Recent Posts

Cara Menikmati Kurma Sesuai Anjuran Dosis Kesehatan

Cara Menikmati Kurma Sesuai Anjuran Dosis Kesehatan
source : shutterstock

Hello happy people, Ramadhan bentar lagi tiba . . untuk yang beragama islam tentu bulan Ramadhan ini sangat dinantikan. Termasuk mimin sendiri sangat rindu dengan suasana Ramadhan ini, mulai dari kegiatan sahurnya, ngabuburit, buka puasa, dan solat tarawih berjamaahnya, apalagi kadang bulan Ramadhan ini dijadikan moment untuk reuni Buka bersama dengan kawan-kawan lama, sehingga kita bisa bernostalgia temu kangen bersama mereka. Tapi untuk Ramadhan kali ini kita harus bisa bersabar karena pada masa wabah ini kita harus mengurangi aktifitas kita, menghindari kegiatan berkerumun demi kebaikan, aga wabah ini segera berakhir, jadi tetap semangat yah menyambut Bulan Suci Ramadhan dalam kondisi apapun.

Berbicara soal Ramadhan ada buah asal timur tengah yang selalu menemani kita disaat buka dan sahur, udah bisa nebak ? yah kurma, buah yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh, dan memiliki serat yang tidak larut sempurna, serat ini dapat membentu melancarkan pencernaan. Buah kurma juga kaya dengan fenolat total dan antioksidan alami, seperti anthocyanin, asam ferulat, asam protocatechuic, dan asam caffeic. Keberadaan senyawa polifenol ini dapat membantu dalam pengobatan penyakit Alzheimer.

Tapi ada cara yang baik dalam memaksimalkan khasiat kurma pada tubuh, yaitu batasan konsumsi kurma yang akan kita makan. Pernahkah kalian dengar bahwa baiknya mengkonsumsi kurma dalam bilangan ganjil ? sebenarnya itu betul atau tidak, disini mimin bakal bahas fakta mengenai hal tersebut langsung aja yah

Berapa biji buah kurma yang baik untuk kita konsumsi ?

Dr Zaidul menyampaikan bahwa jika berlebihan mengkonsumsi kurma baiknya tidak lebih dari 7 butir, karena jika kita berlebihan tubuh hanya akan menghasilkan gula dalam darah dan potassium tanpa memberi banyak energi. Dan menariknya kajian dokter ini senada dengan sunah Rosullullah SAW yang menganjurkan mengonsumsi kurma dalam bilangan ganjil, seperti 1,3,5, sampai 7 buah.

Hal ini menjadi menarik, ketika kita mengonsumsi kurma ini dalam jumlah ganjil, maka tubuh bisa mengubahnya menjadi karbohidrat. Sehingga menambah energi dalam tubuh dan mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa.

Lalu bagaimana dengan penderita diabetes dan memiliki masalah dengan ginjal? Karena kurma ini memiliki kandungan gula maka tidak dianjurkan untuk mereka kecuali dengan jumlah yang sangat sedikit

Jadi di ingat yah, kurma memang memiliki manfaat untuk tubuh, tapi bukan dengan cara dikonsumsi secara berlebihan, makanlah kurma sesuai dengan anjuran sunah, dan juga ketika kita sahur dan buka dimulai dengan memakan kurma maka kita dapat menekan hawa lapar karena rasa manis dari kurma, sehingga nafsu makan kita akan terkontrol dan tidak makan berlebih seperti orang kelaparan. 

Itu saja untuk kali ini selamat menyambut bulan suci Ramadhan untuk semuanya, Marhaban Ya Ramadhan 
source : detik health , tagar.id

Belum ada Komentar untuk "Cara Menikmati Kurma Sesuai Anjuran Dosis Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel