Recent Posts

Cara Menetralisir Tubuh Setelah Banyak Makan Daging di Hari Raya

Cara Menetralisir Tubuh Setelah Banyak Makan Daging di Hari Raya
source: Shutterstock

Halo happy people, mimin ucapkan selamat hari raya idul fitri dan mohon maaf lahir bathin bagi happy people yang menjalankan ya ☺ . Berbicara tentang hari-hari besar Islam, dalam perayaannya hampir seluruh umat muslim memasak makanan yang dibilang cukup menggiurkan yakni daging. Terlebih lagi pada hari raya idul adha, daging kurban yang datang dari sani sini membuat kita kalap mengkonsumsinya. Selain daging memiliki rasa yang lezat juga memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Di samping itu, terlalu banyak mengkonsumsi daging juga menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh, diantaranya bau mulut, atau mulut dan kepala yang terasa “leneung” (bahasa sunda) atau perasaan tidak enak pada mulut dan kepala karena terlalu banyak memakan satu jenis makanan dalam hal ini adalah daging. Tentu saja kondisi seperti ini dapat mengganggu kenyamanan, maka dari itu kita perlu sesuatu yang berfungsi sebagai penetralisir terhadap kondisi “leneung” tersebut. Berikut merupakan beberapa bahan makanan dan minuman yang dapat membantu menetralisir rasa “leneung” pasca makan daging antara lain:

Teh Hitam

Meskipun rasnya pahit, teh hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsi dalam batas normal yaitu sekitar 4 cangkir sehari atau bisa kurang dari 4 cangkir tergantung kondisi tubuh masing-masing.

Teh Hijau

Hasil dari beberapa studi mengemukakan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau dapat membantu menurunkan lemak. Antioksidan bekerja dengan cara meningkatkan metabolisme pencernaan. Konsumsi 200 ml atau sebanyak 1-2 cangkir teh hijau sehari.


Jeruk nipis

Selain teh hitam dan teh hijau, jeruk nipis dapat menjadi alternatif untk menetralkan tubuh setelah makan daging, kandungan zat flavonoid nya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jeruk nipis dapat dimikmati dalam bentuk minuman.

Minuman rempah

Kunyit dan jahe merupakan daftar rempah yang dapat menetralisir tubuh setelah makan daging, beruntungnya orang Indonesia dapat menemukan rempah ini dengan mudah. Menurut studi, zat fitonutriens dan zat-zat lainnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh jika diolah dengan baik dan diminum dengan rutin.

Es jeruk

Sepertinya minuman yang satu ini juga mudah didapatkan di Indonesia ya happy people. Kandungan vitamin C dan senyawa kimia d-limone yang tinggi dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut seorang peneliti dari University of Nebraska di Amerika Serikat bahwa senyawa d-limone dalam jeruk dapat menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus. 

Jus jambu biji

Jambu biji merupakan minuman yang kaya serat tinggi, jus jambu biji diklaim dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Pada saat yang bersamaan, jambu biji mengandung banyak vitamin dan mineral yang berperan dalam menaikan kadar kolesterol baik (HDL). Selain jambu biji yang bermanfaat untuk kesehatan, daunnya juga bermanfaat lho.


Jus apel

Apel yang mengandung pektin yang merupakan serat halus dipercaya dapat meluruhkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain serat halus, kandungan polifenol sejenis antioksidan juga mampu mengurangi peradangan, selain itu manfaat dari mengkonsumsi apel adalah untuk mencegah resiko penyakit jantung. 

Nah itu dia beberapa rekomendasi bahan makanan dan minuman yang dipercaya dapat menetralisir tubuh setelah makan daging.

Terlalu makan banyak daging juga dapat menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh diantaranya:

Dehidrasi

Menurut penelitian, terlalu banyak memakan daging dapat menyebabkan dehidrasi karena protein tinggi dapat menyebabkan ginjal memproduksi urine yang lebih pekat. Efek dehidrasi yaitu dapat dilihat pada kulit yang menjadi kering, nafsu makan yang bertambah, tubuh mudah lemah dan juga sakit kepala.

Bau Badan

Hasil studi yang dipublikasi di jurnal Chemical Senses menunjukan bahwa orang yang terlalu banyak memakan daging memiliki bau badan lebih dibanding dengan orang yang tidak atau jarang memakan daging.

Sembelit

Menurut ahli diet Jenn LaVardera, terlalu banyak mengkonsumsi daging akan menyebabkan sembelit karena daging tidak memiliki serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Karena itu untuk mencegah sembelit happy people bisa konsumsi penetralnya yang sudah mimin sebutkan di atas ya


Penglihatan yang memburuk

Lemak jenuh yang terkandung dalam daging tak hanya berbahaya bagi tubuh juga berbahaya bagi pembuluh darah kecil pada mata sehingga dapat meningkatkan risiko kerusakan penglihatan, menurut ahli gizi Julie Uptoin.

Tulang yang lemah

Saat memakan daging yang terlalu banyak jangan lupa untuk memperhatikan asupan kalsium, karena terlalu banyak mengkonsumsi protein dapat menyebabkan kehilangan kalsium yang penting untuk kekuatan tulang.

Pusing dan cepat lelah

Ahli gizi Carrie Gabriel mengatakan bahwa daging merupakan salah satu jenis makanan yang sulit dicerna sehingga tubuh memerlukan tenaga ekstra untuk mencernanya. Oleh sebab itu, terlalu banyak memakan daging akan menyebabkan tubuh cepat lelah dan pusing.

Bau mulut

Ketika kita mengkonsumsi terlalu banyak protein dan kurang karbohidrat maka tubuh akan melepaskan zat yang disebut ketones yang menjadi sumber tenaga bagi tubuh. Ketones dapat terlepas melalui napas dan menyebabkan mulut menjadi berbau tidak sedap.

Masalah pencernaan

Organ pencernaan manusia ditinggali oleh berbagai macam bakteri baik. Bakteri-bakteri tersebut membutuhkan berbagai macam nutrisi dari makanan agar pencernaan lancar, diantaranya adalah karbohudrat kompleks, serat dari sayuran dan buah-buahan dan biji-bijian. Apabila happy people terlalu banyak mengkonsumsi daging yang artinya protein tinggi namun rendah serat maka pencernaan akan bermasalah karena bakteri-bakteri dalam perut tidak cukup mendapatkan zat-zat yang ia butuhkan, akibatnya pencernaan akan bermasalah. 


Sekian informasi seputar cara menetralkan tubuh setelah memakan daging (yang terlalu banyak)

mimin percaya jika artikel ini bermanfaat untuk happy people ☺ jangan lupa di share ke teman-temannya ya ☺ 

referensi: kumparan, dream.co.id.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menetralisir Tubuh Setelah Banyak Makan Daging di Hari Raya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel