Recent Posts

Tips Anti Bosan Saat di Rumah

Tips Anti Bosan Saat di Rumah
source : shutterstock

Halo happy people, sudah berapa hari ya kita menjalani masa karantina ini? Bosan sudah barang pasti karena tidak bisa pergi kemana-mana sesuka hati. Tetapi bahagia saat kondisi seperti ini tetap wajib lho happy people. Ada beberapa hal selain tips kemarin yang sudah mimin buat yang dapat dilakukan happy people agar tetap bahagia meskipun di rumah saja! 


Tips kali ini mimin dapatkan dari you tubenya dr. Claryn Hayes, beliau mengatakan bahwa tubuh kita memiliki beberapa hormon yang dapat membuat kita bahagia, diantaranya adalah dopamine, endorfin dan serotonin. Jadi sebetulnya tubuh kita sudah memiliki fasilitas untuk membuat si pemiliknya merasa bahagia, tinggal bagaimana cara kita untuk memfungsikan atau memaksimalkan fungsi hormon-hormon yang dapat memebuat kira bahagia dan mood selalu bagus meskipun di rumah saja? Simak tips-tipsnya berikut ini:


Yang pertama, mengkonsumsi buah dan sayur sesuai dengan aturan gizi seimbang. Kenapa kita harus mengkonsumsi buah dan sayur agar dapat membuat kita bahagia dan mood selalu bagus? Karena lebih dari 90% sirotonin (salah satu hormon bahagia yang sudah disinggung di atas) dihasilkan di pencernaan. Mikro biota terbesar terdapat di dalam usus. Sistem pencernaan kita mengandung banyak sekali jenis bakteri yang dapat mendukung cara kerja tubuh kita. Jikalau kita ingin mendukung sistem pencernaan kita untuk mengahsilkan sirotonin yang cukup, maka hal yang harus kita lakukan adalah menjaga lingkungan pencernaan tersebut agar tetap sehat salah satunya yaitu dengan mengkonsumi makanan yang seimbang. Berhubungan mikro biota usus ini sangat memerlukan serat makanan yang tinggi serat, maka solusinya adalah menjaga makanan kita dengan mengkonsumsi buah dan sayur.

Yang kedua, mengembangkan hobi. Jikalau dulu happy people merasa kurang punya waktu cukup untuk mengembangkan hobi, maka sekaranglah saatnya untuk mengembangkan hobi. Karena waktu yang panjang tentu akan mencukupi waktu untuk mengembangkan hobi tersebut. Selain mengembangkan hobi, disarankan untuk membuat target pencapaian, contohnya dikala happy people mempunyai tugas sekolah, tugas kuliah atau tugas kantor, coba untuk diselesaikan dengan baik. Karena dengan terselesaikannya tugas maka kita akan merasa bahagia, lega dan puas. Rasa senang telah menyelesaikan tugas dapat memunculkan dopamine (salah satu hormon bahagia yang sudah disinggung di atas) di otak kita. Jangan mentang-mentang belajar dan bekerja di rumah jadi bermalas-malasan, ya.

Yang ketiga, berjemur. dr. Claryn Hayes mengatakan bahwa menurut penelitian berjemur di bawah sinar matahari dapat meningkatkan hormon sirotonin ( salah satu hormon bahagia yang sudah disinggung di atas) dalam tubuh kita. Penelitian lain mengatakan bahwa sinar matahari dapat menurunkan resiko terjadinya depresi. Selain itu, sinar matahari pun memiliki banyak manfaat


Yang keempat, menonton film. Menonton film dapat memengaruhi mood kita. Saran dari mimin tontonlah film yang positif dan dapat membuat kita bahagia.

Yang kelima, olahraga. Saat berolahraga maka tubuh kita akan mengeluarkan endorfin yang dapat memicu rasa positif. Selain akan meningkatkan hormin-hormon tubuh yang dapat membuat kita bahagia, tips kelima dan tips pertama dapat menjaga berat badan kita lho. Jadi tidak khawtir lagi dengan berat bdan yang melar. 


Itulah tips-tips agar tetap bahagia meskipun di rumah saja yang mimin dapatkan dari you tubenya dr. Claryn hayes, semoga bermanfaat bagi happy people ☺ 

Belum ada Komentar untuk "Tips Anti Bosan Saat di Rumah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel