Recent Posts

Penyebab Jerawatan Padahal Cuman di Rumah Aja

Penyebab Jerawatan Padahal Cuman di Rumah Aja
source: shutterstock

Halo happy people, udah hari keberapa kia di rumah aja? Sudah hampir dua bulan ya.

Ngomong-ngomong ada tidak yang memperhatikan kondisi kulit terutama wajah saat di rumah aja? Mimin yakin dari beberapa happy people ada yang makin bening, makin mulus atau bahkan ada juga yang terkihat kusam bahkan jerawatan saat di rumah aja?

Jerawatan saat di rumah aja kok bisa? Kan tidak kena polusi apapun?

Meskipun kita di rumah aja tetapi bukan berarti kondisi kulit akan bening atau mulus begitu saja tanpa ada perawatan seperti hari-hari sebelumnya saat sebelum di rumah aja.

Apapun bisa terjadi kepada kulit kita termasuk topik yang saat ini akan mimin fokuskan adalah “kenapa di rumah aja kok bisa jerawatan?”. Keep reading ☺ 

Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan jerawat meski di rumah aja, antara lain: 

Makan makanan sembarangan

Memakan makanan dengan sembarang tidak dianjurkan oleh siapapun, kita semua sudah tahu itu. Meskipun bulan ini adalah bulan ramadhan yang identik dengan banyaknya makanan berbagai rasa terutama makanan manis tetapi kit hrus tetap mengukur asupannya ke tubuh kita. 

Makanan manis mempunyai indeks glikemik yang tinggi, ketika makanan manis dimakan ia akan meningkatkan hormon insulin. Tugas hormon insulin adalah mengangkut gula ke dalam sel tubuh kita. Jika kita terus memakan makanan manis maka sekresi insulin akan meningkat, dan peningkatn insulin ini memicu timbulnya peningkatan hormon androgen, hormon androgen dapat meningkatkan prosuksi minyak wajah dan hiperkeratinisasi.

Dalam kondisi saat ini yang tidak banyak bergerak karena aktivitas fisik masih dibatasi (tips) sebaiknya batasi juga konsumsi makanan manis-manisnya. 

Alat tidur yang kotor

Sarung bantal, sarung guling, seprei, selimut, boneka dan lain-lain yang menempel saat kita tidur akan memengaruhi kondisi kulit kita. Alat tidur atau apapun yang menempel saat kita tidur dalam kondisi kotor dapat menyebabkan jerawat. Tipsnya, ganti sarung bantal, sarung guling dan alat tidur lainnya 1 minggu sekali. Dengan teknologi sekrang sudah mudah bukan untuk mengganti sesuatu dengan cepat? Mencuci dan mengeringkan seprei tidak akan seribet dan selama zaman dulu karena saat ini sudah ada teknologi mesin cuci. 

Jarang mencuci dan merawat wajah

Produksi sebum di wajah tetap berjalan meskipun kita berada di dalam atau di luar rumah. Jika sebum-sebum ini tidak dibersihkan maka akan menyebabkan sumbatan di pori-pori wajah yang menyebabkan jerawat. Selain mencuci wajah mandi merupakan hal yang tidak kalah penting untuk menjaga kebersihan tubuh kita.

Tips, Bagi happy people yang beragama islam dengan manjaga wudhu makan akan menjaga wajah kita agar tetap ada dalam kondisi bersih, bagi happy people yang non muslim mencuci wajah dua kali sehari dapat dilakukan ketika mandi pagi dan sore ☺

Terlalu sering mencuci wajah


Segala sesuatu yang berlebihan atau kekurangan adalah tidak baik, yang terbaik adalah yang seimbang. Terlalu sering mencuci wajah dapat menghilangkan minyak alami dalam wajah, jika minyak alami dalam wajah hilang makan kerusakan kulit akan terjadi seperti iritasi, imflamasi dan tentunya jerawat.

Stress 

Kondisi stress dapat meningkatkan hormon kortisol di tubuh kita, yang mana hormon kortisol ini dapat menyebabkan berbagai macam kerusakan kulit yang salah satunya adalah jerawat. 

Kondisi stress saat ini memang bisa menjadi maklum semua orang, mengingat kita harus bekerja atau sekolah di rumah, banyak pekerjaan dan tugas menumpuk sementara kita tidak boleh keluar meski sebentar saja.

Tipsnya, kita yang tahu kondisi kita dan kita pula yang harus pandai-pandai mengatur waktu untuk diri kita. Kapan harus bekerja, belajar istirahat dan hiburan.

Nah itu dia penyebab munculnya jerawat meskipun di rumah aja menurut dr. Clarin Hayes. 

Semoga informasi ini membantu dan dapat memudahkan bahkan menyelesaikan masalah sehari-hari happy people ☺

Salam sehat,

mimin

source: Clarin Hayes

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Jerawatan Padahal Cuman di Rumah Aja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel