Recent Posts

Pernahkah Kalian Lelah, Walau Hanya Rebahan (Kenapa ?)

Pernahkah Kalian Lelah, Walau Hanya Rebahan (Kenapa ?)
source: Shutterstock

Hello happy people, masih dalam posisi rebahan kan semuanya .. social distancing ini mewajibkan kita untuk di rumah aja, sehingga akhirnya kita memilih jalan rebahan untuk mengisinya hehe. Tapi pernahkah kalian merasa badan terasa lemas, lelah, kaku , kurang bergairah, bahkan rasanya kehilangan motivasi , padahal yang kita lakukan hanya rebahan dirumah ? padahal rebahan is my way begitu kata anak rebahan. 

Nah disini mimin bakal bahas kenapa rebahan bisa membuat tubuh menjadi capek, lelah, lunglai, padahal tidak ada aktifitas yang kita kerjakan sama sekali. Ada yang tahu mengapa hal itu terjadi ? 

Menurut studi kesehatan ketika tubuh kurang melakukan aktifitas fisik dalam artian tubuh selalu dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama atau biasa dikenal dengan posisi rebahan santai-santai maka kemampuan tubuh dalam mengambil oksigen akan menurun sehingga kalian akan merasakan energy menurun bahkan motivasi kalian juga secara psikologi akan menurun. Dan juga kurangnya stimulasi gerak dan oksigen masuk ke darah menyebabkan tubuh merasakan peningkatan rasa lelah. 

Maka dari itu, rebahan memang dibutuhkan tapi bukan dengan menghabiskan seluruh waktu dengan rebahan. Banyak kegiatan positif dalam menjalani masa karantina ini bukan dengan hanya dihabiskan dengan rebahan, tapi kita bisa meanfaatkan waktu untuk bisa lebih produktif, yang awalnya jarang olahraga, bisa gunakan waktunya untuk berolahraga, yang dulunya ga ada waktu buat mempelajari sesuatu seperti skill akademik, memasak, berkebun, marketing, bisa kalian garap pada masa libur ini. Atau kalian yang tidak punya waktu bersama keluarga, moment wfh ini bisa kalian habiskan dengan bermain bersama anak, belajar hal baru dengan anak, lebih dekat dengan anak. Karena tubuh membutuhkan serotonin, dan untuk meningkatkan kadar serotonin ini yaitu dengan melakukan aktifitas fisik sehari-hari. 

Dan juga selalu pastikan asupan makanan yang baik selama proses karantina mandiri ini yah, karena dalam menaghadapi wabah ini kita membutuhkan imunitas yang baik, jangan sampai karena kita terlalu lama diam dirumah, menghabiskan aktifitas di rumah hanya dengan rebahan, menyebabkan tubuh menjadi lelah bahkan imunitas menurun, bukannya wfh menjadi hal baik malah menjadi boomerang untuk kalian. 

Jadi ingat yah rebahan itu memang penting, tapi tetap harus di imbangi dengan kegiatan fisik, ingat lagi ambilah hikmah dari wabah saat ini, manfaatkan kebijakan pemerintah untuk diam di rumah sebagai tempat untuk kalian memperbaiki dan menigkatkan, kualitas diri, dan mempererat hubungan yang lebih baik dengan menghabiskan quality time bersama keluarga.

Baca juga : Tips Anti Bosan Saat di Rumah

Source: indozone.id

Belum ada Komentar untuk "Pernahkah Kalian Lelah, Walau Hanya Rebahan (Kenapa ?)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel