Recent Posts

Life Hack Memanfaatkan Barang yang Ada dan Tidak Terpakai di Rumah



Life Hack Memanfaatkan Barang yang Ada di Rumah
image source: shutterstock


Halo happy people, pernah kepikiran tidak untuk memanfaatkan bahan-bahan yang sekilas dianggap sudah tidak berguna padahal masih bisa digunakan lho. Atau bingung cara mengatasi masalah kecil yang terjadi di rumah? Sekarng tidak perlu bingung lagi happy people, gunakan saja metode life hacks. 

Life hacks merupakan tips untuk menyelesaikan masalah-masalah kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan sesuatu baik itu benda mati atau benda hidup agar lebih produktif. Selain lebih produktif, life hakcs dapat menghemat pengeluaran kita dan dapat mengoptimalkan fungsi dari suatu benda.

Berikut adalah life hacks yang happy people bisa terapkan di rumah untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah kehidupan sehari-hari. Keep reading ☺

Menghemat belanja harian dengan memanfaatkan bonggol bawang daun

Coba perhatikan ketika happy people membeli bawang daun di tukang sayur keliling atau di pasar, sudah barang pasti bawang daun dijual dengan bonggolnya (bagian batang putih dan akar) dan sayangnya lagi bonggol bawang daun tersebut jarang digunakan ke dalam masakan yang akhirnya dibuang, biasanya yang dipakai hanya daun hijaunya saja.

Dari pada terbuang percuma, bonggol bawang daun dapat ditanam kembali dengan mudah lho, caranya cukup sederhana, yaitu :
  • Siapkan botol bekas, atau wadah yang lainnya yang ada di rumah.
  • Air dan bonggol bawang daun.
Caranya: potong bagian bonggol (harus disertai akar) masukan ke dalam wadah dan isi air sekitar 75% wadah, tunggu beberapa hari dan hasilnya siap dipakai.

Untuk hari-hari pertama akan tampak layu namun happy people tidak perlu khawatir itu adalah hal yang normal karena ada proses penyembuhan jaringan tanaman. Tunggu lebih lama lagi maka daun bawang baru akan muncul dan siap digunakan.

Tips khusus dari mimin, simpan tanaman ini ditempat aman yang jauh dari jangkauan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab :D tangan hewan misalnya. Mimin sempat berhasil menanam kembali bonggol daun bawang ini tetapi ketika mimin mau pakai eh sudah dirusak sama kucing kecil. Metode ini bisa diterapkan juga pada sayuran kangkung dan mimin sudah coba.

Ini punya mimin yang baru 

Life Hack Memanfaatkan Barang yang Ada di Rumah

Life Hack Memanfaatkan Barang yang Ada di Rumah


Tanaman hias kesayangan layu?

Jika tanaman hias layu maka fungsi estetikanya berkurang bukan? Cara mudah untuk mengembalikan kesegarannya adalah menyiram tanaman tersebut dengan menggunakan air yang mengandung zat besi.

Bagaimana cara mendapatkan zat besi dengan nol rupiah? Caranya sangat mudah!

Siapkan botol plastik bekas dan beberapa paku yang sudah berkarat.

Isi botol bekas dengan air dan masukan paku berkarat ke dalamnya, diamkan beberapa saat sampai airnya berubah menjadi keruh, kocok agar karat dalam paku bercampur dengan air.

Lubangi tutup botol dan siramkan air campuran paku berkarat tersebut ke tanaman yang layu (siramkan air ke tanahnya). Lakukan secara teratur dan lihat hasilnya dalam beberapa waktu. Life hacks ini dianggap efektif karena zat besi yang terdapat di dalam karat dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tanah.

Merasa sayang saat membuang susu basi?

Jika happy people menemukan susu yang sudah basi di dalam kulkas, jangan dibuang dulu ya.

Manfaatkan susu basi untuk dibuat menjadi pupuk alami. Caranya:

Siapkan susu basi dan tanah secukupnya, masukan kedua bahan tersebut ke dalam wadah dan aduk sampai rata. Simpan beberapa genggam campuran susu basi dan tanah di atas tanah yang berisi tanaman. Life hacks ini dapat memenuhi kandungan kalsium dalam tanah yang bersumber dari susu basi tadi.


Suka buah nanas? Yuk tanam!

Buah nanas mempunyai rasa yang segar manis dan memiliki kadar air yang tinggi. Rasanya sangat sayang untuk dilewatkan ya.

Mimin sarankan jika happy people hendak membeli buah nanas, belilah buah nanas yang masih memiliki daun di bagian atasnya. Daun ini dapat ditanam kembali dan mengahasilkan buah nanas!. Caranya:

Ambil seluruh bagian daun buah nanas secara utuh dengan cara memutar sekumpulan daun buah nanas, maka nanti akan terlihat bagian kuning di bawahnya.

Siapkan tanah di dalam pot atau bisa juga langsung di tanam di lahan. Tinggal tanam saja dan tunggu hasil ;) jangan lupa disiram ya.


Ingin makan toge tapi kehabisan stok terus?

Jika happy people mempunyai stok kacang hijau di rumah maka jangan khawatir. Kita bisa membuat toge di rumah dengan cara sederhana, poin plusnya kita bisa mengatur porsi toge yang akan kita buat sesuai kebutuhan, jadi tidak akan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Selain itu kita hanya mengeluarkan satu anggaran saja yaitu hanya dengan membeli kacang hijau. Caranya:

Siapkan gelas atau toples kaca, masukan segengam kacang hijau dan isi dengan air sebanyak 75% dari gelas atau toples kaca.

Tutup gelas atau toples kaca dengan menggunakan kain kasa yang dikuatkan dengan karet di leher toplesnya.

Untuk medianya, tidak wajib menggunakan bahan kaca, bahan plastikpun bisa.

Tunggu kacang hijau agar menjadi toge selama 2 hari dan toge homemade siap digunakan.


Jangan buang biji lemon dan cangkang telur!

Telur adalah salah satu bahan pangan yang hampir dikonsumsi setiap hari, biasanya cangkang telur dibuang begitu saja. Tapi kali ini jangan ya happy people, dan jika happy people kebetulan punya buah lemon jangan dibuang juga bijinya. Kita akan menanan lemon! Caranya:

Siapkan cangkang telur yang sudah diisi tanah dan masukan 1 biji lemon (1 cangkang telur untuk 1 biji lemon), jangan lupa disemprot dengan air.

Diamkan biji lemon di dalam cangkang telur selama 2 minggu, setelah 2 minggu pindahkan ke dalam pot atau lahan yang lebih luas beserta cangkang telurnya. Tetap rawat tanamanya ☺


Sedih ketika bunga mawar dari kekasih layu? Begini cara mengawetkannya!

Siapa yang pernah dikasih sekuntum mawar merah? Hihihi. Romantis tapi kadang berujung menyedihkan ya, karena akan berujung layu dan akhirnya dibuang ☹

Tapi tenang, kali ini mimin punya hack nya! Caranya:

  • Siapkan 1 potong lidah buaya ukuran sedang (ujung atas bawah lidah buaya dipotong)
  • Potong tangkai bagian bawah bunga mawar dengan ukuran secukupnya dan tancapkan ke lidah buaya.
  • Siapkan pot yang sudah diisi tanah, tanam lidah buaya yang sudah tertancap batang dan jangan lupa untuk disiram. Tunggu beberapa waktu dan lihat hasilnya yang mengagumkan ☺

Membuat pestisida dari bahan dapur!

Sudah cape-cape bertanam eh tanamannya dimakan ulat? Ingin mengusir ulatnya satu-satu tapi geli :D

Mimin sudah siapkan caranya di bawah ini :
  • Iris 8 siung bawang putih dan 5 siung bawang merah lalu simpan ke dalam wadah.
  • Tambahkan 2 SDM bubuk cabe, 1 SDM sabun cair, dan 1 gelas air lalu aduk smapai rata.
  • Diamkan selama 24 jam.
  • Setelah 24 jam, masukan pestisida buatan tersebut ke dalam botol spray, dan siap digunakan!
*SDM = Sendok Makan

Sampah dapur masih bisa dipakai!

Bingung melihat sampah dapur bekas sayuran dan buah-buahan menumpuk beitu saja?

Atau sudah ditaruh di lahan tapi malah menganggu setetika karena terlihat membusuk tapi sulit terurai?

Yuk bergerak!

Masukan sampah dapur ke dalam blender dan buat mereka sampai halus, setelah halus simpan di atas tanah yang sudah berisikan tanaman atau ditimbun di dalam tanah agar tanahnya subur ;)

Ingin memperbanyak lidah buaya?

Lidah buaya bisa digunakan untuk skincare, hair care bahkan body care! Minta di tetangga terus malu kan ya hihi.

Kali ini boleh deh meminta untuk terakhir kalinya, kedepannya kita punya tanamannya sendiri. Caranya:
  • Potong lidah buaya menjadi beberapa bagian dengan ukuran kurang lebih 7 cm,
  • Tanam lidah buaya yang sudah dipotong ke dalam pot yang sudah diisi tanah lalu siram.
  • Tunggu beebrapa waktu dan lihat hasilnya, akan ada akar yang tumbuh di bagian bawah lidah buaya.


Kuku kotor setelah bertanam ☹

Siapkan sabun batang kering lalu kerukan kuku yang kotor tadi ke sabun batang dan biarkan mengering, lalu cuci kukunya ☺

Voilaaa bersih lagi deh.


Nah itu dia beberapa life hacks yang hendak mimin bagikan ke happy people.

Semoga bermanfaat 

Belum ada Komentar untuk "Life Hack Memanfaatkan Barang yang Ada dan Tidak Terpakai di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel