Recent Posts

Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal Karena Kutu Air di Jamin Ampuh



Hallo happy people, pernah mengalami gatal karena kutu air tidak? Kayaknya hampir semua orang pernah mengalami infeksi jamur yang satu ini ya.

Kutu air atau disebut juga dengan Tinea pedis merupakan infeksi jamur yang menyerang lapisan atas kulit. bagian kulit yang terserang biasanya telapak tangan, sela-sela jari tangan, punggung tangan bahkan kaki. Gatalnya bukan main, rasanya panas, gatal dan kalau digaruk terlalu kuat akan menyebabkan nyeri.

Kutu air yang parah dapat menginfeksi bagian tubuh lainnya seperti paha, tangan wajah dan kuku.

Selain kutu air yang membuat kita merasa tidak nyaman juga akan memperburuk penampilan dengan adanya lentingan air di kulit kita.

Terkadang kita berpikir kalau kutu air terjadi begitu saja tanpa sebab, ternyata hal tersebut keliru happy people. Penyebab kutu air adalah infeksi jamur yang mudah menular seperti Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton. Kutu air dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
  • Bermukim di iklim yang panas dan lembab,
  • Bersentuhan dengan orang yang terkena kutu air,
  • Penggunaan pakaian yang sama dengan orang yang terkena kutu air (orang lain) terutama saat berkeringat,
  • Sering bersentuhan dengan hewan peliharaan atau hewan ternak.
  • Faktor lainnya yaitu, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti pengidap HIV dan kanker juga rentan terinfeksi kutu air.

Kutu air yang mengganggu itu dapat ditangani dengan mudah. Terdapat beberapa pilihan bahan untuk menangani kutu air yang mengganggu yaitu dengan cara memakai obat-obatan sintetik dan obat-obatan alami.

Bagi happy people yang ingin menggunakan obat kimia untuk membasmi kutu air, berikut adalah beberapa merk rekomendasi yang aman dipakai dan dijual bebas:

Terbinafine

Terbinafine yang bekerja dengan cara membunuh dan mencegah pertumbuhan jamur. Perlu diperhatikan bahwa kutu air memiliki lentingan yang berisi air atau cairan di dalamnya, ada beberapa yang berusaha untuk menghempaskannya dengan cara mengelupas kulitnya dengan bantuan kuku atau jarum, hal tersebut dapat memperparah kondisi kulit karena kutu air akan mudah tersebar ke daerah lainnya.


Clotrimazole

Obat ini mampu mengurangi gejala infeksi dengan cara membunuh jamur penyebab infeksi. Clotrimazole tersedia dalam berbagai bentuk produk, ada yang krim dan ada juga yang semprot.

Miconazole

Khusus untuk Miconazole, produk ini mampu membasmi infeksi jamur yang terdapat pada mulut, kuku, atau vagina. Miconazole bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan jamur.

Biasanya penggunaan bahan-bahan di atas dapat mengatasi kutu air dengan durasi yang kurang dari 1 bulan, jika kutu air masih ada dalam waktu lebih dari 1 bulan maka perlu untuk konsultasi dengan dokter.


Nah untuk happy people yang suka mencoba produk rumahan dulu sebelum memutuskan untuk membeli produk yang di apotik, mimin punya beberapa rekomendasi bahannya yang ada di rumah!

Bawang Putih

Selain digunakan untuk bumbu masak obat totol jerawat ternyata bawang putih juga bisa mengatasi kutu air. Kandungan minyak atsiri dan allicin yang bermanfaat sebagai anti bakteri, antiseptik dan anti inflamasi. Selain itu plusnya bawang putih adalah dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh yang terinfeksi kutu air akibat terlalu sering digaruk.

Cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi kutu air cukup dengan mengiris bawang putih dan menempelkan pada area yang terkena dengan bantuan perban. Diamkan selama beberapa jam dan lakukan sampai sembuh


Lidah Buaya

Penggunaan lidah buaya untuk mengatasi kutu air hanya dengan cara mengoleskan gel lidah buaya di daerah yang terkena kutu air.

Kandungan anti septik dan anti inflamasi dalam lidah buaya mampu membantu meredakan kutu air.


Garam Dapur

Penggunaan garam dapur untuk permasalahan ini cukup sederhana, larutkan garam dapur dan air hangat secukupnya lalu rendam bagian yang terkena kutu airnya.


Baking soda

Tidak hanya berfungsi sebagai salah satu bahan penunjang membuat kue, baking soda juga dapat mengatasi masalah ini. Caranya campur 115 gram baking soda ke dalam air hangat dan gunakan campuran ini untuk berendam kaki atau tangan selama 20 menit.


Larutan cuka

Jika kutu air yang happy people alami cukup parah, gunakan larutan cuka dengan cara mencampurkan cuka dengan air, dan seperti biasa, penggunaannya di rendam.


Tea tree oil

Cara ini gampang sekali, tinggal oles saja tea tree oilnya ke area yang terinfeksi.


Air teh hijau

Rendam kaki dalam seduhan teh hijau. Biasanya efek yang dirasakan yaitu area yang terkena kutu air tampak kemerahan yang menandakan bahwa polifenol dalam teh hijau bekerja.


Teh hitam

Jika tidak ada teh hitam, teh hijau pun jadi. Penggunaan teh hitam dengan melakukan perendaman selama beberapa menit. Teh hitam memiliki kandungan asam tannic yang mampu menghilangkan kutu air.


Air Singkong

Kandungan sianida dalam singkong mampu membantu untuk mengatasi kutu air. Caranya dengan menghaluskan singkong dan menempelkannya ke kulit sampai kering. Setelah kering, basuh dengan air bersih.


Kayu Manis

Penggunaan kayu manis pun mudah sekali, sama halnya dengan penggunaan teh hitam, garam dan cuka yaitu dengan cara dilarutkan dengan air.


Daun sirih

Seperti yang kita ketahui bahwa daun sirih dapat mengatasi infeksi dan jamur karena kandungan antiseptik nya. Daun sirih juga dapat digunakan untuk mengatasi kutu air dengan cara merebus daun sirih dengan garam lalu gunakan airnya untuk merendam tangan atau kaki.


Lemon

Gosokan lemon ke area yang terkena kutu air.


Selain mengetahui dan berusaha untuk mengobati kutu air, ada baiknya kita juga mengetahui cara untuk mencegah kutu air datang lagi yaitu:

  1. Menjaga kebersihan badan,
  2. Rutin mengganti kaus kaki atau sarung tangan bagi pengguna motor,
  3. Gunakan sepatu yang memiliki bahan yang mampu untuk menjaga sirkulasi udara dengan baik,
  4. Hindari untuk menggunakan pelembab di kaki (kecuali dalam keadaan tertentu),
  5. Jika kaki berkeringat, gunakan bedak kaki,
  6. Gunakan alas kaki yang baik saat berolahraga,
  7. Jaga kebersihan alas kaki.

Nah itu dia beberapa informasi seputar kutu air, mudah-mudahan dapat membantu ya happy people.

Kalau mimin lebih memilih untuk pakai bahan yang ada di dapur saja ah, mungkin pilihan pertama mimin adalah antara bawang putih dan garam. Halau happy people gimana?

Sekian dulu artikel hari ini mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan informasi ini ke teman-teman ya ☺
 
Baca juga: Bagaimana Cara Hidup Bersih dan Sehat


Referensi: Halodoc, alodokter, 99.co,

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal Karena Kutu Air di Jamin Ampuh "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel