Recent Posts

8 hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Masa Depan Anak

8 hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Masa Depan Anak

Hallo happy people, sudah sekitar kurang lebih 3 minggu mimin tidak menulis artikel karena ada kesibukan yang tidak bisa ditinggal nih. Sekarang pun bukan berarti kesibukan baru itu hilang, tapi mimin rindu menulis dan berbagi kepada happy people semua mengenai informasi yang insyaallah bermanfaat jadi memaksakan diri untuk curi-curi waktu deh hehe. 

Anak merupakan salah satu anugrah terindah nan besar yang diberikan tuhan kepada makhluknya. Siapa yang tak ingin memiliki anak setelah menikah? Hampir semua menginginkannya ya! 

Namun ternyata memiliki anak tidak semudah dan segampang yang dbayangkan, banyak hal yang perlu kita siapkan, mulai dari hal-hal yang membuat dirinya nyaman, bahagia dan sejahtera sampai menjamin masa depannya. 

Artikel ini ditulis untuk memberikan informasi mengenai beberapa hal penting yang harus disiapkan untuk masa depan anak. Dalam artikel ini ada 7 hal penting yang harus disiapkan untuk masa depan anak antara lain: 

1. Gizi seimbang 

Gizi seimbang merupakan hal yang harus dipenuhi oleh semua makhluk hidup agar mencapai kondisi tubuh yang baik, begitu pun dengan anak. Masa kanak-kanak yang merupakan masa pertumbuhan, pemenuhan gizi seimbang bisa dikatakan “wajib” bagi anak-anak. Anak yang terpenuhi gizinya dengan seimbang akan memiliki tubuh yang sehat, kuat dan tumbuh sesuai usia. Hal ini tentu akan memengaruhi kualitas hidup dan kualitas dirinya di masa depan. 

2. Kesehatan tubuh 

Kesehatan merupakan aset yang sangat berharga, banyak orang yang rela mengeluarkan seluruh hartanya demi sehat. Banyak yang berpendapat bahwa sehat adalah mahal namun ada juga yang berpendapat bahwa sehat adalah murah. Hal ini tergantung dari sudut pandang kita. 

Jika kita melihat pengertian sehat dalam keadaan sakit dan mesti berobat, tentu sehat terkesan mahal. Namun jika kita melihat sehat dalam keadaan sehat, tentu sehat adalah murah. Mengapa murah? Karena untuk hidup sehat sebetulya tidak perlu neko-neko, cukup dengan gaya hidup yang sederhana, menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat) dan pola makan yang baik tak perlu mewah dan mahal. 

Kesehatan tubuh khususnya dalam artikel ini adalah kesehatan tubuh anak perlu diperhatikan untuk menunjang masa depannya yang baik. Dengan sehat anak akan tumbuh aktif, tanggap dan ceria. 

3. Pendidikan 

Pendidikan bukan hanya tentang mata pelajaran yang diberikan di sekolah, tetapi tentang bagaimana kita berperilaku baik dilingkungan rumah maupaun di lingkungan luar rumah. 

Dengan berpendidikan anak tidak hanya mempunyai pengetahuan tentang lingkungan hidupnya tetapi juga mampun untuk menyelesaikan permasalah hidupnya. 

4. Komunikasi yang terbuka 

Kunci utama hubungan yang harmonis adalah komunikasi. Happy people pasti setuju dengan ini :D 

Komunikasi yang terbuka tidak hanya berlaku bagi sesama orang dewasa saja, anak pun memerlukan komunikasi yang terbuka dengan orang tuanya. 

Fungsi komunikasi terbuka yaitu untuk membuat anak merasa semakin nyaman dengan orang tua dan nilai plus dari komunikasi yang terbuka dengan anak yaitu, kita sebagai orang tua dapat memahami apa yang dirasakan anak, kekhawatiran anak, ketakutan bahkan keinginan dan pendapat anak dari dirinya bukan dari orang lain sehingga kita dapat mengatasi permasalahnnya dengan tepat. 


5. Liburan 

Berlibur bagi orang dewasa merupakan kegiatan untuk menghilangkan rasa penat setelah bekerja sekian lamanya. Untuk anak, liburan merupakan ajang mempererat ikatan batin dengan keluarga yang dilakukan di luar rumah, selain itu fungsi liburan untuk anak yaitu untuk eksplorasi lingkungan sekitar yang akan membawa dampak positif bagi dirinya saat ini dan nanti. 

6. Hunian yang nyaman 

Hunian atau tempat tinggal yang nyaman merupakan hal yang harus dipersiapkan untuk masa depan anak. Dengan menempati hunian yang nyaman anak akan merasa hidupnya tenang dan terlindungi serta tidak akan mencari tempat untuk pulang dan berlindung selain ke rumahnya. 

7. Nama 

Nama anak merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk menunjang masa depan anak, nama yang sesuai dan tidak menimbulkan cemoohan sangat berpengaruh terhadap masa depannya nanti 


8. Tabungan 

Pada zaman sekarang banyak produk yang menawarkan tabungan untuk anak, meskipun anak belum mempunyai identitas tertentu untuk membuka rekening tabungan tetapi identitas orang tua sudah sah. 

Tabungan untuk anak menjadi penting mengingat akan selalu ada kebutuhan untuk anak yang bersifat jangka pendek, jangka panjang maupun kebutuhan yang sifatnya mendesak. Oleh karena itu tabungan untuk anak perlu dipersiapkan agar kita sebagai orang tua tidak pusing untuk mencari dana saat anak membutuhkan. 

Biasanya tabungan yang ditawarkan jasa-jasa pengelola keuangan adalah tabungan pendidikan untuk anak, menurut mimin itu hanya namanya saja tabungan pendidikan, setelah dananya dicarikan dana tersebut bisa dipakai untuk keperluan apa saja tidak hanya untuk pendidikan. 

Namun jika mimin diminta untuk memilih tabungan untuk anak (untuk masa depannya) mimin akan memilih tabungan emas 


Untuk kepemilikan rekening tabungan emas berbeda dengan kepemilikan tabungan lain (uang) yang bisa atas nama anak. Tabungan emas (di pegadaian) untuk sementara belum bisa langsung atas nama anak tetapi bisa meminjam nama orang tua. Misalnya ibu Tia memiliki anak dan ingin membuatkan tabungan untuk anaknya, maka yang dipakai adalah nama ibu atau ayah dari anak tersebut. 

Bagaimana jika ibu Tia sudah memiliki tabungan emas? Bisa dua nama lho! Tabungan yang satu milik ibu Tia dan tabungan satunya lagi atas nama ibu Tia tapi milik anak ibu Tia. 

Semoga artikel ini membntu para ibu muda untuk mempersiapkan masa depan anaknya ya J 

Kita tidak pernah tahu kapan kita pergi dari dunia ini, namun mempersiapkan hal duniawi bukan sebuah kesalahan dengan tujuan meminimalisir untuk merepotkan atau bahkan tidak merepotkan orang lain sama sekali. 

Stay positive happy people 

Referensi: tunaikita.com

Belum ada Komentar untuk "8 hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Masa Depan Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel