Recent Posts

Penyebab Perut Gatal Saat Hamil dan Cara Mengatasinya (Terampuh)

Penyebab Perut Gatal Saat Hamil dan Cara Mengatasinya (Terampuh)
source :shutterstock

Hallo happy people, wanita hamil hampir dapat kita jumpai dimana pun, ya. Kalau dekat dengan mereka pasti deh salah satunya ada yang mengeluh mengenai perut yang gatal saat hamil. Lho kok bisa ya? Meski tak semua ibu hamil merasakan hal ini tetapi hal ini normal saja kok. Meskipun begitu tetap saja perut gatal saat hamil mejadi hal yang kurang nyaman bagi para bumil.

kira-kira apa ya penyebab perut gatal saat hamil? Berikut informasinya yang kami rangkum dari artikel Mama’s Chiose dan kami sajikan untuk menambah wawasan kita semua ☺ 

perut gatal saat hamil tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja, banyak faktor pendukung penyebab munculnya gatal ini namun hormon merupakan salah satu penyebabnya. Utuk penyebab lainnya mungkin karena jarang mandi jadi gatal-gatal tuh hihihi.

Saat hamil kadar hormon estrogen menjadi meningkat dan seringkali menyebabkan kulit kering. Bahkan pada beberapa kasus dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif yang mengakibatkan munculnya rasa gatal selain di area perut yaitu area kaki, betis, telapak tangan hingga payudara. 

Tetapi rata-rata ibu hamil mengalami gatal di bagian perut saja hal ini disebabkan oleh ukuran perut yang semakin membesar dan kulit dipaksa untuk meregang yang mengakibatkan rasa gatal pada perut saat hamil dan sudah barang pasti ditambah stretch mark pun turut muncul.

“lalu bagaimana? Adakah cara efektif untuk mengatasai perut gatal saat hamil?”

Berikut adalah 6 cara mengatasi perut gatal saat hamil:

1. Kompres dengan air dingin


Sebagian besar dari kita akan menggunakan air panas atau air hangat untuk mengompres area tubuh yang terasa gatal, namun hal tersebut adalah salah happy people. Mengompres perut yang gatal saat hamil dengan air hangat atau air panas justru akan membuat kulit menjadi kering dan semakin gatal. Untuk itu kompres bagian yang gatal tersebut dengan air dingin saja, ya. Begitupun ketika happy people mandi, lebih baik pakai air suhu biasa saja.

2. Kurangi pengunaan SLS


SLS merupakan bahan kimia yang dapat menghasilkan busa pada sabun. Jika happy people ingin lebih efektif menangani perut gatal saat hamil disarankan untuk menggunakan sabun yang SLS free, berarti yang tidak berbusa gitu ya. Selain memilih produk sabun yang SLS free juga disarankan untuk memilik sabun yang mudah dibilas (tidak meninggalkan licin di kulit) dan melembabkan, ya. 

3. Keirngkan perut dengan handuk yang lembut


Bukan berarti harus punya handuk khusus untuk mengeringkan perut saja ya hihi. Happy people bisa memilih handuk yang lembut sebagai handuk mandi. Cara mengeringkannya tidak digosok-gosok ya, tetapi dengan cara di tap-tap atau ditepuk-tepuk.

4. Jangan digaruk


Sudah barang pasti kalau gatal langsung digaruk, tetapi kita harus bisa dan kuat untuk menahannnya nih. Karena semakin digaruk akan semakin gatal dan berpotensi menyebabkan luka pada perut, mulai dari pedarangan bahkan bisa ampai terjadi iritasi. 

5. Pilih baju yang longgar dan nyaman


Disarankan untuk menghindari baju yang ketat ya happy people, baju ketat dapat menyebabkan suhu pada kulit meningkat, keringat susah mengering dan gesekan dari baju yang akan membuat gatal pada perut saat hamil. Sedangkan baju longgar dapat memberikan efek leluasa bernafas pada kulit kita, tips jitunya adalah memilih bahan yang lembut dan mudah menyerap keringat, ya.

6. Gunakan minyak atau cream untuk memberikan kelembaban ekstra pada kulit


Banyak minyak dan cream anti gatal dan stretch mark pada kulit, namun yang sering digunakan oleh ibu hamil untuk mengatasi perut gatal saat hamil dan juga untuk meminimalisir stretch mark adalah minyak-minyakan. Contohnya minyak zaitun, minyak kelapa, Bio Oil juga bisa atau baby oil!. Gunakan produk tersebut setelah mandi dan pastikan bagian-bagian kulit yang meregang atau akan meregang mendapatkan kelembaban eksrta dari minyak ini, ya.

Bagaimana happy people? Mudah diaplikasikan untuk keluhan perut gatal saat hamil bukan?

Selamat mencoba ☺ 

source: mamaschoice

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Perut Gatal Saat Hamil dan Cara Mengatasinya (Terampuh)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel