Recent Posts

Enam Cara Melancarkan Susah Buang Air Besar

Enam Cara Melancarkan Susah Buang Air Besar
source: shutterstock

Hello happy people, adakah disini yang megalami sembelit ? Tentunya hal tersebut sangat mengganggu karena bisa membuat perut kita kembung bahkan nyeri jika kita tidak mengatasi permasalah tersebut. hal ini sudahlah umum apalagi ketika kita sedang menjalani ibadah puasa karena bisa disebabkan oleh makanan dan juga kurangnya asupan mineral air yang dibutuhkan tubuh sehingga menyebabkan sembelit
Ada beberapa cara alami yang dapat membantu meringanakan sembelit, berikut mimin akan jelaskan beberapa langkah alami dalam mengatasi sembelit yang mengganggu, simak langkahnya di bawah ini yah

Jaga tubuh tetap terhidrasi

Jangan lupa untuk minum sesuai dengan anjuran 2 liter perhari, jadi walaupun sedang berpuasa kita harus tetap memenuhi asupan mineral dalam tubuh. Karena jika tubuh mengalami Dehidrasi secara teratur dapat menyebabkan sembelit. Untuk mencegah hal ini, maka dari itu penting untuk minum air yang cukup agar tetap terhidrasi.
Atau kalian bisa coba dengan meminum minuman berkarbonasi atau minuman soda untuk mengatasi sembelit ini. Karena dengan minum air berkarbonasi dapat membantu tubuh terhidrasi. Beberapa penelitian mengatakan air soda lebih efektif daripada air mineral untuk menghilangkan sembelit. Ini termasuk orang dengan sembelit idiopatik kronis atau sindrom iritasi usus besar. Namun, bukan sembarang minuman soda yah, apalagi minuman soda bergula itu malah membuat sembelit menjadi lebih parah.

Konsumsi serat larut dan tidak larut

Yah makanan mengandung serat dianjurkan untuk orang yang mengalami sembelit. Karena bisa meningkatkan jumlah konsistensi pergerakan usus dan membuat makanan lebih mudah untuk dilewati.
Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa peningkatan asupan serat justru dapat memperburuk masalah, nah loh ko bisa?

Begini penjelasannya walaupun serat makanan dapat meningkatkan frekuensi buang air besar, tapi itu tidak membantu mengatasi gejala sembelit.
Hal ini karena ada beberapa jenis serat , namun secara umum serat dapat di bagi dalam dua kategori yaitu serat tidak larut dan serat larut.

  • Serat tidak larut: dapat ditemukan dalam tepung gandum, kacang-kacangan, kacang polong, Kembang kolesterol,kacang hijau, Kentang dengan kulitnya. Mereka menambahkan banyak ke feses dan dianggap membantu mereka lewat lebih cepat dan mudah melalui sistem pencernaan.
  • Serat larut: dapat ditemukan dalam Alpukat ,Ubi jalar, Brokoli, Lobak, Pir, Kacang merah, Wortel, Apel, Jambu biji, Biji bunga matahari, Oat. Mereka menyerap air dan membentuk pasta seperti gel, yang melunakkan feses Anda dan meningkatkan konsistensi.

Studi yang meneliti efek serat tidak larut sebagai pengobatan untuk sembelit tidak meyakinkan 
Ini karena serat yang tidak larut dapat memperburuk masalah pada beberapa orang dengan masalah usus fungsional, seperti IBS atau sembelit idiopatik kronis
Beberapa serat larut yang dapat difermentasi juga mungkin tidak efektif untuk mengobati sembelit, karena mereka difermentasi oleh bakteri dalam usus dan kehilangan kapasitas penampung airnya.
Untuk mencegah sembelit, kalian bisa mengkombinasikan campuran serat yang larut dan tidak larut. Total asupan serat yang direkomendasikan per hari adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

Berolahraga

Dari beberapa studi penelitian menyatakan bahwa dengan berolahraga dapat mengurangi gejala sembelit secara signifikan, maka dari itu rajinlah berolahraga atau untuk yang sudah tidak kuat secara fisik, bisa dimulai dengan jalan-jalan biasa untuk membantu proses penyembuhan sembelit yang diderita


Minum kopi, terutama kopi berkafein

Pernahkah kalian merasa mules setelah usai meminum kopi ? yah karena faktanya sebuah penelitian menemukan bahwa kopi berkafein dapat menstimulasi usus Anda dengan cara yang sama seperti saat makan. Efek ini 60% lebih kuat dari air minum dan 23% lebih kuat dari minum kopi tanpa kafein (38). Kopi juga mengandung sedikit serat larut yang membantu mencegah sembelit dengan meningkatkan keseimbangan bakteri usus Anda.


Makan makanan prebiotik

Serat makanan meningkatkan konsistensi feses, yang keduanya dapat meningkatkan frekuensi buang air besar. Beberapa serat yang dapat membantu mengobati sembelit kronis adalah tergantung pada kesehatan pencernaan Anda. Serat prebiotik membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan memberi makan bakteri baik di usus Anda. Ini dapat meningkatkan keseimbangan bakteri usus.
Faktanya, prebiotik seperti galacto-oligosaccharides telah terbukti membantu meningkatkan frekuensi buang air besar, serta membuat feses menjadi lebih lembut. Makanan yang tinggi serat prebiotik termasuk bawang putih, bawang, dan pisang.


Hindari Susu

Dalam beberapa kasus, produk susu dapat memicu sembelit karena dapat memperlambat pergerakan usus. Anak-anak yang tidak cocok dengan protein susu sapi dan orang dewasa dengan intoleransi laktosa dapat mengalami sembelit.
Jika kalian salah satu yang tidak cocok dengan susu, maka kalian harus menghindari konsumsi susu. Lalu bagaimana kita memenuhi asupan kandungan gizi pada susu untuk tubuh? Kita bisa menyiasati dengan mengganti produk susu dengan makanan kaya kalsium lainnya.

Nah itulah beberapa makanan yang bisa membantu mengatasi sembelit, bisa kalian coba sendiri di rumah, semoga informasi ini bermanfaat, dan juga jika bermanfaat bisa share informasi ini untuk membantu rekan lainnya yang sedang mengalami sembelit. 

Belum ada Komentar untuk "Enam Cara Melancarkan Susah Buang Air Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel