Recent Posts

Seputar Informasi dan Manfaat Pelihara Kucing (Ternyata Membawa Rezeki looh!!)

Seputar Informasi dan Manfaat Pelihara Kucing (Ternyata Membawa Rezeki looh!!)
source: pixabay

Hallo happy people, kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dimana-mana ya, baik di lingkungan rumah atau di jalan. Kucing rumah atau disebut juga kucing domestik dengan nama ilmiah Felis silvestris catus dan Felis catus merupakan hewan jenis mamalia karnivora dari keluarga felidae. Saat ini kucing merupakan salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. 

Kucing dewasa biasanya dapat melahirkan 2-5 anak kucing dengan lama mengandung antara 64-67 hari dengan rata-rata 66 hari dalam kantung amnion yang digigit dan dimakan oleh induknya. 

Seputar Informasi dan Manfaat Pelihara Kucing (Ternyata Membawa Rezeki looh!!)
uWu 

Selain menjadi salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia, ternyata memelihara kucing dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan kita, diantaranya:

Baik untuk Lingkungan Sekitar

Sebuah penelitian pada tahun 2009 menemukan bahwa memberi makan anjing dapat menyisakan residu yang kotor dibandingkan kucing yang makannya lebih sedikit daripada anjing dan cenderung hanya memakan ikan bukan produk yang beraroma sapi atau jagung .


Pemilik Kucing adalah Orang Pintar

Hasil survey yang dilakukan pada tahun 2010 terhadap pemilik hewan peliharaan Inggris oleh University of Bristol menemukan bahwa orang yang memelihara kucing lebih mungkin memiliki gelar sarjana daripada orang yang memelihara anjing. Kemudian pada tahun 2014 seorang peneliti di Wisconsin melakukan survey terhadap 600 mahasiswa dan menemukan bahwa pemilik kucing merupakan orang yang lebih pintar. (jujur kalau mimin baru tahu fakta ini sejak mimin melakukan survey untuk menulis artikel ini, kalau happy people bagaimana? Sama dengan mimin tidak?)


Kucing Membuat Jantung Sehat

Memelihara kucing dapat menurunkan tingkat stress pemiliknya dikarenakan kita akan merasa terhibur dan gemas bahkan tertawa dengan melihat tingkah laku kucing yang lucu, konyol dan menggemaskan. 

Melihat kucing yang duduk di atas keyboard komputer, di atas buku atau bahkan di atas printer merupakan hal yang dapat menghibur bagi pemilik kucing, termasuk mimin!

Seputar Informasi dan Manfaat Pelihara Kucing (Ternyata Membawa Rezeki looh!!)




Memelihara kucing = Memiliki Pasangan Romantis

Sebuah penelitian di Austria pada tahun 2003 menemukan bahwa memiliki kucing di rumah setara dengan memiliki pasangan romantis. Selain sering melakukan kontak dengan kucing, kucing mampu mengingat kebaikan yang diberikan kepada mereka dan mereka mampu membalas budi. 

Kucing telah belajar bagaimana ia bisa mendengkur atau setengah melolong dan terdengar mirip dengan tangisan bayi manusia, oleh karena itu saat kucing melakukan hal tersebut hampir tidak ada manusia yang tega untuk mengabaikan apa yang diinginkan kucing tersebut.


Pemilik Kucing akan Tidur Lebih Tenang

Hasil dari beberapa penelitian dan jajak pendapat di Inggris telah menemukan bahwa seseorang terutama wanita lebih suka tidur dengan kucing dan baru-baru ini sebuah penelitian kembali dilakukan dari Pusat Klinik obat tidur Mayo menunjukan bahwa 41% orang dalam penelitian itu lebih merasa tertidur nyenyak karena hewan peliharaan mereka, dan hanya 20% mengatakan bahwa tidur dengan hewan peliharaan adalah gangguan.


Kucing dapat Menyelamatkan Hidup Pemiliknya

Seekor kucing di Inggris memperingatkan manusia ketika dia akan mengalami serangan epilepsi, sementara seekor kucing di Montana membantu membangunkan dua manusia ketika pipa gas mulai bocor.  Petugas pemadam kebakaran memberi tahun pemilik rumah tersebut bahwa rumah itu bisa saja meledak jika bukan karena bantuan kucing. 


Memelihara Kucing dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health menyebutkan bahwa anak-anak yang berusia di bawah satu tahun memiliki resiko alergi yang kecil karena interaksi terhadap kucing. 

Kucing dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia dengan cara menjauhkan alergi yang mungkin dapat menyerang tubuh.


Memelihara Kucing dapat Mengatasi Kesepian

Hal ini mudah ditebak mengapa kucing dapat mengatasi kesepian. Tingkah laku kucing yang lucu dan dapat berinteraksi dengan kita membuat kita serasa mempunyai teman, selain itu kucing yang ramah dan tidak sungkan untuk berkontak fisik dengan kita jelas dapat menamani masa sendiri pemiliknya.


Memelihara Kucing dapat Menunjukan Kepribadian Seseorang

Pada umumnya pecinta kucing adalah seseorang yang tenang dan cenderung introvert. Tetapi dibalik kepribadian itu ia merupakan orang yang dapat dipercaya. Terlebih lagi pemilik kucing juga tidak suka berbohong dan tampil lebih sederhana.


Memelihara kucing selain memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan manusia, juga sebetulnya tidak merepotkan lho happy people, karena:


Perawatan yang mudah dan dapat ditinggal

Sebetulnya kita tidak perlu khawatir jika kita meninggalkan kucing peliharaan dalam waktu yang lama (2-3 hari), tetapi pastikan mereka dapat dengan mudah untuk mengakses makanan dan tempat buang kotoran mereka. Selain itu jika mereka merasa bosan karena tidak ada teman bermain, maka mereka akan tertidur panjang hampir 15 jam.


Biaya perawatan yang murah

Biaya perawatan kucing tidak semahal anjing, karenanya makannya lebih sedikit dan jarang dimandikan. Bahkan kucing dapat membersihkan dirinya sendiri dan tidak memerlukan perawatan ekstra, hanya saja kita sebagai pemilik terkadang ingin memanjakan lebih ya.


Panjang umur dan cerdas

Rata-rata usia kucing adalah 12 tahun, cukup panjang juga ya, di samping umurnya yang panjang, menurut Animal Planet kucing dapat menjadi lebih pintar daripada anjing karena mereka terus belajar dan memiliki ingatan yang baik. Lucu ya!

Di atas merupakan kelebihan-kelebihan kucing menurut hasil penelitian manusia, pada bacaan selanjutnya akan dibahas mengenai keistimewaan kucing dalam agama Islam.

Sebagai umat muslim kita sering mendengar bahwa kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW, dalam sebuah hadist Rasulullah SAW mengingatkan agar senantiasa menyayangi kucing dan memberinya makan. 

Dari Ibnu Umar ra bahawa Rasulullah SAW bersabda “seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak di perkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai,” (HR. BUkhari).

Jika dilihat dari perawi hadist di atas, hadist tersebut adalah hadist shahih dan dapat kita percayai kebenarannya. Jika kita menanggapi permasalahan dalam hadits tersebut maka pantas saja seorang wanita itu masuk neraka karena ia telah menyiksa hewan. 

KUCING DALAM ISLAM

Kucing merupakan hewan yang bersih dan tidak najis. Badan keringat dan bekas makannnya adalah suci, selain itu air liur kucing pun bersih. Hal ini disebut dalam hadist shahih “kucing itu adalah tidak najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada disekeliling kita.” (HR. Tirmidzi)

Selain hadis di atas, ada keterangan lain yang diriwayatkan oleh Ali bin Al-Hasan dari Anas bin Malik ra diceritakan bahasanya Rasulullah SAW pergi ke Bethan lalu beliau meminta Anas untuk menuangkan air wudhu untuknya. Ketika Rasulullah SAW hendak berwudhu tiba-tiba ada kucing yang sedang minum di bejana tersebut. Melihat hal tersebut Rasulullah menunda wudhunya sampai akhirnya kucing tersebut selesai minum. 

Lalu Rasulullah SAW ditanya mengenai kejadian itu dan Rasulullah SAW menjawab, “Ya Anas, kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori sesuatu, bahkan tidak ada najis.”

Secara fisik kucing memiliki keistimewaan dibanding hewan-hewan lainnya yaitu pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi mencegah masuknya bakteri. Selain itu, permukaan lidah kucing tertutupi sisik yang runcing berbentuk seperti kikir atau gergaji yang berguna untuk membersihkan kulitnya. Saat kucing minum, lidahnya mampu menahan air sehingga tidak ada setetes air pun yang jatuh kembali. 

Menurut ketua rumah sakit hewan Baitharah, dr. George Maqshud mengatakan bahwa jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing. Jika kuman itu ada, maka kucing akan mengalami sakit. Hal ini disebabkan oleh air liur kucing mengandung perangkat pembersih bernama lusozyme. 

Apakah happy people tahu alasan kucing tak suka air? Ternyata mereka beranggapan bahwa air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri. Selain itu kucing selalu memperhatikan kestabilan suhu hangat tubuhnya, mereka tidak dekat-dekat dengan air dan tidak berjemur dengan tujuan untuk menghindari bakteri di sekitarnya. 

Bagaimana happy people? Ternyata kucing seistimewa itu ya! Jadi mau pelihara kucing atau mau tambah jumlah kucing peliharaannya? Hihi

Selain kucing merupakan hewan yang istimewa dalam Islam, ternyata memelihara kucing juga dapat mendatangkan pahala bagi kita, yaitu:


Menjadi timbangan kebaikan saat hari kiamat

Seseorang yang memelihara kucing atau hewan peliharaan lainnya dengan iman kepada Allah lalu ia berbuat baik kepada hewan peliharaannya, maka kebaikan yang sudah diberikan kepada hewan tersebut akan ditimbang sebagai kebaikan di hari kiamat.


Mendapatkan rahmah di hari kiamat

Selain mendapatkan timbangan kebaikan Pada hari kiamat, memelihara kucing ternyata dapat mendatang kan rahmat di hari kiamat. “ Barang siapa yang menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, nescaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.” (HR. BUkhari)


Mendapat ampunan dan ridha Allah

Sheikh dr. Muhammad Luqman dalam syaratnya dalam kitab Adabul Mufrod menyebutkan jika setiap muslim memang sudah dianjurkan untuk selalu berbuat baik kepada semua hewan seperti kucing agar mendapat ampunan dan juga ridha Allah Ta’ala.


Sedekah

“Pada setiap sedekah terhadap makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (HR. Bukhori Muslim).


Sebagian orang akan merasa jengkel ketika didatangi kucing, apalagi bukan kucing cantik tetapi kucing jalanan. Terlebih jika mereka mendekati kita pada saat kita makan atau sedang bersantai. Apa yang biasanya happy people lakukan jika dalam kondisi ini?

Sebaiknya jangan terburu-buru mengusir kucing yang mendekati kita ya, kita sebagai manusia ada baiknya untuk merenungkan terlebih dahulu ada isyarat apa yang diberikan kucing tersebut.

Kucing merupakan makhluk Allah dan sudah disinggung di atas bahwa Rasulullah SAW pun sangat menyayangi kucing. Lalu pesan apa yang kucing bawa ketika mereka mendekati kita?


Jika kita didekati kucing itu artinya ada dari harta kita yang merupakan hak orang lain. Seperti yang kita ketahui, dalam harta kita ada hak orang lain. Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk memberikan hak untuk orang lain/makhluk lain melalui kucing. Dengan begitu harta kita menjadi bersih dan terslurkan kepada yang haknya.


Anda adalah penyayang! 

Apakah happy people tega untuk membanting atau memukul kucing yang mendatangi kita meskipun tingkahnya mengganggu dan menjengkelkan? Jika tidak, maka fix happy people adalah orang yang penyayang ☺ 

Mendapat rezeki baru!

Coba renungkan bahwa dengan kehadiran kucing maka Allah akan memberikan rezeki baru kepada kita sebagai jalan keluar untuk permasalahan kita. Mimin pernah mendengar jika rezeki bukan hanya soal uang, kesehatan, ketenangan hidup dan juga lingkungan yang baik adalah bentuk rezeki.


Nah itu dia beberapa tanda yang Allah berikan kepada kita dengan pelantara hadirnya kucing yang mendekati kita. Kita sebagai manusia tentu akan melihat gerak gerik dan ekspresi kucing serta akan merasa bertanya-tanya terhadap maksud dari gerak-geriknya itu, betul? 

Mendengkur

Dengkuran kucing menandakan bahwa ia senang dengan perlakuan kita. Coba perhatikan deh, ketika kita mengelus atau mengusap-ngusap mereka, mereka akan mengeluarkan suara seperti dengkuran. Kucing mimin juga begitu lho, dan itu tandanya bahwa kucing tersebut nyaman berada di samping kita.

Memijat

Tidak semua kucing suka memijat ya happy people. Tapi ada juga kok kucing yang rajin suka memijat hihi. Kucing mimin yang baru usia 11 bulan ini rajin memijat dan itu tandanya bahwa dia senang berada di dekat kita. Selain rasa gemas dan senang melihat kucing memijat kita, pijatannya juga lumayan enak lho (hahaha)


Menjilat 

Siapa yang suka dijilat kucing? Kalau mimin sih tidak suka ya. Meskipun liur kucing adalah suci tetapi mimin merasa geli aja gitu kalau dijilat kucing. 

Jika kucing menjilat kita maka mereka sedang memberikan perhatian dan rasa sayangnya kepada kita happy people!


Menunjukan perut

Siapa yang pernah melihat kucing melakukan ini? Pasti yang memelihara kucing setidaknya pernah satu kali melihat kucing menunjukan perutnya. Tapi tahukah apa ini artinya? Menurut kucing, bagian perut merupakan bagian vital dan jika terganggau maka bahaya akan mengancamnya, dan jika mereka menunjukan perut kepada kita itu artinya mereka sudah percaya bahwa kita tidak akan menyakitinya ☺ manis ya ☺


Mengedip perlahan

Kucing mengedip secara perlahan kepada kita itu artinya kucing tersebut menunjukan perasaan bahwa mereka merasa aman berada di dekat kita.


Mengikuti kita kemana-mana

Nah kalau ini dulu kucing mimin sempat begini, tetapi sekarang sudah tidak lagi kecuali dia lapar :D . tanda kucing sering mengikuti kita kemana-mana adalah kucing suka sama kita! 


Ekor naik ketika kita datang

Pernah melihat fenomena ini? Ya, ekor yang dinaikan ketika kita datang ke rumah. Kabar baiknya dengan menaikan ekor saat kita datang ke rumah itu artinya mereka merasa senang dengan kedatangan kita. 


Bagaimana happy people yang memelihara kucing? apakah pernah melihat fenomena di atas? Buat happy people yang belum memelihara kucing, apakah berminat untuk memelihara? Xixixi

Kucing juga menyukai hal-hal yang disukai oleh manusia lho happy people, seperti makanan, minuman, tidur, main, melihat burung, menggaruk, grooming, dibelai, sembuh dari sakit,

Melihat burung membuat kucing terobsesi karena gerak gerik burung yang lincah dan susah ditangkap. Tak jarang kucing suka mengeluarkan suara jika ia sedang menonton burung di sangkar.

Menggaruk benda bagi kucing adalah jalan untuk menenangkan diri dari stress, selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menajamkan kuku. 

Selain hal-hal di atas yang disukai kucing, ada juga hal-hal yang tidak disukai kucing dari kita sebagai majikannya, yaitu:

Majikan yang bangun siang

Kucing akan membangunkan kita yang bangun siang atau kesiangan dengan cara membuat suara atau mengeong dengan kencang. Maksud kucing sederhana saja yaitu ia ingin makan.


Mandi

Pernah mengalami kucing menunggu kita di depan pintu kamar mandi? Kucing tidak suka kita mandi sebab mereka beranggapan bahwa suara air adalah tanda bahaya, dan mereka khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap majikannya.


Menyalakan lilin dan perapian

Kucing beranggapan bahwa api akan membakar bulunya dengan mudah. Oleh karena itu mereka tak suka.

Happy people, kita sebagai pemelihara kucing apalagi yang memelihara kucing yang sudah lama, sudah pasti pernah melihat kucing sakit kan? Melihatnya dengan kondisi yang berbeda akan terasa menyedihkan sekali. Terlebih jika lokasi rumah kita yang jauh dengan tempat praktek dokter hewan. Maka dari itu kita harus mengetahui penyakit-penyakit yang sering menyerang kucing, yaitu:

Muntah 

Beberapa orang menganggap muntahnya kucing adalah hal yang biasa. Bisa jadi muntah kucing itu biasa jika kucing muntah karena makan terlalu cepat, terlalu banyak, atau makan makanan yang ukurannya terlalu besar. Namun hal yang harus diwaspadai adalah jika kucing muntah setiap hari yang disertai perut bengkak naik turun dan lidah terjulur, atau muntah dan tiba-tiba badannya lemas, segera hubungi dokter hewan. 

Diare

Jika kucing mengalami diare hal yang pertama yang harus dilakukan adalah memberikan banyak air bersih (minum) agar tidak dehidrasi dan jangan berikan makan dulu selama kurang lebih 12 jam. Penyebab diare umumnya terkena parasit, alergi, atau terlalu banyak makan.

Sakit Mata

Sakit mata pada kucing bisa disebabkan oleh virus dan bakteri. Biasanya penyakit mata ini ditandai dengan mata yang berair penuh kotoran. Segera bersihkan kotoran yang ada pada mata kucing dan segera obati dengan menggunakan obat khusus tetes mata kucing.

Saluran kemih

Penyakit saluran kemih tidak hanya dapat dialami oleh manusia saja happy people. Kucing pun dapat mengalami penyakit ini, namun biasanya penyebab gangguan saluran kemih ini adalah karena kucing mengalami obesitas yang ditandai dengan kucing mengalami sulit kencing, kemaluan berdarah. Penyakit gangguan saluran kemih ini disebabkan oleh depresi, segera bawa ke dokter hewan untuk kasus ini ya.

Kutu

Hhmm… seperti terlihat sepele ya. adanya kutu pada kucing dapat menyebabkan kucing anemia terlebih lagi jika kutu tinggal di badan kucing dalam jangka waktu yang lama. Kalau untuk masalah ini mimin sarankan untuk melakukan perawatan di rumah dulu sebelum pergi ke dokter kucing, dengan produk-produk yang diformulasikan khusus untuk kucing.


Penyakit yang biasa kucing alami sebagaimana yang telah dibahas di atas adalah penyakit kucing yang ada kemungkinan untuk tidak menular ke manusia. Namun kita sebagai pemenlihara kucing perlu mengetahui dan waspada terhadap penyakit kucing yang menular terhadap manusia:


Cat scratch disease (CSD)

Penyakit ini Cat scratch disease merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Bartonella henselae. Biasanya kucing terjangkit bakteri ini melalui gigitan kutu atau kucing lain. Kepada manusia atau anak kecil, penyakit ini menular dari gigitan, cakaran atau jilatan kucing.

Gejala umum jika seseorang terinfeksi bakteri ini adalah:
  • Muncul benjolan atau luka yang melepuh pada kulit yang terkena cakaran, gigitan atau jilatan.
  • Jika tidak segera ditangani, setelah beberapa minggu terjadi pembengkakan pada kelenjar selangkangan, siku, ketiak, leher atau dekat area yang terkena cakaran, gigitan atau jilatan.
  • Terjadinya demam, lesu, sakit kepala, nafsu makan yang menurun, ruam.

Campylobacter

Bakteri Campylobacter hidup di dalam saluran pencernaan kucing, hamster dan anjing. Bakteri ini dapat menginfeksi manusia jika kita tidak mencuci tangan setelah berada atau berkontak dengan kucing atau lingkungan kucing. Bisa jadi barang-barang yang ada di dekat kucing terkontaminasi bakteri ini.

Ciri-ciri jika seseorang terinfeksi bakteri ini akan mengalami demam, sakit perut, diare yang terkadang diare yang disertai mual, muntah yang disertai darah. Gejala umumnya timbul pada 2-5 hari setelah infeksi dan akan berlangsung selama 1 minggu.


Kurap

Penyakit kurap disebabkan oleh infeksi dari beberapa jenis jamur yang ada di tanah, kulit manusia, termasuk kucing. Gejala umum kurap adalah munculnya benjolan kecil dan bearing yang terlihat bersisik dengan tepi kemerahan dan biasanya berbentuk bulat. Tidak perlu khawatir untuk penyakit ini karena bisa diatasi dengan bantuan krim untuk kurap.


Cryptosporidiosis

Penyebab fisik terkontaminasinya parasit ini adalah terjadinya kontak dengan feses, meminum air yang terkontaminasi feses atau menyentuh mulut setelah memegang benda yang terkontaminasi oleh feses.
Gejala utama yang disebabkan oleh parasite ini adalah diare berair yang seringkali disertai dengan keram perut, sakit perut, mual dan muntah. Gejala ini biasanya terjadi 1-2 minggu dan akan membaik dengan sendirinya, namun akan lebih baik jika seseorang terkena gejala ini untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya.


Salmonellosis

Salmonellosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella. Selain menular dari konsumsi bahan makanan yang terkontaminasi, penyakit Salmonellosis juga dapat berpindah ke tubuh seseorang ketika bermain dengan kucing.

Gejala yang timbul jika seseorang terinfeksi bakteri ini adalah munculnya diare, demam, dan sakit perut. Gejala ini biasanya timbul pada 6 jam hingga 4 hari setelah terjadinya infeksi dan kemudian akan membaik selama 4-7 hari.

Nah itu dia beberapa penyakit kucing yang umum (tidak menular) dan beberapa penyakit kucing yang dapat menular ke manusia. 

Memelihara kucing dan mengakui hewan tersebut adalah milik kita berarti kita sudah sepatutnya untuk bertanggung jawab atas dia. Baik dari kesehatan fisik dan mentalnya, makanannya dan merawatnya ketika sakit. Setelah membaca pembahasan mengenai penyakit kucing di atas, ada baiknya kita juga mengetahui obat apa yang harus kita sediakan untuk berjaga-jaga atau sebagai pertolongan pertama pada kucing kita ketika sakit. Simak pembahasannya di bawah ini ya happy people. 

Obat flu dan sakit mata

Penyakit flu dan sakit mata ini pernah menyerang kucing kesayangan mimin, sebut saja namanya si “B”. mata si B berair, belekan, bernanah sampai bengkak. Tidak hanya itu tubuhnya pun sedikit lemas dan nafsu makannya berkurang.

Kami (keluarga mimin) melakukan pertolongan pertama dengan membersihkan belek dan nanahnya serta menetesnya dengan godokan air sirih, tetapi hal itu belum menunjukan tanda-tanda membaik. Demikian kami putuskan untuk membeli obat yang berfungsi untuk mengobati keluhan pada mata dan sakit flu di Pet Shop terdekat. Namun merk obat yang dicari ternyata sedang tidak tersedia di Pet Shop itu. Sebagai gantinya kami membeli obat tetes mata merk Healthy Eyes seharga 25.000 sambil menunggu obat untuk mata dan flu sampai ke rumah karena pada saat itu kami membelinya secara online.

Obat tetes mata Healthy Eyes belum memberikan efek yang signifikan sampai pada 2 hari, kemudian obat untuk keluhan mata dan hidung akhirnya datang, langsung dipakai dan setelah kurang lebih 2 hari langsung memberikan efek yang signifikan. Matanya menjadi tidak terlalu bengkak dan perlahan mengering dan flunya pun berangsur sembuh. 

Obat untuk keluhan mata dan flu kucing merk Trixin yang kami beli di online store seharga 9.000 – 15.000. B kucing kami juga mengalami flu yang lumayan berat, setelah 2 hari rutin pemakaian Trixin, mata dan hidungnya membaik dengan signifikan sehingga dia bisa berbaur dengan teman-temannya.

Mimin tidak mengklaim bahwa kesembuhan penyakit mata dan hidung pada B kucing kami hanya dengan trixin, mungkin obat merk Healthy Eyes juga membantu, namun jika disuruh memilih, kami akan lebih memilih Trixin karena bisa digunakan untuk mata dan hidung. 

9 bulan si B kucing kami tumbuh dengan lincah, ceria, sehat dan berperilaku baik. Sampai pada suatu hari dia mengalami diare dan matanya kembali kambuh. 

Untuk obat diare, kami membeli obat tetes untuk diare merk Herbs di Pet Shop seharga 30.000. dan hal yang dulu terjadi lagi, obat tetes mata Trixin belum tersedia juga di Pet Shop tempat membeli Healthy eyes. Jadi pilihan untuk tetes matanya, mimin memilih Healthy Eyes. 

Saran mimin, jika kucing diare, selain diberikan obat juga berikan cairan yang cukup seperti yang telah disinggung di atas, yakni air putih (sebaiknya air putih matang) secara berkala dan sering.

Seputar Informasi dan Manfaat Pelihara Kucing (Ternyata Membawa Rezeki looh!!)


Kebetulan untuk Trixin mimin sudah tidak simpan produknya, buat yang penasaran bisa langsung lihat dan order saja di sini untuk stok agar kucing kesayangan happy people selamat dari penyakitnya. bisa langsung cek sendiri aja yah mimin waktu itu belinya di market place Shopee 

Sebagaimana kita mengetahui pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Seperti yang sudah mimin katakan sebelumnya, bahwa kucing peliharaan kita adalah murni tanggung jawab kita sebagai pemelihara, oleh karena itu sebaiknya kita mengetahui dan memperhatikan makanan yang baik untuk kucing dan mencegah dari makanan yang tidak boleh dikonsumsi kucing, yaitu:

  • Susu dan produk olahannya. Susu dan produk olahan susu tidak baik untuk kucing karena dapat menyebabkan kucing diare.
  • Coklat dan permen
  • Kafein dan teobromin yang terdapat dalam coklat dapat mengganggu pencernaan kucing, karena kucing tidak bisa mencerna kedua bahan tersebut. 
  • Daging, telur, dan ikan mentah
    Ada yang berpendapat kucing tidak disarankan untuk memakan daging, ikan atau telur mentah. Tetapi selama ini mimin sering memberi kucing daging mentah dan ikan mentah Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa. Kalau telur mentah belum pernah. Namun ada baiknya daging dan ikan dimatangkan terlebih dahulu agar membunuh bakteri jahat dan membuang lemaknya agar tidak terlalu banyak. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak dapat menyebabkan radang pankreas pada kucing.
ori cat


Kucing mimin yang bernama “D” pernah memakan kue coklat dan langsung sakit, gejalanya lemas dan tak ingin makan, tidak diare namun terlihat sangat lemas. Hal yang mimin lakukan adalah dengan memberinya air secara terus menerus dan banyak, air kelapa juga boleh dicoba happy people. Agar mudah, pemberian air sebaiknya menggunakan pipet dan dibantu dengan beberapa orang.

Reference: 

Wikipedia.org, liputan6.com, merahputih.com, kitaumroh.com, dalamislam.com, islampos.com, petnyaku.com, merdeka.com, www.proplan.co.id, hellosehat.com, aceh.tribunnews.com 

Belum ada Komentar untuk "Seputar Informasi dan Manfaat Pelihara Kucing (Ternyata Membawa Rezeki looh!!)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel