Recent Posts

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan || Bagaimana Dengan Nanas ??

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan || Bagaimana Dengan Nanas ??

Hallo happy people, kehamilan yang merupakan suatu anugerah dan keajaiban tuhan dan juga suatu hal yang dinanti oleh pasangan yang sudah menikah. Selain berita kehamilan dapat membuat orang sekitar bahagia, kehamilan juga berarti kita akan mempunyai generasi penerus. 

Namun seiring berjalannya waktu, selama kehamilan kita setidaknya pernah sekali ataupun sering mendengar mitos tentang kehamilan. Banyak mitos seputar kehamilan yang beredar, dengan tidak mengetahui apakah mitos itu memang bekerja seperti apa yang diceritakan atau tidak, hal tersebut dapat membahayakan ibu hamil sendiri lho happy people. Oleh karena itu, kali ini mimin akan berbagi informasi seputar mitos dan fakta kehamilan baik dari segi makanan ataupun kegiatan yang bersumber dari sumber yang terpercaya.

Ibu hamil mesti makan 2 porsi dari biasanya, atau makan untuk 2 orang

Sebagian orang ada yang senang mendengar berita ini karena terkesan diperbolehkan untuk makan banyak, sementara ada juga yang terganggu akan hal ini. Pasalnya ibu hamil memang memerlukan nutrisi lebih untuk menunjang pertumbuhan bayi yang optimal, namun harus tetap diperhatikan dan dibatasi asupan nutrisinya agar bobot bayi tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar.

Peningkatan berat badan ibu hamil yang memiliki berat badan normal sekitar 12-15 kg, sedangkan peningkatan berat badan ibu hamil yang obesitas hanya 6-12 kg saja.

Mengkonsumsi kacang saat hamil dapat menyebabkan anak alergi

Pada dasarnya alergi disebabkan oleh kondisi kesehatan yang diturunkan dari informasi genetik orang tua. Jika orang tua tidak memiliki riwayat alergi makan kemungkinan bayi tidak akan mengalami alergi.

Kacang tanah yang merupakan salah satu sumber protein nabati, lemak, vitamin dan mineral tidak akan menyebabkan masalah jika dikonsumsi dengan catatan ibu hamil menyeimbangkan kebutuhan nutrisinya dengan makanan lain.

Sambal sebabkan bayi botak

Aduh, khawatir ya happy people. Apalagi kita sebagai orang Indonesia rata-rata tidak bisa makan kalau tidak ada sambal, atau rasanya kurang nikmat aja gitu hehe.

Tetapi happy people jangan khawatir karena mengkonsumsi sambal tidak menyebabkan bayi botak kok. Mungkin awal pemikirannya adalah panasnya sambal dapat merontokan bulu-bulu rambutnya. Mungkin begitu ya.

Tidak ada kaitannya antara cabai dan rambut bayi, namun memang ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi cabai atau makanan pedas secara berlebihan karena khawatir terjadinya diare yang akan membuat sulit ibu hamil.

Jeruk sebabkan bayi kuning

Jeruk yang merupakan buah tropis yang rasanya manis seger (kalau yang enak) juga dikabarkan dapat membawa masalah pada bayi, faktanya jeruk mengandung serat dan vitamin C justru baik dikosumsi ibu hamil karena dapat mengurangi keluhan konstipasi/sembelit pada trimester ketiga.

Bayi kuning karena fungsi hati bayi yang belum sempurna dan jika produksi bilirubin meningkat maka bayi dapat mengalami kuning. Namun kuning bayi kuning bukan disebabkan karena jeruk ya.

Jika bayi kuning terjadi dalam 24 jam pertama setelah lahir segera konsultasikan dengan dokter.

Nanas sebabkan keguguran

Hal ini tentu sudah sangat banyak yang tahu di masyarakat Indonesia (mungkin tidak semua), kalau mimin lebih baik menghindari buah nanas ini selama kehamilan karena buah nanas dikabarkan dapat membuat daging (daging sapi atau daging apapun itu) menjadi empuk, hal ini yang menjadi dasar mimin untuk menghindari nanas, karena khawatir daging janin yang lembut akan semakin lembut jika kita mengkonsumsi nanas.

Tetapi ada yang beranggapan bahwa mengkonsumsi nanas selama kehamilan sah-sah saja karena kandungan serat dan vitamin C nya yang baik untuk ibu hamil, tetapi mimin pribadi memilih untuk menghindari nanas.

Susu sebabkan bayi berkulit putih dan kopi sebabkan bayi berkulit hitam

Happy people percaya akan hal ini tidak? Kalau mimin tidak memilih untuk percaya akan hal ini karena warna kulit bayi tergantung dari warna kulit orang tua yang bergantung pada informasi genetik dari orangtuanya.

Minuman yang berwarna putih, gelap ataupun warna lainnya tidak akan mempengaruhi warna kulit janin.

Es sebabkan bayi besar

Pada dasarnya yang menyebabkan bayi besar adalah kalori yang tinggi, minum es tidak dapat menyebabkan bayi besar.

Ibu hamil masih dapat mengkonsumsi es dengan batasan atau konsumsi es yang berkalori rendah. Air putih dingin yang dibikin es tidak akan menyebabkan bayi besar karena tidak mengandung kalori yang tinggi, bahkan tidak memiliki kalori.

Kopi sebabkan adanya tanda lahir pada bayi

Tanda lahir atau disebut juga Café Au Lait ini kemunculannya disebabkan oleh pengaruh genetik ras tertentu, bukan disebabka oleh kopi.

Minum air kelapa hijau membuat rambut bayi lebat

Lebat atau tidaknya rambut bayi tergantung dari keturunan orang tuanya. Mengkonsumsi air kelapa baik untuk mengatasi kekurangan cairan dan elektrolit yang terjadi ketika ibu mengalami mual muntah.

Ngidam manis = anak perempuan, ngidam asam = anak laki-laki

Justru mimin mendapatkan informasi sebaliknya, ngidam manis = anak laki-laki, ngidam asam = anak perempuan.

Jenis kelamin tidak ditentukan oleh ngidamnya rasa pada makanan ya happy people. Jenis kelamin bayi biasanya dapat diketahui pada usia kehamilan 20 minggu dengan bantuan USG.

Ngidam tidak kesampaian = bayi ngeces

Ini juga merupakan mitos yang sudah mendarah daging selain dari mitos nanas (di lingkungan mimin).

Ngeces atau ngiler pada bayi merupakan hal yang normal dan bukan disebabkan oleh tidak terpenuhinya ngidam ibu saat hamil. Ngeces atau ngiler biasanya dimulai saat setelah kelahiran dan mencapai puncaknya pada tiga dan enam bulan. Hal ini normal terlebih jika bayi akan tumbuh gigi.

Ibu hamil dilarang mengkonsumsi ikan

Ada yang beranggapan bahwa jika ibu hamil mengkonsumsi ikan dapat menyebabkan bayi terlahir bau amis dan ikan dapat meracuni bayi. Ini tidak benar ya happy people.

Faktanya, bau amis pada bayi adalah normal kerana bayi terlahir dengan ketubannya, dan ikan adalah sumber protein yang bagus untuk menunjang pertumbuhan bayi. Namun memang ada beberapa ikan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil, seperti iakn yang mengandung merkuri tinggi, ikan todak, ikan cucut, ikan hiu, king mackerel, dll

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari saat hamil muda

Manga muda mampu hilangkan mual

Biasanya ibu hamil mencoba untuk menghilangkan mual dengan mengkonsumsi mangga muda atau makanan asam. Menghilangkan mual lebih baik jika mengkonsumsi makanan dingin, buah segar yang berasa netral, biskuit dan sayuran yang dikukus. Terlalu banyak mengkonsumsi mangga muda justru akan menyebabkan iritasi lambung.

Durian dapat menyebabkan perut dan janin kepanasan

Durian yang terlalu matang mengandung gas dan alkohol yang bila dikonsumsi akan membuat tubuh terasa panas. Meskipun hal ini tidak berbahaya bagi janin, namun sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi durian dalam jumlah kecil (asal nyicip).

Terlebih jika saat hamil mengalami diabetes gestasional, ibu hamil harus berhati-hati karena kandungan gula yang tinggi pada durian dapat menyebabkan naiknya gula darah.


Minyak kelapa dapat melancarkan persalinan

Faktanya, saluran pencernaan dan jalan lahir adalah berbeda. Ketika ibu hamil mengkonsumsi minyak kelapa maka akan masuk ke saluran pencernaan, belum tentu berpengaruh pada jalan lahir.

Jika happy people mempunyai minyak kelapa, pakai saja untuk mengoles perut, paha, dan bagian-bagian lain yang renggang agar mencegah stretch mark. Selain itu minyak kelapa juga dapat digunakan untuk pelicin saat memijat payudara.

Nangka sebabkan perut ibu hamil panas

Bagi yang mempunyai alergi terhadap nangka, atau ibu hamil yang memiliki riwayat asam lambung mungkin sebaiknya menghindari makanan ini karena akan menyebabkan rasa tidak nyaman setelah mengkonsumsinya.

Bagi yang tidak punya masalah lambung atau alergi terhadap nangka, baiknya batasi konsumsi nangka karena gasnya khawatir dapat membuat perut panas.

Gunakan sendok kecil agar bibir bayi mungil

Hal ini tidak benar ya happy people. Lagi-lagi bentuk bibir dipengaruhi oleh keturunan atau informasi genetik dari orangtuanya. Mungkin maksud untuk menggunakan sendok kecil ketika makan adalah agar terbantunya ibu hamil untuk tidak makan berlebihan dan agar mengunyah lebih lama.

Makan pakai piring besar sebabkan bayi besar

Mungkin karena kalau makan di piring besar maka jumlah yang diambil akan besar juga sehingga berpotensi menyebabkan bayi besar (begitu kali ya pemikirannya).

Namun besar atau tidaknya bayi tergantung dari nutrisi ibu, makan di piring kecil pun jika porsinya selalu besar akan sebabkan bayi besar. Makan di piring besar pun jika porsinya kecil tidak akan sebabkan bayi besar.

Doyan makan daging, ibu mengandung bayi laki-laki

Ini bukan suatu jaminan ya happy people.

Nah bagaimana dengan informasi yang menyebar tentang kehamilan? Apakah happy people percaya atau tidak?

Mungkin ada beberapa orang yang mengkonsumsi makanan tertentu dan terjadilah seperti apa yang diceritakan, misalnya ibu hamil yang doyan makan daging dan melahirkan bayi laki-laki. Mungkin itu hanya kebetulan saja ya tidak dapat dijadikan patokan.


Yang diatas adalah mitos mengenai makanan pada ibu hamil, selanjutnya mimin akan berbagi informasi seputar mitos “kegiatan” ibu hamil. Keep reading happy people ☺


Dilarang hubungan sex saat hamil

Mitos ini beredar bahwa berhubungan intim saat hamil dapat mengganggu bayi bahkan dapat menyebabkan keguguran. Ini adalah tidak benar, selama kehamilan sehat dan dokter tidak melarang maka tidak masalah untuk melakukan hubungan intim selama kehamilan.

Janin tidak akan terganggu jika ibu hamil melakukan hubungan intim sebab bayi dilindungi oleh kantung dan cairan ketuban, otot rahim yang kuat dan lendir yang tebal pada leher rahim.


Ibu hamil dilarang berolahraga

Olahraga justru dianjurkan untuk ibu hamil karena akan membawa dampak positif. Namun pada kondisi tertentu ada ibu hamil yang dilarang untuk berolahraga dan diminta untuk istirahat penuh.

Ibu hamil yang normal pun bukan berarti boleh berolahraga saat seperti sebelum hamil, sesuaikan kondisi dengan yang saat ini, saat ini sudah tersedia olahraga yang diperuntukan untuk ibu hamil seperti senam hamil, latihan kegel, berenang, berjalan, yoga dan pilates ibu hamil.


Bentuk perut ibu hamil menandakan jenis kelamin bayi

Bentuk dan tinggi rendahnya perut saat hamil tergantung pada kekuatan otot perut dan posisi janin dalam kandungan.


Dilarang mengkonsumsi kopi saat hamil

Bagi para pecinta kopi tentu hal ini akan menyiksa ya. Ternyata mengkonsumsi kopi saat hamil tidak dilarang asalkan dalam batasan yaitu tidak lebih dari 200 mg (kafein) per hari atau setara dengan 1 gelas kopi.

Konsumsi kafein terlalu banyak dapat menyebabkan risiko keguguran pada bayi, terhambatnya penyerapan zat besi bahkan bayi lahir dengan berat badan rendah.


Dilarang dekat-dekat dengan kucing

Kucing merupakan hewan yang menjadi sasaran untuk diungsikan saat pemeliharanya hamil, hal tersebut berkaitan dengan toksoplasma pada kucing.

Toksoplasma terdapat pada kotoran kucing, sebaiknya ibu hamil tidak mengurusi kotoran kucing dan mencuci tangan setelah berinteraksi dengan kucing.


Bayi harus digendong saat adzan maghrib berkumandang

Ada yang bilang bahwa jika tidak menggendong bayi saat maghrib berkumandang maka bayi tersebut akan rewel seharian. Ternyata belum ada fakta medis seputar ini, rewelnya bayi tidak ada kaitannya dengan aktivitas menggendong saat maghrib.


Bayi dilarang keluar rumah sebelum 40 hari

Menurut mimin dan sumber yang mimin baca, hal ini masuk akal karena bayi yang terbilang baru lahir ini masih sangat rentan terkena virus dan apapun yang tidak baik dari lingkungan luar karena daya tahan tubuhnya belum sempurna.


Menjahit baju sebabkan bibir bayi sumbing

Bibir sumbing disebabkan oleh genetika, obat-obatan bebas yang dikonsumsi selama hamil dan faktor lainnya dan tidak ada hubungannya dengan menjahit baju selama hamil.

Nah itu dia berbagai informasi mitos seputar ibu hamil yang dapat mimin bagikan di artikel ini, semoga bermanfaat dan tidak salah kaprah lagi ya happy people.

Biasanya mitos-mitos ini datang dari orang tua kita yang kalau kita menjelaskan faktanya kadang dianggap “lancang” namun ada juga orang tua yang menerima penjelasan kita.

Jika happy people berhadapan dengan orang tua yang tidak menerima masukan, sebaiknya hindari menjelaskan seputar fakta kehamilan dan kita lah yang mengalah lalu menentukan apa yang akan kita lakukan untuk diri kita.

*Disclaimer
Tapi hal ini kembali pada individu masing-masing, jika dirasa memang tidak sepakat maka tetap saja ikuti apa yang dipercaya. Karena yang terpenting adalah ketenangan pikiran, dan jiwa yang bahagia.  

Jangan lupa di share ya ke teman-teman happy people ☺

Baca juga : Perawatan Untuk Ibu Hamil Muda ataupun Tua

Referensi:

Klikdokter, liputan6.com, theasianparent, parenting.orami, haibunda.com, alodokter.com, idntimes.com, hipwee.com

Belum ada Komentar untuk "Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan || Bagaimana Dengan Nanas ?? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel