Recent Posts

Tips Mengontrol Berat Badan dan Tetap Sehat Selama Karantina

Tips Mengontrol Berat Badan dan Tetap Sehat Selama Karantina
source: pixabay

Halo happy people, selama di rumah aja sudah naik berapa kilo nih? Ada yang kurusan? Hehe.

Kalau dilihat dari meme selama masa di rumah aja berat badannya pada naik dan berujung dengan penyesalan. Karena godaan makan banyak dan faktor kurang bergerak mendorong berat badan kita cenderung naik saat di rumah aja.

Disini mimin akan berbagi tips tetap langsing sehat meskipun di rumah aja. Tips ini mimin dapatkan dari chanel you tubenya dr. Clarin Hayes yang akan mimin share untuk happy people. 

Sebelum intronya terlalu panjang, mari kita simak tips-tipsnya.

Tips yang pertama, bangun pagi dan tidak tidur terlalu malam. Dengan bangun lebih pagi maka badan akan menjadi lebih segar karena badan mempunyai siklus sirkadian dan alangkah baiknya kita tidak mengacaukan siklus tersebut dengan cara bangun pagi dan tidak tidur terlalu malam. 
Apakah happy people pernah merasakan lemas dan cenderuh gelisah saat bangun siang? Kalau mimin sih begitu. Apakah happy people pernah merasakan lapar dan ingin memakan sesuatu saat begadang? Pernah dong ya. Dengan tidak tidur terlalu malam maka kita akan terhindar dari rasa ingin memakan sesuatu atau ngemil ini dengan begitu berat badan kita akan terkontrol atau bahkan turun. 


Tips yang kedua adalah tetap sarapan. Sarapan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan di pagi hari karena sarapan memberikan energi yang menentukan metabolisme kita sepanjang hari. Berhubung selama kita tidur kurang lebih 8 atau 10 jam dan tidak ada makanan apapun yang masuk selama kita tidur maka gula darah akan turun. Dengan demikian untuk mengganti gula darah yang turun kita perlu mengganti energi dengan cara sarapan. 

Jika happy people melewatkan sarapan, maka badan akan terasa lemas dan keinginan untuk memakan sesuatu akan lebih banyak lagi. Hal tersebut disebabkan karena badan kita tidak mendapatkan apa yang dibutuhkan, dalam hal ini adalah sarapan. 

Jika kita lemewatkan sarapan tubuh akan merespon bahwa dia kekurangan asupan makanan, dan sekalinya ada makanan yang masuk maka tubuh akan menyimpannya dan dianggap sebagai cadangan makanan yang akan dimasukan ke lemak dan gula otot. Pada akhirnya energi ini tetap ditimbun dan tidak digunakan yang berujung si pemilik tubuh akan cenderung memakan sesuatu lebih banyak sepanjang hari. Tentu hal ini akan menyebabkan berat badan bertambah.

Jika happy people terbangun disaat jam-jam tanggung, ingin sarapan sudah terlalu siang dan ingin makan siaang masih terlalu pagi caranya adalah dengan meminum susu atau sereal atau bisa dengan meminum produk susu yang bersereal. 

Tips yang ketiga yaitu olahraga. Meskipun di rumah aja olahraga tetap perlu dilakukan, karena selama kita di rumah aja kalori dan lemak masih tetap masuk yang digunakan untuk keperluan aktivitas sehari-hari dan sisanya harus dibuang agar kalori dan lemak tidak mengendap terlalu banyak di dalam tubuh. 


Tips yang keempat, yaitu kurangi makan malam. Jika happy people sedang dalam kondisi sehat maka kurangi porsi makan malamnya. DIKURANGI, bukan TIDAK makan malam sama sekali. Karena meskipun kita tidur yang berarti tubuh kita tidak melakukan apapun tetapi kita masih bernafas, sedangkan kegiatan bernafas memelukan kalori atau tenaga ☺ . Jika happy people merasa sedang tidak fit, maka porsi makannya harus ditambah dengan memakan makanan yang baik sesuai pedomen gizi seimbang.


Ada juga yang mengatakan bahwa saat makan malam karbohidrat adalah tidak perlu, maka yang dimakan adalah protein seperti daging-dagingan, buah dan sayuran saja. 

Tips yang kelima, minum air putih yang cukup. Apakah happy people pernah merasakan ingin memakan sesuatu bukan di jam makan? Ternyata tubuh suka salah mengartikan antara lapar dan haus, ketika happy people merasa ingin memakan sesuatu bukan pada jam makan, coba saja minum air putih dan rasakan bedanya. Kalau merasa kenyang setelah minum air putih maka tubuh sedang butuh air atau sedang haus, bukan membutuhkan makanan. 

Meminum air putih setengah jam sebelum makan pun dapat mengurangi nafsu makan lho, jadi cocok untuk menjaga atau menurunkan berat badan. 

*Pendapat mimin selain meminum air putih untuk mengatasi rasa ingin memakan sesuatu bukan pada jam makan, boleh juga konsumsi teh atau ramuan-ramuan herbal yang terpenting adalah berkalori sangat rendah atau bahkan nol kalori (karena air putih adalah minuman yang nol kalori). 


Source: youtube

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengontrol Berat Badan dan Tetap Sehat Selama Karantina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel