Recent Posts

Perbandingan Penggunaan Popok Sekali Pakai dan Popok Clodi

Perbandingan Penggunaan Popok Sekali Pakai dan Popok Clodi

Hallo happy people, setelah menikah hal yang paling dinanti semua orang adalah kehadiran sang buah hati. Lahirnya bayi tidak luput dengan yang namanya “popok”. Popok yang umum digunakan pada zaman sekarang adalah popok sekali pakai atau pospak. Namun ternyata banyak para orang tua yang sadar ternyata penggunaan pospak cukup menguras pegeluaran. Jika penggunaan pospak dalam sebulan memakan biaya 500.000 belum perlengkapan lainnya seperti tisu basah, cream untuk ruam popok dan lain-lain. Jika dalam satu bulan pengeluaran untuk popok dan perintilannya diratakan kurang lebih 700.000 saja dikali 2 tahun (24 bulan) = 16.800.000 hanya untuk keperluan untuk megatasi kotorannya saja. Lumayan juga ya. 

Dengan banyaknya orang tua yang sadar akan pengeluaran yang membengkak ini mulailah popok kain diperkenalkan kembali dengan desain dan bahan yang tentu beda dengan popok kain yang digunakan orang tua zaman dahulu. Investasi awal untuk pembelian clodi cukup dengan budget 1-2 jutaan saja happy people. 

Popok kain atau cloth diaper (CLODI) yang dijual dipasaran saat ini terbuat dari bahan yang nyaman di kuit bayi, dengan kain yang dapat menyerap cairan lebih banyak dan dengan teknologi kain anti bocor. 

Kalau menurut mimin penggunaan clodi ini sangat menguntungkan untuk beberapa orang, misalnya ibu rumah tangga yang kesehariannya mengurus rumah, atau ibu yang bekerja namun jadwalnya tidak terlalu padat sehingga sempat untuk mencuci clodi. Sedangkan untuk ibu-ibu karir yang super sibuk dan tidak ada waktu untuk mencuci clodi mungkin clodi bukanah pilihan yang tepat. 

Masih banyak yang pro dan kontra terhadap clodi dengan berbagai alasan karena memang pospak atau clodi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Keunggulan dan kekurangan clodi: 


Kelebihannya :
  1. Aman untuk kulit bayi/anak 
  2. Bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang/ bisa dipakai adiknya 
  3. Tidak Ada zat Kimia 

Kekurangannya:
  1. Membeli mahal di awal 
  2. Perlu perawatan 
  3. Perlu meluangkan waktu untuk mencuci 

Keunggulan dan kekurangan pospak: 

Kelebihannya:
  1. Simple, ringkas, hemat waktu 
  2. Tidak repot mencuci 

Kekurangannya
  1. Pospak yang tidak cocok dapat bermasalah pada kulit bayi 
  2. Lebih boros jika dibandingkan menggunakan clodi 

Selain hemat, penggunaan clodi juga adalah salah satu aksi go green karena tidak meninggalkan banyak sampah sedangkan bahan pospak merupakan bahan yang suit terurai. Memang mencuci clodi pun harus memakai sabun yang katanya zat yang terdapat pada sabun juga dapat mencemari lingkungan terutama air, namun perlu digarisbawahi takaran sabun untuk mencuci clodi adalah sangat sedikit yang artinya pencemarannya pun akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pospak. 

Jika dilihat sekilas harga clodi memang mahal, ada yang 50.000, 80.000 bahkan 300.000 per satuannya, oleh karena itu para pengguna clodi wajib memperhatikan dan merawatnya dengan baik dan benar agar clodi dapat tahan lama dan terjaga kualitasnya. 


Cara merawat clodi 


1. Cuci clodi sebelum dipakai 

Sama halnya jika kita membeli pakaian baru, hal pertma yang dilakukan adalah mencuci sebelum memakainya ya. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kuman-kuman yang menempel entah dari mana asalnya.  Sama hal nya dengan clodi, terlebih clodi digunakan oleh bayi dengan kulit yang masih sangat sensitif di area vital pula. Jadi pastikan bersih ya! 

2. Gunakan sedikit detergen 

Sudah disinggung di atas bahwa mencuci clodi tidak perlu menggunakan detergent dalam jumlah banyak, sekedar saja. Takaran detergen yang sedikit ini berlaku untuk pencucian awal dan pencucian setelah pemakaian. 

Segera bersihkan clodi yang sudah kotor dengan membuang kotorannya dengan air, lalu cuci clodi yang telah bersih dari kotoran dengan sedikit detergen. 

3. Jemur clodi dengan posisi yang tepat 

Jika tidak terpaksa sebaiknya tidak mengeringkan clodi di mesin pengering, karena panas yang dihasilkan dari mesin pengering dapat merusak lapisan waterproff pada clodi. 
Menjemur cover clodi diposisikan bagian dalamnya menghadap matahari (bagian putih) hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan lapisan waterproofnya yang terdapat pada bagian luar clodi. Sedangkan insert clodi boleh dijemur secara horizontal ataupun dijemur biasa. 





Tips:

Hindari merendam clodi (insert dan cover) terlalu lama, kalau mimin tidak lebih dari 5 menit karena hal terebut akan merusak daya serap yang terdapat pada insert dan merusak lapisan waterproof yang terdapat pada covernya. 

4. Hindari penggunaan pelembut , pengharum dan pemutih. 

Dalam merawat clodi bahan pelembut, pengharum atau pemutih sekalipun tidak disarankan, karena ketiga bahan ini akan meninggalkan residu dan membuat clodi kehilangan daya serapnya. 

5. Lakukan stripping 

Stripping atau mencuci clodi tanpa detergen sebulan sekali dengan cara cuci clodi tanpa bahan apapun kecuali air dan bilas sampai bersih lalu dikeringkan seperti biasa. 

Banyak sekali merek clodi yang terjual di pasaran dan dengan harga yang bervariasi mulai dari harga yang sangat amat murah, menegah, mahal dan mahal sekali. Kebetulan mimin sudah pernah membeli clodi baru-baru ini dengan 2 merk yang berbeda, 

Merk pertama merk dengan harga yang sangat murah yaitu sekitar 11.000 per pcs nya dan harga insertnya 2.000-an saja. Clodi ini cocok untuk bayi baru lahir yang belum terlalu bayak bergerak. 

Selain itu clodi merk babyland juga jadi andalan mimin saat ini karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya bagus. 1 paket clodi babyland seharga 70.000 sudah termasuk 1 cover dan 2 insert merek babyland. 

Selain itu mimin juga punya printilan pelengkap clodi yang lainnya seperti liner, atau lapisan tipis untuk menjamin permukaan popok yang menyentuh kulit bayi agar tetap kering. Liner ini digunakan pada clodi yang permukaannya tidak stay dry, dengan bantuan liner diharapkan dapat membantu clodi yang kurang stay dry menjadi stay dry. 

Namun clodi yang mimin punya semuanya cukup stay dry, mimin membeli liner karena panasaran saja he. 

Insert clodi tersedia dalam berbagai macam, kali ini mimin baru punya yang tipis (unbranded), merk litte hippo dan babyland yang fisiknya seperti handuk dan insert charchoal. 


Perbandingan Penggunaan Popok Sekali Pakai dan Popok Clodi
Liner


Perbandingan Penggunaan Popok Sekali Pakai dan Popok Clodi
Popok Clodi 


Perbandingan Penggunaan Popok Sekali Pakai dan Popok Clodi
Foto Popok Clodi Harga Murah


Perbandingan Penggunaan Popok Sekali Pakai dan Popok Clodi
Foto Popok Clodi Harga Mahal


Perbandingan Penggunaan Popok Sekali Pakai dan Popok Clodi
Foto Insert Harga Murah


Perbandingan Penggunaan Popok Sekali Pakai dan Popok Clodi
Foto Insert harga mahal

Perbandingan Penggunaan Popok Sekali Pakai dan Popok Clodi
Foto Insert Charchoal 


Fyi aja meskipun tidak ada yang bertanya saat ini, mimin suka clodi dari babyland yang motif laut ini karena jika dibandingkan dengan motif yang lainnya motif ini yang paling bagus outternya terlihat halus mengkilap terkesan waterproofnya lebih bagus saja 

Untuk yang berminat silahkan cek toko rekomendasi versi mimin disini (Clodi harga murah 11 Ribuan & Clodi Motif babyland)

Saat ini mimin pro terhadap penggunaan clodi dan memang terbukti hematnya. 

Dalam satu bulan bayi mimin hanya menghabiskan 1 kantong popok (isi 42) dengan harga kurang lebih 60.000. 

Pospak dipakai jika kita bepergian jarak jauh, dan dalam kondisi yang repot, seperti lagi ada acara di rumah. Mungkin jika dalam waktu 1 bulan bayi mimin tidak diajak pergi kemana-mana dan di rumah tidak ada acara ini itu pospak tidak digunakan. Namun tetap saja mimin stok pospak untuk jaga-jaga ketika harus bepergian tiba-tiba. 

Intinya mimin merasa penggunaan clodi ini sangat membantu untuk menghemat pengeluaran, berhubung saat ini mimin tidak banyak kegiatan di luar jadi banyak waktu untuk mencuci clodi J 


Referensi: Mommysammy.com, medium.com

Belum ada Komentar untuk "Perbandingan Penggunaan Popok Sekali Pakai dan Popok Clodi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel