Recent Posts

Perbedaan Komedo Hitam dan Komedo Putih || Simak Cara Mengatasinya !!

Perbedaan Komedo Hitam dan Komedo Putih || Simak Cara Mengatasinya !!
source: pixabay

Hallo happy people, komedo yang merupakan salah satu jenis dari masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan terutama di bagian wajah tentu sering kita alami ya. Terutama pada wajah yang berminyak. Ada dua jenis komedo, yakni komedo hitam dan komedo putih.

Komedo hitam maupun komedo putih tidak hanya dipengaruhi oleh kulit yang berminyak namun faktor lain seperti kurangnya menjaga kebersihan wajah menjadi faktor penyebab munculnya komedo. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan kotoran pada pori-pori terutama pada wajah. 

Perbedaan komedo putih dan komedo hitam terletak pada proses dia hidup.

Komedo putih terbentuk dari minyak yang terperangkap di dalam pori-pori wajah tetapi tidak terkena paparan udara atau tidak teroksidasi sehingga warnanya pun tidak berubah menjadi warna hitam. Meskipun hampir tidak mengganggu penampilan, komedo putih berpeluang menjadi jerawat jika terkontaminasi dengan bakteri, solusinya bersihkan wajah secara teratur dengan cara yang benar dan jangan lupa untuk tambahkan produk exfoliator ke dalam urutan pembersih wajah atau skincare happy people ya.


Komedo hitam merupakan komedo putih yang mengalami oksidasi dengan udara luar jadi lah komedo tersebut akan tampak hitam. Warna hitam tersebut dihasilkan dari gabungan sel kulit mati, bakteri, kotoran, sisa make-up, debu bahkan minyak yang terperangkap dalam pori-pori. Nah komedo ini yang kerap mengganggu penampilan kita ya. Tetapi ada juga komedo yang masih kuning, mungkin saja komedo tersebut merupakan komedo yang masih dalam proses oksidasi untuk menjadi komedo hitam.

Sama hal nya dengan komedo putih, jika komedo hitam terkontaminasi bakteri maka berpeluang memunculkan peradangan dan jerawat. 

Namun saat ini sudah banyak cara dan penemuan bahan untuk mengatasi komedo hitam dan komedo putih itu. Bahan untuk mengatasi komedo hitam dan putih pun beragam, ada yang alami dan ada juga yang menggunakan bahan kimia.

Bahan alami untuk mengatasi komedo


Minyak tea tree

Kandungan senyawa anti-inflamasi dan antimikroba di dalam tea tree dipercaya dapat membantu untuk menghilangkan bakteri dan kotoran penyebab komedo dan jerawat. Cara penggunaannya cukup mudah yakni hanya dengan mengoleskannya ke area kulit yang bermasalah.

Madu, lemon, dan gula merah

Campuran tiga bahan tersebut dapat membantu untuk mengatasi komedo dengan membuatnya menjadi scrub atau lulur. Cara pengaplikasiannya cukup mudah yakni balurkan ke wajah dan pijat dengan gerakan lembut melingkar selama kurang lebih lima menit, setelah dirasa cukup baru dibilas.


Kunyit dan minyak kelapa

Kunyit mengandung senyawa antibakteri, antijamur dan anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi komedo. Hati-hati dalam penggunaan kunyit ini karena akan meninggalkan noda kunig di kulit happy people. Agar lebih mudah dalam penggunaan, gunakan kunyit bubuk yang tersedia di pasaran dan campurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dengan takaran satu sendok kunyit bubuk dan minyak kelapa secukupnya sampai berbentuk pasta, pastikan minyak kelapanya tidak terlalu banyak, gunakan sebagai masker selama 15 menit dan bilas sampai bersih, gunakan sedikit pencuci wajah untuk menghilangkan kilap dan sisa minyaknya.

Tips dari mimin, jika penggunaan minyak kelapa dirasa dapat memicu masalah lain khususnya pada kulit yang berminyak, ganti minyak kelapa dengan air mawar.


Madu dan putih telur

Campuran putih telur dan madu selain dapat mengecilkan pori-pori juga mampu atasi komedo. Campurkan kedua bahan ini menjadi satu, lalu aplikasikan ke wajah tunggu sampai kering dan angkat.

Tips dari mimin, setelah campuran masker madu dan putih telur diaplikasikan ke wajah, lapisi dengan tissue agar memiliki fungsi seperti pore pack yang dapat mengangkat komedo.


Gelatin

Tidak hanya digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan hidangan, gelatin juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi komedo. Namun saat ini di pasaran tidak semua gelatin yang digunakan untuk mengangkat komedo dapat dimakan, tetapi gelatin yang digunakan untuk makanan aman digunakan untuk komedo. 


Selain cara diatas, jika happy people ingin mengeksplor cara lainnya yang dapat menghilangkan komedo, cara di bawah ini bisa dicoba happy people.

Gunakan uap panas dan pinset komedo

Uap panas berfungsi untuk membuka pori-pori sehingga komedo akan lebih mudah untuk dibersihkan dengan pinset komedo. Caranya:
  • Siapkan air panas dalam wadah, lalu dekatkan wajah ke dalam uap air tersebut, sebaiknya tutup kepala kita dengan handuk agar uapnya tidak kemana-mana.
  • Setelah dirasa cukup, barulah bersihkan komedo dengan pinsetnya dengan cara menekan-nekan area yang berkomedo. Hati-hati dalam penggunaan pinset komedo agar selalu memperhatikan kebersihan dan gerakannya agar tidak melukai kulit.


Gunakan asam salisilat

Asam salisilat diklaim dapat membantu untuk mengatasi komedo dengan cara memecah zat-zat yang menyumbat pori, seperti kelebihan minyak dan sel kulit mati. Caranya, pilihlah produk yang mengandung bahan aktif asam salisilat.

Clay mask

Masker tanah liat atau clay mask tidak hanya dapat mengatasi komedo juga dapat menyerap minyak berlebih pada wajah. Masker tanah liat dapat bekerja ekstra untuk mengatasi kotoran, minyak, dan partikel lainnya yang dapat mengganggu wajah.

Bersihkan make-up 

Seperti yang kita ketahui make-up dapat menyumbat pori-pori kita, oleh karena itu bersihkan make-up sebelum tidur secara tuntas dan benar, dengan melakukan double cleansing atau triple cleansing. 

Double cleansing yang biasa mimin lakukan yaitu menggunakan make up remover dan dilanjutkan dengan penggunaan facial wash. Sedangkan triple cleansing yang sering mimin lakukan yaitu menggunakan make-up remover, dilanjut dengan milk cleanser dan diakhiri dengan facial wash.


Silakan untuk kunjungi klinik kecantikan atau dokter spesialis jika dirasa komedo semakin membandel 

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat buat kita semua ya, jangan lupa share ke teman-teman ya happy people ☺ 

Referensi : Halodoc di BPJS Kesehatan

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Komedo Hitam dan Komedo Putih || Simak Cara Mengatasinya !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel