Recent Posts

6 kelemahan Covid-19 dan Cara Cuci Tangan yang Benar

6 kelemahan covid-19 dan Cara Cuci Tangan yang Benar
source: pixabay

Halo happy people, apa kabar hari ini? Masih diam di rumah kan ya untuk melindungi diri dan orang-orang tersayang tentunya. Baiklah disini mimin akan berbagi informasi masih seputar covid-19 namun BUKAN INFORMASI YANG MEMBUAT PANIK kok, hanya informasi seputar kelemahan covid-19 dan tentang cara mencuci tangan yang benar, jadi bukan asal pakai basah dan pakai sabun ya happy people. Informasi ini mimin dapatkan dari status media sosial berupa gambar/foto dengan hastag #SukabumiLawanCorona yang mimin kembangkan dengan melakukan riset kecil memalui mesin pencarian apalagi kalau bukan google (hehe) tapi insyaallah sumbernya cukup akurat karena ada pendapat para pakar di dalamnya. Dari pada berlama-lama langsung saja kita mulai pembahasan informasi seputar 6 kelemahan Covid-19 dan cara mencuci tanagn yang benar (TEPUNG SELACI PUPUT).


6 kelemahan covid-19, adalah :

Sinar matahari

Dilansir dari suara.com banyak orang beropini bahwa sinar matahari dapat membuat covid-19 tidak bisa bertahan hidup lebih lama. Hal tersebut diamini banyak pakar salah satunya yaitu oleh Dr. Mardi Susanto, SpKJ opini beliau pun sama yakni covid-19 memang tidak tahan matahari. Beliau pun mengatakan bahwa hampir semua bakteri dan virus tidak dapat bertahan hidup dari sinar matahari dan apapun yang bersuhu diatas 50 derajat Celsius. Jadi tidak ada salanya untuk berjemur di bawah sinar matahari ya.


Sirkulasi udara

Dilansir dari okezone.com udara bersih dengan sirkulasi udara yang baik juga berfungsi untuk mencegah virus berkembang biak. Untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik, bukalah jendela-jendela rumah di pagi hari sampai siang, apalagi bagi happy people yang memiliki rumah di lingkungan yang berudara bersih dan asri tidak ada alas an untuk tidak membuka jendelanya, ya.

Alkohol 75%

Menurut dr. R. Fera Ibrahim, mSc, SpMK(K), PhD alkohol 75% dapat membunuh covid-19. Tidak hanya alkohol 75%, chlorine-disinfectant, peroxyacticacid dan chloroform juga dapat membunuh covid-19. Namun cairan disinfectant yang mudah ditemukan di pasaran adalah jenis alkohol 75%. Saat ini banyak sekali resep-resep ramuan cairan disinfectant yang telah menyebar luas informasinya, baik itu dengan cara mencampur alkohol dengan gel aloevera, mencampur pemutih pakaian dengan pewangi dan lainnya, cara tersebut adalah tidak benar karena kita tidak tahu kandungan detail bahan-bahan yang dicampur tersebut apa saja dan bagaimana reaksinya. Jika pemutih dicampur bahan lain selain air maka akan menghasilkan gas beracun. Jadi pilih salah satu ya, bukan dicampur. Kalau lebih memilih memakai pemutih pakaian, pakai jenis itu saja tidak dicampur dengan yang lain.

Suhu diatas 56 derajat celsius

Suhu di atas 56 derajat celsius diklaim dapat membunuh covid-19, sebagaimana dilansir dalam poin pertama bahwa pada suhu 50 derajat celsius saja covid-19 sudah bisa terbunuh, ya tidak beda jauh lah ya antara 50 sampai 56 ma. Hehe

Disinfektan klorin

Poin ke tiga dalam artikel ini Seorang dr. Fera Ibrahim, mSc, SpMK(K), PhD telah menyebutkan bahwa disinfektan klorin dapat membunuh covid-19, dengan demikian dapat diartikan bahwa disinfektan klorin dapat menjadi pilihan selanjutnya jika alkohol 75% tidak ditemukan. Disinfektan klorin ini dapat ditemukan pada pemutih pakaian.

Cuci tangan

Mencuci tangan dianggap cara yang paling efektif agar terhindar dari covid-19, selain itu menahan diri untuk tidak menyentuh area wajah terutama mulut, hidung dan mata dipercaya dapat menghindari covid-19 memasuki tubuh kita. Dilansir dari JDnews. bahwa rekomendari waktu untuk mencuci tangan dalah 20 detik dengan menggunakan sabun dan tentunya air bersih mengalir.

Tips mencuci tangan secara efektif dan efisien yaitu dengan menerapkan prinsip TEPUNG SELACI PUPUT dan tidak menyalakan keran air selagi happy people menggosok-gosok tangan, sayang saja kan air terbuang sia-sia selama 20 detik. Jadi lebih baik nyalakan dulu keran untuk membasahi tangan, tutup keran selama menggorok tangan selama 20 detik, nyalakan keran kembali untuk membersihkan tangan dari sabun dan tutup keran. 

TEPUNG SELACI PUPUT?

6 kelemahan covid-19 dan Cara Cuci Tangan yang Benar

  • TE= Telapak Tangan. Gosok telapak tangan
  • PUNG = Punggung Tangan. Gosok punggung tangan

6 kelemahan covid-19 dan Cara Cuci Tangan yang Benar


  • SELA= Sela-sela Jari Tangan. Gosok sela-sela jari tangan
  • CI = Mengunci Jari-jari Tangan. Mengunci dan menggosok jari-jari tangan 

6 kelemahan covid-19 dan Cara Cuci Tangan yang Benar


  • PU = Putar Jempol Tangan. Menggosok jempol tangan dengan arah memutar dengan menggunakan tangan sebelahnya
  • PUT = Putar Seluruh Kuku diatas telapak tangan. Rapatkan jari tangan seperti hendak memakan nasi lalu putarkan kuku di atas telapak tangan sebelahnya.
TEPUNG SELACI PUPUT dapat dilakukan untuk mencuci tangan dengan air atau hand sanitizer.

Belum ada Komentar untuk "6 kelemahan Covid-19 dan Cara Cuci Tangan yang Benar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel