Recent Posts

Kandungan Vitamin Pada Jambu Biji Merah Baik Untuk Bumil dan Cegah Covid-19

Kandungan Vitamin Pada Jambu Biji Merah Baik Untuk Bumil dan Cegah Covid-19
source: shutterstock

Halo happy people, siapa yang punya pohon jambu biji? Kalau punya, udah berbuah belum? Hehehe yang punya mimin Alhamdulillah sudah berbuah nih. Lumayan kan bisa makan buah-buahan tapa keluar biaya lagi. Nah itu lah gunanya menanan, yang menanam pasti akan memanen. (jadi ceramah nih).

FYI: nih hasil panen di halaman rumah :D

Baiklah disini mimin akan berbagi informasi seputar manfaat jambu biji untuk ibu hamil dan untuk situasi saat ini yang katanya jambu biji memiliki zat yang ampuh melawan covid-19. Dari pda berlama-lama mari kita ke pembahasannya.


Manfaat yang pertama adalah manfaat jambu biji untuk ibu hamil

Menurut artikel popmama.com jambu merah biji ini adalah buah yang kaya akan vitamin, mineral, zat besi, kalsium, kalium, tiamin, fosfor, magnesium dan lainnya. Masih ingat tidak dengan isi artikel sebelumnya kalau ibu hamil tak perlu minum susu kalau bisa makan segala jenis makanan (Makanan Pengganti Susu Ibu Hamil). Nah begitu pun dengan jambu biji ini happy people, ibu hamil yang bisa konsumsi jambu biji ini untung lah pokoknya apalagi tinggal petik hihihi. Baik kita fokus ke manfaatnya sekarang:

Membantu pertumbuhan otak janin

Segelas jus jambu merah biji dapat memenuhi kebutuhan asama folat bagi janin. Asam folat ini berfungsi untuk membantu pertumbuhan otak janin, dengan memenuhi kebutuhan asam folat maka janin akan terhindar dari cacat lahir atau berat badan yang kurang. 

Mengingkatkan imunitas pada tubuh

Kandungan yang terdapat dalam jambu merah biji ini dapat meningkatkan imun ibu hamil karena buah ini merupakan sumber vitamin C yang baik. Kandungan vitamin C dalam jambu merah biji adalah lima kali lipat daripada kandungan vitamin C dalam jeruk lho happy people. Jadi pantas saja buah ini selain dapat meningkatkan imun ibu hamil juga dapat menyembuhkan dan mencegah infeksi. ditambah maraknya wabah covid-19 ini mengharuskan kita memiliki imun yang baik, maka jambu merah biji ini bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

Menjaga tekanan darah

Manfaat ke tiga dari jambu merah biji adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Kalium adalah zat yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. 

Menenangkan pikiran

Rasa cemas atau khawatir yang dialami oleh ibu hamil adalah wajar, karena kehamilan merupakan sebuah perubahan besar yang terjadi pada wanita khususnya, jadi wajar saja kalau cemas. Namun kecemasan itu jangan sampai menguasai diri kita sehingga melakukan atau memikirkan hal-hal yang diluar kendali. Coba mengalihkannya dengan salah satu cara mudah dan menyenangkan yaitu dengan cara mengkonsumsi jambu merah biji, karena magnesium yang terkandung dalam jambu merah biji dapat mengatur suasana hati serta meringankan gejela stress. 

Menjaga sistem pencernaan

Masalah umum yang dialami oleh ibu hamil adalah sembelit. Jangan anggap sepele tentang sembelit ya happy people. Untuk mengatasinya konsumsi satu gelas jus jambu merah biji karena kandungan seratnya cukup tinggi dan dapat memenuhi kurang lebih 12% kebutuhan serat harian dan dapat pula melencarkan proses BAB. Selain untuk melancarkan BAB daun jembu biji juga bisa menjadi obat diare.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pembahasan yang ke dua adalah mengenai manfaat jambu merah biji untuk melawan covid-19, antara lain:

Jambu biji digadang-gadangkan dapat menjadi obat ampuh melawan covid-19 berdasarkan penelitian yang dilakukan UI dan IPB, dilansir dari merdeka.com bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang menjalin kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) sedang mengembangkan penelitian mengenai jambu merah biji yang digadangkan dapat mencegah covid-19.

Dekan Fakultas Kedokteran UI, Prof.Dr, dr, Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH,MM manjelaskan bahwa jambu merah biji mengandung senyawa yang cukup lengkap untuk melawan covid-19 diantaranya adalah esperidia, rhamnetin, kaemprefol, kuersetin dan myricetin. 

Meskipun demikian hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut guna mengatahui komponen apa yang paling tepat untuk dijadikan obat penangkal covid-19.

Sambil menunggu hasil penelitian lebih lanjut mengenai komponen yang paling tepat untuk dijadikan obat penangkal covid-19, kita bisa melihat dalam pembahasan manfaat jambu merah biji untuk ibu hamil di poin ke dua yakni dapat meningkatkan imunitas tubuh, serta menyembuhkan dan mencegah infeksi. 

Apakah mengkonsumsi jambu bii wajib berbentuk jus? Menurut mimin sih tidak ya, dimakan biasa pun bisa, namun ada baiknya di jus agar semua bagian buahnya termasuk yang paling keras adalah bijinya dapat dikonsumsi dengan baik dan mudah.

Selain mengkonsumsi jambu merah biji tetap perhatikan asupan makanan pada ibu hamil dan juga jaga kebersihan untuk menghindari covid-19.

Salam sehat

source : pomama , meredeka

Belum ada Komentar untuk "Kandungan Vitamin Pada Jambu Biji Merah Baik Untuk Bumil dan Cegah Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel