Recent Posts

Mengatasi Kulit Kusam Pada Wajah || Padahal Cuman di Rumah Aja Tapi Tetap Kusam

Mengatasi Kulit Kusam Pada Wajah || Padahal Cuman di Rumah Aja Tapi Tetap Kusam
source: shutterstock

Halo happy people, pernah merasakan “stay di rumah tapi kulit kok kusam?” “Seharusnya stay di rumah kulit semakin bersih karena tidak terkena polusi”.Untuk menjawab pertanyaan tersebut mimin akan berbagi informasi mengapa kulit bisa kusam meskipun di rumah aja dan cara mudah untuk mengatasinya.

Kulit merupakan bagian tubuh terluar yang melapisi seluruh bagian tubuh kita yang ada di dalamnya. Oleh karena itu kesehatan kulit harus dijaga dengan baik, dengan kata lain kulit merupakan salah satu aset berharga yang harus dijaga dengan baik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan guna mempertahankan kecerahan kulit meskipun di rumah aja, apa saja? 

Berikut adalah alasan kulit kusam meskipun di rumah aja dan cara mudah untuk mengatasinya: 

Sel kulit mati yang tidak terangkat

Jutaan sel kulit mati diproduksi setiap harinya, jika jutaan kulit mati ini tidak dibuang maka akan menyebabkan kekusaman pada kulit meskipun secara alami kulit mati tersebut akan terbuang dengan sendirinya tetapi alangkah baiknya pembuangan atau pelepasan sel kulit mati pada kulit dibantu dengan melakukan eksfoliasi atau usaha untuk membuang kulit mati dengan sebuah bantuan. Bantuan tersebut bisa dengan fisik atau kimia.

Bantuan fisik atau lebih popular dengan physical exfoliation merupakan usaha untuk membuang kulit mati dengan bantuan alat seperti lulur wajah, lulur wajah bisa berbagai merk namun jika happy people ingin membuat lulur wajah sendiri bisa cek cara dan bahannya disini Cara Membuat Masker Beras dan Kunyit Untuk Perawatan kulit. mimin sudah buat artikel tersebut jauh-jauh hari. 

Selain lulur wajah bisa juga memakai spons khusus untuk mencuci muka, atau juga sikat wajah. Sedangkan eksfoliasi dengan bantuan kimia atau lebih popular dengan istilah chemical exfoliation adalah cara membuang sel kulit mati dengan bantuan zat-zat kimia seperti AHA dan BHA, zat kimia golongan ini mampu untuk mempermudah pelepasan sel kulit mati yang jumlahnya jutaan setiap harinya. 

Biasanya bentuknya cair atau cream. Lakukan eksfoliasi sebanyak yang diperlukan, namun sebaiknya lakukan eksfoliasi 1 sampai 2 kali seminggu. Tidak disarankan untuk terlalu sering melakukan eksfoliasi karena dikhawatirkan akan membuat kulit menjadi iritasi. Tips dari mimin, saat menggunakan lulur wajah atau alat bantu eksfoliasi fisik lainnya gunakan dengan pelan dan dengan gerakan memutar agar hasilnya maksimal. 

Kulit yang tidak terhidrasi

Mencukupi kebutuhan air tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, mencukupi kebutuhan air dengan cara minum air delapan gelas sehari dapat membuat kulit cerah juga lho. Alasannya, kulit yang terhidrasi akan memantulkan cahaya yang akan membuat efek kulit lebih bersinar. 

Coba deh happy people bayangkan, jika kita kekurangan air maka kulit akan kering dan keriput, kondisi kulit yang kering atau bahkan keriput sulit untuk memancarkan cahaya sehingga akan terlihat kusam. Berbeda dengan kulit yang terhidrasi dengan air, kulit akan lebih kenyal dan berisi sehingga mudah untuk merefleskikan cahaya.


Tidak menggunakan skincare 

Meskipun happy people berada di rumah berhari-hari bukan berarti penggunaan skincare diberhentikan ya happy people. Selama di rumah kulit tetap hidup dan tetap membutuhkan nutrisi layaknya kita yang setiap hari membutuhkan makanan. 

Oleh karena itu tetap gunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit ya. Tips dari mimin, jangan mudah teracuni oleh orang lain untuk masalah skincare karena skincare yang cocok di teman kita belum tentu cocok di kulit kita, dan kondisi kulit dipercaya tidak akan sama selama hidup kita tergantung kondisi lingkungan. 

Bisa jadi saat happy people berusia 15 tahun memiliki kulit berminyak dan saat usia 25 tahun kondisi kulitnya berubah menjadi normal. Begitu pun dengan warna kulit wajah kita, mimin mengalami hal tersebut lho. Satu tahun yang lalu warna kulit mimin cerah kuning sedangkan sekarang lebih gelap glowing kehijau-hijauan. Aneh memang sampai mimin juga bingung pakai foundation warna apa huhuhu. Ada saran? Tulis di kolom komentar ya. 


SUNBLOCK

Kenapa mimin kasih huruf kapital semua di poin keempat? Karena mimin punya pengalaman sendiri tentang sunblock, boleh ya cerita sedikit. Jadi dulu waktu mimin SMA sudah pakai skincare rutin dan lengkap merk Sari*yu, mulai dari milk cleanser sampai ke perintilan yang lainnya punya, dan anehnya kok kulit mimin tetap kusam meskipun sudah pakai skincare rutin dengan merk terpercaya meskipun tidak mahal :D setiap terkena sinar matahari langsung gosong dan susah hilangnya.

Waktu pun berjalan begitu saja hingga mimin kuliah semester dua pun belum tahu bahwa kulit gosong mimin disebabkan karena mimin tidak pakai SUNBLOCK. Waktu berjalan dan mimin pun menemukan jawabannya bahwa SUNBLOCK adalah WAJIB di lingkungan skincare, meskipun di rumah aja atau lagi hujan apa lagi ke luar ruangan yang jelas langsung terpapar sinar matahari SUNBLOCK adalah wajib happy people. Semenjak mimin tahu kalau SUNBLOCK adalah wajib kulit mimin tidak mudah gosong lagi jika terkena matahari dan efek dari skincare terlihat lebih nyata.

Bagaimana cara kerja SUNBLOCK? Produk ini bekerja untuk memantulkan cahaya matahari yang dapat membuat kulit kusam (UVA dan UVB), jadi efek buruk dari sinar matahari tidak mengenai kulit kita yang kena hanya manfaat baiknya saja ☺ 

Seperti itu pengalaman mimin mengenai SUNBLOCK, mudah-mudahan tidak ada yang seperti mimin ya. Hehehe

Bagaimana happy people? Sekarang sudah tahu kan penyebab kulit kusam meski di rumah saja dan cara mudah untuk mengatasinya? Jangan lupa untuk di praktikan dan di share informasinya ke teman-teman ya.


Referensi : Youtube Clarin Hayes

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Kulit Kusam Pada Wajah || Padahal Cuman di Rumah Aja Tapi Tetap Kusam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel