Recent Posts

Tips Menjaga Kesehatan Mata

tips-menjaga-kesehatan-mata
source : shutterstock

Hello health people, mata adalah asset tubuh yang penting dan berharga karena dengan mata inilah kita bisa melihat dunia. Jadi sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga mata kita agar terus sehat. Untuk yang sudah terlanjur memiliki gangguan mata seperti minus, atau plus ga usah patah semangat yah, kita bisa menjaga agar mata kita tidak semakin besar minusnya dengan kiat yang bakal mimin jabarkan.

Konsumsi makanan yang baik

Kesehatan mata yang baik dimulai dengan makanan di piring kalian. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng dan vitamin C dan E dapat membantu mencegah masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula dan katarak. Kalian bisa dapatkan itu semua dari 
  • Telur, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan sumber protein non-daging lainnya.
  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung
  • Salmon, tuna, dan ikan berlemak lainnya
  • Jeruk dan buah jeruk lainnya atau jus
  • Tiram
Diet seimbang juga membantu dalam mempertahankan berat badan yang sehat. Ini mengurangi kemungkinan Anda obesitas dan penyakit terkait seperti diabetes tipe 2, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

Kenakan kacamata pelindung

Jika kita berada dalam lingkungan yang menggunakan bahan berbahaya, pakai kacamata atau kacamata pengaman. Olahraga seperti hoki es, bulu tangkis, dan lacrosse juga dapat menyebabkan cedera mata. Pakailah pelindung mata. Helm dengan topeng pelindung atau kacamata olahraga dengan lensa polikarbonat akan melindungi mata Anda.

Kenakan kacamata hitam

Kacamata yang tepat akan membantu melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula. Pilih kacamata yang menghalangi 99% hingga 100% dari sinar UVA dan UVB. Lensa penutup membantu melindungi mata dari samping. Lensa terpolarisasi mengurangi silau saat berkendara. Jika kalian memakai lensa kontak, beberapa menawarkan perlindungan UV itu bisa lebih baik jika di tambah dengan menggunakan kacamata juga.

Lihat ke arah lain dari layar komputer

Bagi kalian yang memiliki aktifitas Menatap layar komputer atau smartphone dalam waktu yang lama, hal itu dapat menyebabkan:
  • Ketegangan mata
  • Penglihatan kabur
  • Masalah fokus pada jarak jauh
  • Mata kering
  • Sakit kepala
  • Nyeri leher, punggung, dan bahu.
Maka dari itu untuk melindungi mata, gunakanlah kacamata anti radiasi atau kacamata maupun lensa kontak mutakhir yang dikhususkan untuk penggunaan didepan layar. Jika kelelahan mata tidak hilang, bicarakan dengan dokter tentang kacamata komputer.

Posisikan layar sehingga mata kalian sejajar dengan bagian atas monitor. Itu memungkinkan kalian untuk melihat sedikit ke bawah pada layar. Cobalah untuk menghindari cahaya jendela dan cahaya. Gunakan pelindung silau jika perlu. Pilih kursi yang nyaman dan suportif. Tempatkan sehingga kaki Anda rata di lantai. Jika mata kering maka kalian memerlukan mengstirahatkan mata Anda setiap 20 menit. Lihat 20 kaki jauhnya selama 20 detik. Bangun setidaknya setiap 2 jam dan istirahat 15 menit.

Kunjungi spesialis mata Anda secara teratur

Setiap orang membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur, bahkan anak kecil. Ini membantu melindungi penglihatan dan memungkinkan kalian untuk melihat yang terbaik. Pemeriksaan mata juga dapat membantu menemukan penyakit, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Jadi penting untuk mendeteksi mereka sejak dini, ketika mereka lebih mudah diobati. Kalian bisa mengunjungi Dokter tapi ini semua tergantung pada kebutuhan kesehatan mata kalian dalam menentukan dokter, karena ada dokter mata spessialis dan ada dokter mata umum.

Biasanya pemeriksaan mata meliputi tentang riwayat medis pribadi dan keluarga Anda. Pemeriksaan mata untuk melihat apakah Anda memiliki rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme (kornea melengkung yang mengaburkan penglihatan) atau presbiopia (perubahan penglihatan terkait usia), tes untuk melihat seberapa baik mata Anda bekerja sama, tekanan mata dan tes saraf optik untuk memeriksa glaucoma,pemeriksaan eksternal dan mikroskopis mata sebelum dan sesudah dilatasi.

Nah itulah tips cara menjaga mata, kembali lai mimin ingatkan untuk yang masih kurang sadar dan awas mengenai kesehatan mata, mulai dari sekarang mari kita jaga kesehatan mata kita, karena mata adalah asset penting untuk kita semua.

source :www.webmd.com

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel