Recent Posts

Aktivitas Janin Dalam Kandungan dan Cara Terbaik Meresponnya

Aktivitas Janin Dalam Kandungan dan Cara Terbaik Meresponnya
source: shutterstock

Halo happy people, yang pernah atau sedang merasakan mengandung pasti sudah tahu rasanya jika janin bergerak-gerak di dalam perut kita, geli sudah pasti ya happy people. Hihi

Ternyata janin pun sudah melakukan berbagai aktivitasnya di dalam perut. Mau tahu aktivitas apa saja yang dilakukan janin di dalam perut? Berikut adalah informasinya yang mimin sajikan untuk happy people.

Tidur dan terbangun

Janin beraktivitas layaknya ia baru lahir, bangun, tidur, bergerak, mendengar berbagai suara, membangun pikiran dan ingatan. Namun sekitar 90% kegiatan bayi adalah tidur sepanjang hari. 

Janin mengalami siklus tidur lelap dan bisa bermimpi layaknya orang dewasa, selain itu janin juga bisa tidur ayam yaitu antara terbangun dan tertidur.


Bergerak dan bermain

Janin biasanya pertama kali bergerak pada usia kehamilan 9 minggu dan bayi bergerak sekitar 50 kali dalam satu jam, ia menggerakan bagian tubuhnya seperti kepala, wajah, lengan, menyentuh tangan dan kakinya. 

Selain itu suara ibu dapat membuat janin bergerak karena ia berusaha untuk mencoba mengenal suara ibunya, oleh karena itu disarankan ibu dan ayah meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan janinnya.

Mendengar dan belajar

Janin dapat mendengar dengan baik pada usia trimester ke tiga, namun beberapa penelitian menyatakan bahwa janin dapat mendengar suara-suara secara samar pada usia 20 minggu dan bisa terkejut pada usia 25 minggu. 

Bayi di dalam kandungan mempunyai kemampuan dapat mengenal pola dan intonasi suara secara spesifik meskipun mereka belum bisa mengenali kata-kata tersebut. 

Beberapa penelitian menunjukan bahwa bayi yang telah lahir akan memiliki kenyamanan terhadap sebuah suara yang diulang-ulang saat ia berada di dalam kandungan.

Membuka mata

Pada usia 28 minggu kehamilan janin sudah dapat membuka matanya dan sudah mulai menghindar jika ada cahaya yang membuatnya terasa silau. 

Hal ini terjadi jika sang ibu sedang berada di luar ruangan, namun tidak perlu khawatir karena cahaya tersebut tidak akan membahayakan janin.

Pipis

Janin sudah bisa pipis pada usia trimester pertama. Janin menelan cairan ketuban, mencernanya, lalu cairan tersebut disaring oleh ginjal dan dibuang kembali ke dalam rahim dalam bentuk air pipis. Proses ini terjadi sampai janin dilahirkan. 

Mencicipi makanan malam

Berbagai rasa dari makanan yang dimakan ibu seperti rasa bawang, jahe atau makanan manis dapat merubah rasa air ketuban. 

Para peneliti mempercayai bahwa hal ini merupakan cara alam untuk melatih bayi mengenal berbagai macam rasa. Di akhir usia 15 minggu bayi sudah dapat memunculkan ketertarikannya terhadap rasa manis. 

Terenyum

Pada usia 26 minggu janin sudah dapat tersenyum. Senyuman bayi tidak bisa dirasakan ibu namun bisa dilihat melalui USG. 

Cegukan

Ketika bayi cegukan maka ibu akan merasakan sebuah hentakan keras yang teratur. Beberapa ibu mungkin ada yang merasakannya dan ada yang tidak.

Bernafas

Janin berbafas melalui tali pusar yang berfungsi untuk menghantarkan oksigen yang dibutuhkan janin di dalam kandungan.

Janin akan terus berusaha untuk berlatih bernafas mulai pada usia 9 minggu dan akan terus menyempurnakannya sebagai kemampuan yang wajib dikuasai saat ia lahir nanti.

Menangis

Menagis, sama halnya dengan tersenyum seorang ibu tidak akan merasakan apapun ketika bayi sedang menangis karena hanya bibir bawahya saja yang tampak bergetar, fenomena ini dapat dilihat melalui USG. 

Menangis merupakan sebuah cara untuk berkomunikasi bagi bayi oleh karena itu ia harus melatihnya agar siap untuk berkomunikasi pada saat dilahirkan nanti. 

Nah itu dia beberapa aktivitas yang dilakukan janin di dalam kandungan, jika janin bergerak di dalam kandungan apa yang harus ibu lakukan? Apakah membiarkannya atau melakukan hal-hal tertentu?

Mari kita simak pembahasan selanjutnya, ya.

Ajak ia berbicara

Saat janin sedang bergerak maka jangan dibiarkanya, ini merupakan kesempatan baik untuk mengajak janin berkomunikasi dan mengatakan kepadanya kata-kata positif.

Stimulasi ia dengan sentuhan

Selain mengajaknya berbicara sentuhan pun bermanfaat bagi janin salah satunya yaitu untuk menenangkan janin yang sedang bergerak di dalam kandungan, hal ini bisa dilakukan bersamaan dengan poin pertama lho.

Perdengarkan janin dengan melodi atau ayat suci

Banyak para ibu melakukan hal ini dengan bertujuan agar janin merasa rileks dan dapat meningkatkan kecerdasan otaknya, meskipun belum ada penelitian mengenai melodi atau musik dapat meningkatkan kecerdasan otak janin tetapi setidaknya bayi akan merasa lebih tenang dikarenakan ibu pun merasa tenang disaat mendengarkan musik tertentu. 

Source: hellosehat, theAsianparent, Dunia Bunda, MOOIMOM

Belum ada Komentar untuk "Aktivitas Janin Dalam Kandungan dan Cara Terbaik Meresponnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel