukup memuaskan kok.

Mimin belum pernah mendapati bocor basah pada bagian bawah cover clodi babyland, hanya bocor samping dan itu wajar sih karena bayi kadang suka miring posisinya atau peletakan popok yang kurang pas. 

Kalau merk ianquhui, memang dia bocor bawah, sampai covernya pun ikut basah.

Berikutnya bagian dalam clodi/inner

(foto iner clodi)




Bisa happy people lihat sendiri kalau ineer babyland terlihat lebih penuh bulu-bulunya dan lebih kuat sedangkan merk ianquhui lebih tipis bergaris.

Untuk dari segi ketahanan stay dry / tetap kering atau tidaknya inner babyland lumayan stay dry hampir menyerupai popok sekali pakai namun inner clodi ianquhui pun tidak kalah kok, lumayan stay dry nya bagus untuk ukuran cover 11.000.

(foto ukuran clodi)




Dari segi ukuran, clodi babyland memang lebih besar namun sama sekali tidak membuat sesak atau tidak nyaman saat dipakai, semuanya baik-baik saja tidak mengganggu si bayi.

Pembahasan tentang innernya sudah selesai, sekarang kita ke bagian yang tidak kalah penting karena item ini tidak bisa terpisahkan dari per-clodi-an. Apalagi kalau bukan insert.

Ya, insert merupakan dalaman clodi yang berfungsi untuk menampung cairan.

( foto inset bagus dan biasa)




Untuk insert mimin punya insert merk babyland yang microfiber dan charcoal, insert little hippo jenis microfiber dan yang biasa (yang 2 ribuan itu wkwkwk).

Dari segi daya tampung insert biasa hampir tidak bisa menahan cairan, langsung tembus ke bawah saja.

Insert microfiber dari babyland dan little hippo lumayan bagus daya tampungnya, klaim produknya insert ini memiliki kapasitas penyerapan cairan sebanyak 250 ml.

Untuk insert charcoal, mimin rasa daya serapnya lebih tinggi lagi namun mimin kurang tahu tepatnya berapa ml yang jelas setelah diperhatikan daya serapnya lebih tinggi dibandingkan insert microfiber.

Hasil pengamatan mimin selama ini dan hasil cari tahu di youtube juga, kekurangan dari insert microfiber (insert berwarna putih) adalah noda kuning nampak secara jelas, terlebih jika pup bayi lumayan banyak. Namun ketika dalam proses mencuci memang suka masih terliat noda kunignnya tetapi jika insert microfibernya sudah kering, noda kuning itu hilang, tidak nampak sama sekali.

Selain itu teksturnya yang kokoh namun tetap fleksibel dan lembut membuat mimin jatuh hati pada insert microfiber ini.

Meskipun insert charcoal mimin rasa mempunyai daya serap yang lebih tinggi dan perangai lebih kokoh dibanding dengan insert microfiber yang mimin kurang suka adalah teksturnya yang agak kaku dan kurang fleksibel.

Harga waktu mimin order insert microfiber merk babyland dan little hippo antara 12.000-15.000 per pcs nya sedangkan insert charcoal kurang lebih sekitar 25.000/pcs nya.

(foto clodi kancing)




Clodi yang full kancing seperti ini namanya clodi snap. Dengan fitur banyak kancing ini bertujuan agar ukuran clodi dapat disesuaikan dengan ukuran badan bayi.

(foto clodi normal dan setelah dikancingkan)




Perbedaan clodi snap babyland dengan clodi snap ianquhui adalah clodi snap babyland memiliki fitur kancing tambahan untuk memperkuat kaitannya, sedangkan clodi snap ianquhui tidak memiliki fitur ini.

(foto kancing dalam)





Tadi sudah mimin jelaskan di atas kalau clodi merk ianquhui itu covernya tidak memiliki fitur anti bocor sedangkan insertnya juga sama-sama tidak bisa menampung cairan. Mungkin ada yang ngeh kok mimin masih pakai si cover clodi dari ianquhui itu ya?

Yes, mimin masih pakai cover clodi ianquhui cuman insertnya mimin pakai dari babyland atau little hippo and its works!

Cuma masalahnya karena ukuran cover clodi ianquhui lebih kecil jadi kadang insertnya suka sedikit terlipat, berbeda kalau insert babnyland atau little hippo dimasukan ke dalam cover clodi yang merk babyland itu, dia akan terhampar bagus dan rapi tanpa merintil merintil karena kesempitan covernya.

Jika ingin terhindar dari terlipatnya insert di cover clodi ianquhui happy people bisa memakai insert charchoal, dia akan tegak rapi tanpa terlipat meskipun di pasang di cover clodi ianquhui karena teksturnya yang kokoh.

Selain dari cover dan insert mimin menemukan sesuatu yang baru (untuk mimin) namanya liner. Ya, liner berfungsi sebagai alat untuk membantu popok yang kurang stay dry menjadi stay dry. Liner berbentuk persegi panjang dan sangat tipis sehingga tidak akan mengganggu jika diselipkan ke dalam clodi.

Namun pengalaman mimin mencoba liner untuk menambah fungsi agar stay dry, ternyata tidak. Liner tidak bekerja maksimal sesuai klaim produk di mimin.

Begiccuu happy people

Mungkin review clodi mimin sementara ini sampai di sini dulu, insyaallah kedepannya mimin akan review clodi merk lain dengan fitur yang lebih lengkap (karena mimin sedang berencana membeli clodi lagi hihi jadi ketagihan gitu lho beli clodi, buat anak jadi gemay disamping ketagihan memang mimin memerlukan clodi dengan fitur tersebut :D )

Tapi tapiii tips hemat dari mimin belum cukup hanya urusan clodi saja, coba ingat-ingat lagi deh happy people rata-rata kita punya stok tisu basah untuk dipakai ketika bayi ganti popok. Punya untuk stok tidak mengapa untuk berjaga-jaga tapi untuk penggunaan sehari-hari mimin gunakan waslap, atau handuk bekas yang mimin jahit sendiri (agar tampilannya lebih rapi) untuk membersihkan area vital yang kotor akibat terkena air pipis dan pup.

Caranya tinggal celup saja waslap atau handuk bekasnya ke dalam air dengan cara seperti itu area vital bayi kita sudah bisa dibersihkan. Jangan lupa untuk mengeringkan bagian tubuh bayi yang basah dengan waslap atau handuk kering.

Oh ia, handuk bekasnya mimin gunting jadi ukuran kecil-kecil sesuai kebutuhan.

Dan untuk airnya, mimin sediakan gayung khusus ganti popok yang selalu ada di kamar.

Sebelum mimin tutup pembahasan di artikel ini mimin ingin menghitung dulu pengeluaran untuk tisu basah dalam 1 bulan.

Isi tisu basah 50 lembar per pak nya, jika dalam 1 kali ganti bayi memerlukan sedikitnya 2 lembar tisu basah (6 kali ganti berarti 12 lembar tisu basah sehari), maka 50 lembar tisu basah hanya cukup untuk 4 – 5 hari saja.

Harga tisu basah sekitar 12.000 per pak nya maka satu bulan kita akan memerlukan biaya sebanyak 72.000 rupiah. Lumayan kan?


Bagaimana happy people? Minta clodian? hehehe

Note: Untuk merk clodi yang biasa bukan ianquhui ya, tapi Qianquhui, mimin baru ngeh pas lagi pakein clodi ke bayi mimin. Mohon Maaf atas kesalahannya. Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Review Clodi Terbaik || Tips Maksimalkan Clodi Murah Jadi Anti Bocor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel