Recent Posts

Anak Pasti Suka !! || Cara Ampuh Atasi Diare Pada Anak

 Anak Pasti Suka !! || Cara Ampuh Atasi Diare Pada Anak
source:shutterstock

Halo happy people, pernah melihat anak kecil diare? Aduh tidak tega sekali yah melihatnya, pasti yang terasa adalah perutnya yang sakit dan lemes. Kita sebagai orang dewasa wajib tahu mengenai hal-hal utama atau bisa dikatakan sebagai pertolongan pertama pada anak yang sedang diare, baiknya langsung di bawa ke fasilitas kesehatan tetapi tidak semua anak langsung mau jika mendengan kata “dokter”, iya kan? Atau mungkin saja mereka nurut saja untuk pergi ke dokter tetapi enggan meminum obatnya.

Nah berikut adalah informasi mengenai bahan-bahan alam untuk pertolongan pertama pada anak yang sedang diare. Insyaallah salah satunya ada yang disukai oleh anak-anak, orang dewasa bisa memberikannya langsung untuk dimakan, atau dibikin jus. Apa yah kira-kira? Yup, buah-buahan. Tapi tidak semua buah lho ya, ada buah-buahan tertentu yang dapat membantu meringankan diare anak atau juga menambah energi anak. Jadi sambil nunggu anak mau pergi ke dokter, menunggu selama di perjalanan, menunggu antrian atau apapun itu, intinya agar ketidaknyamanan (contoh: lemas) yang dirasakan anak berkurang. Syukur Alhamdulillah kalau sembuh pakai bahan alam ini.

Dikutip dari akun youtube Gue Sehat, ada beberapa buah-buahan yang diklaim dapat meringankan ketidaknyamanan pada anak yang sedang diare, antara lain:

1. Pisang


Pisang mengandung potassium, dan selama anak diare ia pasti kehilangan potassium dalam tubuhnya dan oleh karena itu asupan potassium dalam pisang adalah tepat. Selain itu pisang juga mengandung kalium, magnesium, zat besi, vitamin A dan juga B6.

2. Apel


Siapa sih yang tidak suka apel? Hihi buah yang renyah, manis dan kaya akan air ini rasanya sayang untuk dilewatkan ya. Selain pisang apel juga dapat mengatasi diare pada anak. Apel mengandung pektin yang baik untuk fungsi pergerakan usus anak dan juga dapat mengembalikan energi yang terkuras selama ia merasa diare.

3. Air Kelapa.


Ketika di kecil diare sudah barang pasti dia akan kehilangan cairan yang banyak dan membuatnya dehidrasi. Untuk mengatasi hal tersebut berikan ia air kelapa ya happy people. Air kelapa ini hanya membantu untuk mengatasi dehidrasi pada anak. Orang dewasa dapat memberikan air kelapa sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

4. Lemon


Buah yang memiliki keunggulan sebagai antiinflamasi dan antibakteri ini bisa menjadi alternatif lho, buah ini bisa meredakan gangguan pencernaan, seperti perut kembung, mulas dan keram perut. Orang dewasa bisa memberikan air lemon setiap 4-5 kali dalam sehari.

5. Jambu Biji


Sudah tidak asing lagi ya jambu biji atau daunnya dapat menyembuhkan diare. Mengkonsumsi buah ini ternyata baik lho untuk pergerakan usus yang sehat. Nah selain buahnya, daunnya pun memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. Pernah dengar tidak tentang khasiat daun jambu biji yang dapat menyembuhkan diare? Biasanya orang-orang di kampung masih pakai ini dan mereka sembuh!.

Bagaimana cara kerja ekstrak daun jambu biji ini? Ia memiliki sifat antimikroba yang dapat menetralkan mikroba berbahaya yang ada dalam usus. Biasanya daun jambu biji ini direbus daunnya sampai airnya berwarna keruh sedikit pekat gitu, dan sudah bisa langsung diminum.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai bahan alam yang dapat mengatasi diare, jangan pernah menyepelekan diare ya happy people. Mimin sarankan ke lima bahan tadi tidak jadi acuan utama sebagai obat diare, jika anak dirasa belum membaik segera bawa mereka ke fasilitas kesehatan ya happy people.

Salam sehat dari mimin, semoga kita sehat selalu ☺ 

Belum ada Komentar untuk " Anak Pasti Suka !! || Cara Ampuh Atasi Diare Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel