Recent Posts

Coba Cara Ini Untuk Membuat Koleksi Foto dan Album Tidak Mudah Rusak

Coba Cara Ini Untuk Membuat Koleksi Foto dan Album Tidak Mudah Rusak
source: pixabay

Hallo happy people, kita semua pasti mempunyai kenangan yang diabadikan dalam bentuk digital bahkan dicetak. Yang sedang booming saat ini adalah cetak foto polaroid dan foto album yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat memikat kita sebagai orang yang suka mengabadikan momen dengan cara mencetak foto. 

Biasanya hasil cetakan tersebut dipajang di dinding rumah, meja atau bahkan di dinding kamar dengan bantuan tali rami atau kabel lampu tumblr yang dijepit dengan menggunakan wooden clip. Cantik memang tetapi apakah happy people pernah memperhatikan sesuatu?

Ya, kualitas ketajaman warna dan detail dari foto tersebut berubah seiring berjalannya waktu. Sehingga tidak dapat memberikan kenangan yang utuh lagi. Atau bahkan sudah sama sekali tidak bisa dilihat karena warnanya sudah hilang. 

Coba Cara Ini Untuk Membuat Koleksi Foto dan Album Tidak Mudah Rusak
Foto mimin yang berjamur


Mimin juga mengalami hal yang sama happy people, oleh karena itu mimin mencari tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut dan hendak membagikan informasi ini kepada happy people ☺ 

Simpan foto hasil cetak dalam album foto

Album foto dapat menentukan kualitas foto yang disimpan di dalamnya. Oleh karena itu pilihlah album foto yang berkualitas baik, memang harganya akan lebih tinggi dibanding dengan album foto biasa tetapi hal ini akan membantu mengawetkan foto happy people dalam jangka waktu yang lama, malah justru jatuhnya akan lebih hemat budget. Bagaimana kriteria album foto yang bagus dan layak untuk dipilih?

  1. Pilih album foto dengan sekat plastik. Album foto ini tidak memiliki perekat yang dapat merusak foto kita jadi happy people dapat menyimpan foto hasil cetakannya lebih lama karena dapat melindungi foto dari jejak sidik jari, cairan, debu dan kelembaban.
  2. Pilih album foto yang memiliki alas kertas yang berkualitas baik/tinggi dan bebas asam yang terbuat dari bahan katun atau bubur kayu yang berkualitas tinggi. 
  3. Diusahakan untuk tidak menyimpan foto terlalu tebal pada album foto karena akan merusak covernya. Sesuai daya tampung saja.

Simpan foto dalam bingkai

Menyimpan foto dalam bingkai biasanya akan dipajang di dinding rumah ya. jika menyimpan foto dalam album dapat menghemat ruang, menyimpan foto dalam bingkai akan mempercantik ruangan. 

Namun tetap saja menyimpan foto dalam bingkai masih beresiko foto akan memudar warnanya. Solusinya, berhati-hatilah dalam penggunaan cairan pembersih kaca apalagi jika foto hasil cetakan tidak diberi jarak antara foto dan kacanya, atau foto dicetak pada kertas yang tidak bebas asam maka akan menyebabkan korosi, warna memudar dan bernoda.

Selain itu, hindari untuk menempel bingkai foto, hal ini akan menyebabkan terjadinya gesekan pada permukaan bingkai.


Letakan foto di tempat yang strategis

Demi menjaga keutuhan kualitas foto usahakan untuk menempatkan foto di tempat yang strategis, yakni tidak di tempat yang terpapar sinar matahari atau di tempat yang lembab sekali pun. Simpan foto di tempat yang memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup/lembab. Jika foto yang diletakan di tempat yang terpapar sinar matahari secara berlebihan akan menyebabkan pudarnya warna maka foto yang disimpan ditempat lembab akan berjamur. 

Tetapi jika kondisi rumah happy people lembab dan dirasa kurang untuk menyimpan foto dalam bingkai, maka solusinya adalah alasi foto dengan kertas tisu atau kertas Koran, kedua media tersebut akan membantu untuk menyerap air.


Back up foto dalam bentuk soft file

Menurut mimin tips keempat ini tidak kalah penting dengan beberapa tips sebelumnya, karena soft file tidak akan pernah pudar namun rentan terhapus. Solusinya back up foto di beberapa tempat, seperti di flashdisk, komputer, laptop, hard disk, google drive dll. Jangan mengandalkan hanya satu device saja.


Tips untuk foto yang tidak disimpan baik di album maupun bingkai

Meskipun akan digantung pada tali rami atau kabel lampu tumblr bukan berarti tidak memilih media yang bagus untuk mencetak foto ya happy people. 

  • Pilih jenis kertas terbaik demi menghasilkan kualitas cetak foto yang maksimal
  • Glossy photo paper diklaim sangat cocok untuk mencetak foto kesayangan happy people. Keunggulan glossy photo paper adalah hasil cetakan terlihat jernih, halus dan mengkilap. Tersedia dalam gramatur kertas 200 gram, 220 gram dan 230 gram. Selain itu, cocok digunakan gambar grafik berwarna, foto pribadi hingga jasa cetak foto. 

Jangan asal cetak foto

Salah satu alasan dari banyaknya macam alat cetak sebut saja printer, kertas dan tinta adalah untuk menunjang peruntukannya. Dalam hal ini mencetak foto sebaiknya tidak dilakukan pada media yang bukan peruntukannya. Penggunaan tinta biasa dalam printer yang biasa digunakan untuk mencetak dokumen sejenis makalah kuliah tidak akan memberikan hasil yang maksimal dalam mencetak foto. 

Jenis tinta ori (dye) adalah tinta yang berbahan dasar air jadi sangat rentan luntur jika terkena air dan selain itu tinta ini digunakan untuk indoor, akan mudah pudar jika terkena sinar matahari. 

Penggunaan pilox clear, laminasi dingin atau laminasi panas pada tinta dye hanya akan menahan agar hasil cetak lebih awet beberapa tahun dibandingkan tidak menggunakan pilox atau laminasi.

Yang menjadi andalan adalah tinta art paper untuk mencetak foto karena tinta ini berbahan dasar minyak yang akan bertahan hingga 50 tahun. Selain itu, diperlukan mesin pencetak khusus. 


Nah itu dia beberapa tips yang mimin temukan pada referensi yang mimin cantumkan di bawah ini. 

Kalau mimin pribadi sebetulnya tidak terlalu suka mencetak-cetak foto, tapi punya beberapa foto yang disimpan dalam album dan bingkai foto. Perawatan yang mimin terapkan setelah membaca beberapa sumber adalah dengan menyimpan foto di tempat yang dianggap strategis, dan sering membersihkannya dengan alat pembersih debu (tidak menggunakan cairan), dan untuk foto album mimin sering buka albumnya agar foto yang didalamnya bersirkulasi udara dengan baik.

Coba Cara Ini Untuk Membuat Koleksi Foto dan Album Tidak Mudah Rusak
Foto album yang sengaja di buka agar mendapat sirkulasi udara


Begitu happy people, semoga bermanfaat tipsnya dan semoga fotonya awet ya ☺ 


Source: Fastprint.co.id, walisogo.co.id,

Belum ada Komentar untuk "Coba Cara Ini Untuk Membuat Koleksi Foto dan Album Tidak Mudah Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel