Recent Posts

Berapa Lama Virus Corona Bisa Bertahan pada Benda Mati?

Berapa Lama Virus Corona Bisa Bertahan pada Benda Mati?

Halo health people, kita lanjutkan bahasan informasi seputar covid-19 yuk. Kali ini mimin akan memberikan informasi mengenai lama hidup covid-19 di benda mati. Kenapa harus dibahas? Mimin rasa ini sangat perlu karena kita hidup tidak hanya berkaitan dengan benda hidup saja, benda matipun tak luput dari kehidupan kita bukan? Informasi ini mimin dapatkan dari berbagai sumber online terpercaya seperti halodoc dan liputan 6. Tanpa berlama-lama mari kita mulai ke pembahasannya.

Pada dasarnya pathogen dapat bertahan di sebuah permukaan dan tetap bersifat menular pada suhu kamar hingga Sembilan hari. Namun covid-19 dapat bertahan selama empat sampai lima hari di benda yang berbahan alumunium, kayu, kertas, plastik dan kaca. Berikut adalah rincian mengenai berapa lama covid-19 dapat bertahan di permukaan benda mati yang telah disinggung sebelumnya:

Alumunium 

Covid-19 dapat bertahan selama 2 hingga 8 jam pada alumunium sejak seseorang yang positif mengidap covid-19 menyentuh benda berbahankan alumunium tersebut.

Sarung Tangan Operasi

Ini yang sehari-hari digunakan oleh tenaga medis kita yang sedang berjuang di garda terdepan untuk menolong pasien yang terserang covid-19. Sempat mimin berpikir bahwa di sarung tangan operaasi ini covid-19 tidak akan menempel terlalu lama, ternyata anggapan ini keliru ya happy people. Covid-19 dapat bertahan selama 8 jam di sarung tangan operasi. Banyangkan betapa rentannya tenaga medis terkena covid-19.

Besi dan Tembaga

Besi merupakan benda yang sangat familiar dengan kita, pegangan pintu, pagar atau pegangan tangga sekalipun yang terbuat dari besi ternyata mampu menahan covid-19 antara 4 – 8 jam. Jadi usahakan untuk mencuci tangan dengan baik (LINK CUCI TANGAN DDENGAN BAIK) setelah memegang benda yang terbuat dari besi ya, atau jika memungkinkan tempelkan tisu pada telapak tangan ketika membuka gagang pintu, pegangan tangga, atau menyentuh tombol lift sekali pun. 

Kayu

Material ini pun sudah tidak asing lagi ada disekitar kita ya happy people, covid-19 dapat bertahan lebih lama lagi di permukaan kayu yaitu 4 hari!

Kaca

Sama halnya dengan kayu, covid-19 dapat bertahan selama 4 hari di permukaan kaca.

Kertas 

Bagi karyawan kantor atau guru hal ini mungkin menjadi bahan yang paling sering dipegang ya, tak disangka ternyata covid-19 dapat bertahan di permukana kertas lebih lama lagi yaitu 4-5 hari.

Plastik

Tak hanya kertas, plastik pun tak luput dari terancamnya dihinggapi covid-19 yaitu sekitar 5 hari.

Baja

Covid-19 dapat bertahan hidup di atas permukaan baja sekitar 3 hari.

Udara

Siapa bilang covid-19 tak menyebar lewat udara? Peneliti menyebutkan bahwa covid-19 dapat bertahan di udara sekitar 30 menit sebelum akhirnya bersemayam di sebuah permukaan. Hal ini didukung oleh Dr. Vincent Munster, seorang ahli virology national Institute of Allergy and Infections Diseases bahwa benar covid-19 dapat bertahan sekitar 10 hingga 30 menit. 

Meskipun demikian, usia covid-19 yang menempel pada benda mati yang telah disebutkan tadi juga tergantung pada suhu (LINK 6 KELEMAHAN COVID-19). Suhu rendah dan udara yang lembab akan memperpanjang umur mereka jadi pastikan tempat tinggal kita udaranya tersirkulasi dengan baik, ya.

Tips: jika happy people mendapati kiriman paket online maka jemurlah dahulu paket tersebut di bawah sinar matahari atau semprot dengan disinfectant


“Tidak perlu panik, ikuti himbauan pemerintah dan jangan mengambil risiko”.

Belum ada Komentar untuk "Berapa Lama Virus Corona Bisa Bertahan pada Benda Mati?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel