Recent Posts

Cara Pencegahan Penyebaran Virus Corona || Dimulai Dari Diri Kita Sendiri

Cara Pencegahan Penyebaran Virus Corona || Dimulai Dari Diri Kita Sendiri
source : shutterstock

Hello health people balik lagi bareng mimin yah disini, setelah kemarin mimin sempat bahas informasi terbaru tentang virus corona ini, ternyata saat ini Indonesia akhirnya kebobolan juga oleh corona ini 2 orang Indonesia positif terkena virus corona ini. Kita doakan semoga mereka yang terkena tidak putus asa, karena sebenernya corona ini bukan lah virus mematikan karena sudah banyak sekali pasien terinfeksi corona sudah terbebas dari virus ini. 

Kembali lagi seperti yang pernah mimin jelaskan sebelumnya corona ini bukanlah virus yang skala mematikannya besar, masih lebih berbahaya sodaranya yaitu Mers. Namun si corona ini memiliki tingkat penularan yang sangat cepat sehingga kitalah disini yang wajib menjaga kebersihan dan kesehatan kita. Mempekuat imunitas kita dengan memenuhi nutrisi tubuh dengan vitamin. 


Lalu kebersihan diri sangat penting dlam upaya pencegahan corona ini, karena sebetulnya corona ini akan mudah sekali menular melewati cairan dari bersin atau batuk orang yang terinfeksi corona. Maka dari itu yang harus kalian lakukan adalah 

Rajin mencuci tangan 

Mencuci tangan adalah upaya dasar dalam proses pencegahan penularan corona, karena tangan adalah sumber kuman. Banyaknya aktifitas, terkadang berjabat tangan, membuka pintu, menekan tombol lift semua aktifitas tangan bisa menjadi sumber kuman, maka dari itu rajinlah cuci tangan setelah melakukan aktifitas tertentu. Harus digarisbawahi corona tidak menyebar lewat udara yah, maka dari itu penggunaan masker bukanlah prioritas untuk orang yang sehat, kecuali jika orang itu sakit maka wajib menggunakan masker untuk mencegah penularan lebih luas. 

Hindari dulu berpergian jika tidak terlalu penting 

Jika kalian memiliki agenda untuk berwisata mimin pikir untuk coba dipikir ulang, karena kondisi saat ini di Indonesia sendiri sudah ada yang positif terkena virus ini. Maka dari itu untuk membantu upaya pencegahan penyebaran virus corona ini kita harus mengkondisikan diri, seperti di Singapur warga tidak diijinkan untuk keluar dari wilayahnya, dan juga tidak menginjinkan orang luar masuk ke wilayah lainnya, sehingga penyebaran virus ini terkondisikan, dan bisa langsung ditindak lanjuti ketika ada warganya teridentifikasi postif corona. 

Memakan makanan sehat 

Yah ini juga penting untuk membantu imunitas tubuh meningkat, karena jika tubuh memiliki imunitas yang baik maka virus apapun tidak akan masuk pada tubuh kita. Jadi mulai dari sekarang yu makan sehat, ada baiknya mengkonsumsi rempah seperti temulawak atau kunyit untuk upaya pencegahan. 

Olahraga teratur 

Selain makanan sehat olahraga ini juga sangat penting tujuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita, ditambah cuaca saat ini aga labil heheh maka dari itu jangan pernah male berolahraga yah teman-teman. 

Jaga jarak dengan orang yang terlihat sakit flu, dan berikan mereka masker 

Yah ini tidak kalah penting kita harus menjaga dan mawas diri dengan orang-orang yang terlihat sakit, bukan kita mengajarkan untuk kejam, tapi ini demi kebaikan agar virus ini tidak menyebar. Berikan mereka masker dan rekomendasikan untuk berobat. Saat ini pemerintah sudah menyediakan rumah sakit rujukan untuk menangani corona, maka dari itu kalian yang merasa sakit seperti demam, flu, dan sesak nafas kalian harus secara otomatis periksakan diri kalian ke rumah sakit terdekat, kecuali jika kalian pernah berinteraksi dengan orang yang positif corona setelah itu merasakan gejala demam, flu, dan sesak nafas maka kalian harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan yang disediakan pemerintah. 

Jadi disini tidak usah panik yah, sebenarnya kita bisa mengkondisikan diri. Yang buat mimin sedih adalah tentang imbas corona ini, harga masker melambung tinggi, sulitnya menemukan masker karena mungkin penimbunan masker, sungguh sangat disayangkan. Corona tidak sejahat itu, tapi mereka yang mengambil keuntungan lebih jahat dari corona, karena secara tidak langsung penyebaran corona ini tidak terkondisikan kerena keegoisan dari manusia. Tapi untunglah corona bukan virus yang menular lewat udara, jadi mimin ingatkan rajin-rajinlah mencuci tangan dan menjaga kebersihan tempat tinggal, karena virus bisa menempel dibenda mati dalam waktu 4-6 jam. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Pencegahan Penyebaran Virus Corona || Dimulai Dari Diri Kita Sendiri "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel