Recent Posts

Penyebab Sembelit yang Jarang Orang Tahu

Penyebab Sembelit yang Jarang Orang Tahu
source: shutterstock

Halo happy people, sembelit atau susah buang air besar dalam bahasa medisnya adalah konstipasi merupakan gangguan pencernaan yang umum dirasakan umat manusia. Walaupun begitu hal ini tidak boleh dianggap remeh ya happy people, karena kotoran yang tidak dikeluarkan dalam jangka waktu tiga hari strukturnya akan cenderung lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan. Jika dipaksa keluar, selain memerlukan tenaga dan waktu yang tidak sedikit juga akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada daerah anus. Hal lain yang perlu diketahui adalah frekuensi normal buang air besar tidak dapat dipastikan sebanyak berapa sering seseorang buang aiar besar dalam satu hari. Namun idealnya buang air besar dapat terjadi setiap hari.

Penyebab susah buang air besar

Berikut merupakan beberapa kondisi yang dapat menyebabkan susah buang aiar besar, diantaranya adalah:


Gaya hidup

Gaya hidup dalam hal pola makan yang kurang atau bahkan tidak sehat serta kurangnya kebutuhan cairan harian dapat menyebabkan susah buang air besar (BAB). Mengkonsumsi terlalu banyak produk olahan susu juga dapat menyebabkan konstipasi dan hal yang lainnya adalah kurangnya mobilitas tubuh kita seperti olahraga atau kegiatan fisik juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan ini.

Tipsnya adalah, cukupi kebutuhan cairan harian dan jangan malas untuk bergerak.

Kalau mimin sedang mengalami konstipasi hal yang pertama dilakukan adalah minum air putih dalam jumlah banyak dan berusaha untuk lebih aktif, entah itu olah raga, mengerjakan pekerjaan rumah yang melibatkan fisik atau mengkonsumsi pencahar alami, contohnya papaya matang.


Kehamilan

Konstipasi dapat dialami wanita hamil karena tubuh memproduksi lebih banyak hormon progesterone yang menyebabkan pengenduran otot hal ini dapat menyulitkan otot untuk berkontraksi. Akibatnya rata-rata ibu hamil kesulitan untuk buang air besar.

Tetapi hal itu sangat bisa untuk diatasi lho happy people, dengan tetap menjaga cairan dan serat harian cukup untuk porsi ibu hamil, buang aiar besar insyaallah akan lancar jaya :D 

Bagi happy people yang pernah hamil mungkin akan lebih tahu bahwa setiap kontrol kehamilan tenaga medis selalu mengingatkan untuk mengkonsumsi lebih banyak cairan dari biasanya, dan juga di aplikasi pendamping ibu hamil pun mereka menyarankan penggunanya untuk mengkonsumsi lebih banyak cairan dari biasanya. Hal ini mempunyai tujuan untuk mencegah konstipasi pada wanita hamil.


Menunda buang air besar

Menunda untuk memenuhi panggilan alam ternyata menjadi salah satu faktor penyebab konstipasi. Sebaiknya jika dirasa ada panggilan alam maka penuhi lah segera.

Menunda panggilan alam dalam hal ini adalah buang air besar sama halnya dengan menumpuk-numpuk kotoran sehingga struktur kotoran tersebut menjadi kering.


Pengaruh obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti suplemen kalsium, suplemen zat besi, obat antiepilepsi, antidepresan, antipsikotik, obat-obatan diuretik, obat pereda nyeri golongan narkotik seperti kodein dan morfin. Penggunaan obat untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti antasida dan antidiare dan kebiasaan menggunakan obat laktasif juga dapat memicu timbulnya konstipasi.


Faktor-faktor psikologis dan riwayat kesehatan tertentu

Stress, cemas, depresi dan trauma merupakan faktor psikis yang dapat menyebabkan konstipasi. Selain itu gangguan kesehatan seperti diabetes, kelebihan kalsium darah, penyakit radang usus, stroke dapat menyebabkan konstipasi. 

Selain beberapa faktor diatas, ada yang berpendapat bahwa:
  • Wanita lebih sering mengalami sembelit daripada pria;
  • Seseorang yang telah berusia lebih dari 40 tahun;
  • Seseorang yang baru mengalami pembedahan area perut atau panggul;

Jika happy people merasakan gelaja konstipasi segara atasi dengan hal yang mudah terlebih dahulu. 


Sumber: Dulcolax, alodokter

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Sembelit yang Jarang Orang Tahu "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel