Recent Posts

Fakta Terbaru Seputar Virus Corona/COVID-19 (Terupdate)

Fakta Terbaru Seputar Virus Corona/COVID-19 (Terupdate)
source : shutterstock

Update terbaru seputar virus COVID-19 atau yang disebut virus corona pada tanggal 17 maret 2020

Hello health people kali ini mimin bakal bahas tentang fakta terbaru tentang wabah virus COVID-19 atau Corona. Untuk data saat ini dinyatakan bahwa 

Positif: 134


Negatif : 1.011



Sembuh : 8



Meninggal : 5


Dan ini adalah peta persebaran virus corona, diberitahukan jika fakta menyebutkan daerah sekitaran Jakarta Selatan paling banyak yang terkena, dihimbaukan masyarakat bijak mengambil tindakan yang sudah diberi oleh Pemerintah.

Fakta Terbaru Seputar Virus Corona/COVID-19 (Terupdate)
source : quora
Pemerintah dan lainnya mengambil tindakan perliburan, jadi diharapkan kerjasama yang baik dari warga untuk tidak memanfaatkan libur yang didapat untuk kesempatan berlibur, sebaiknya masyarakat perbanyak dirumah mengisolasikan diri sendiri, kasus yang mimin dengar karena sistem perliburan ini, tepatnya dikawasan puncak malah menjadi padat tak terhingga, sebenarnya pemerintah yang salah atau masyarakatnya yang salah menangkap keputusan tersebut? So be smart people yah . .


Fakta Covid-19


Virus kanker lebih kuat dari Corona.

Menurut data yang berhasil didapatkan Pusat Pengendalian dan Penanganan Wabah di China, hingga 11 Februari, pasien positif Corona dengan penyakit bawaan kanker ada 107 kasus dengan korban meninggasl dunia 6 (enam) orang. Tingkat kematiannya sangat rendah, atau hanya 5,6% pada level dan jenisnya.

Corona tidak kuat menyerang manusia usia muda berimunitas.

Rekomendasi World Health Organization (WHO), menjaga imun tubuh menjadi salah satu cara menghindari masuknya virus Corona. Hal ini terjawab dengan data hasil penelitian CDC bahwa manusia dengan rentang umur 0-39 tahun kuat terhadap COVID-19.
  • Pasien yang Positif Corona usia 10-19 tahun, 549 kasus dengan satu kematian (fatality rate 0,2%).
  • Pasien yang Positif Corona usia 20-29 tahun, 3.619 kasus dengan tujuh kematian (fatality rate 0,2%).
  • Pasien yang Positif Corona usia 30-39 tahun, 7.600 kasus dengan 18 kematian (fatality rate 0,2%).
Pada masa usia muda dan produktif, sistem kekebalan tubuh manusia memang masih tertata dengan baik. Belum muncul penyakit-penyakit bawaan atau penyakit-penyakit yang terpicu akibat makanan maupun minuman yang selama ini dikonsumsi dengan sangat masif. Artinya, imunitas menjadi musuh menakutkan bagi virus Corona.

COVID-19 rentan menyerang usia 40 tahun keatas.


Ketika usia manusia masuk angka 40 tahun, ini sebenarnya sudah warning atau peringatan untuk memperbaiki semua 'Pola Hidup Tidak Sehat' yang selama ini dilakukan. Tidak memiliki pola makan teratur, menyantap semua menu makanan maupun minuman tanpa berpikir dua kali, menganggap remeh obat-obatan herbal penambah stamina ketika masih muda, juga tidak suka olahraga.

Usia 40 tahun keatas (40 sampai 80+), fungsi organ tubuh maupun imun mulai berkurang. Di sinilah celah Corona masuk, berdiam diri dalam tubuh, lantas menunggu waktu yang tepat melancarkan serangan mematikan. Hal ini dinilai berkaitan erat dalam hukum sebab-akibat melalui data hasil penelitian CDC bahwa manusia dengan rentang umur 40-80+ sangat rentan diserang virus Corona.


Corona rentan pada orang yang memiliki masalah kesehatan jantung, hipertensi dan jantung

Berdasarkan data CDC, bahwa pasien positif Corona dengan penyakit bawaan yang berkaitan dengan gangguan pada fungsi jantung, adalah paling beresiko. Salah satunya yaitu penyakit bawaan seperti kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD), yang merupakan penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah, contohnya gangguan jantung iskemik, stroke, dan PAD yang melibatkan atherosclerosis.

Imunitas yang baik bisa membunuh Corona.

Kadang data yang didapat memang membuat kita khawatir apakah itu benar atau tidak. Tergantung cara pembaca menginterpretasikannya saja. Tapi satu hal yang harus diingat dan menjadi utama adalah, virus Corona tidak kuat menyerang usia muda produktif karena mereka masih memiliki imunitas kuat. Apakah usia yang sudah tidak muda lagi bisa memiliki imun kuat?

Jawabannya tentu bisa. Karena imun itu berkaitan dengan kebugaran tubuh. Jika badan bugar, sehat, sistem organ dalam bekerja dengan baik, pasti penyakit tidak mudah hinggap termasuk virus 'benalu' seperti Corona.

Berikut gejala infeksi virus corona dari ke hari yang umumnya berkembang pada pasien:


Hari ke-1

Pasien akan mengalami demam. Pasien juga dimungkinkan mengalami rasa lelah, nyeri otot, dan batuk kering. Sebagian kecil pasien mengalami diare atau mual selama satu hingga dua hari sebelumnya.

Hari ke-5

Pasien mungkin akan mengalami kesulitan bernapas. Biasanya ini terjadi pada lansia atau yang meiliki riwayat penyakit lainnya

Hari ke-7

Umumnya pasien akan mulai melaporkan penyakitnya dan menjalani perawatan di rumah sakit rujukan atau setempat

Hari ke-8

Pada masa ini, menurut laporan CDC China, gangguan pernapasan aku terjadi pada pasien dengan kasus parah. Penyakit ini terjadi ketika cairan memenuhi paru-paru. Kondisi ini sering kali berakibat fatal.

Hari ke-10

Jika gejala pasien memburuk, umumnya rumah sakit akan menyarankan untuk menjalani perawatan di ICU. Pasien dengan kondisi yang memburuk mungkin akan mengalami sakit perut dan kehilangan nafsu makan. Namun, kalian tak perlu khawatir, tingkat kematian akibat infeksi virus corona hanya berkisar pada angka 2 persen.

Hari ke-17

Umumnya, pasien akan sembuh dan bisa keluar dari rumah sakit setelah 2,5 pekan.
Jika kalian merasa atau mengalami gejala tersebut kalian bisa rujuk kebeberapa rumah sakit yang sudah disiapkan oleh pemerintah, dapat dilihat di link dibawah ini


Masyarakat juga dapat menghubungi nomer hotline Pengaduan Corona 119 jika mengeluhkan gejala tersebut ataupun mendengar kabar seseorang yang mengalami gejala virus tersebut.

Semoga bermanfaat dan stay safe semuanya!

Source : liputan6, Quora

Belum ada Komentar untuk "Fakta Terbaru Seputar Virus Corona/COVID-19 (Terupdate)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel