Recent Posts

Tips CPNS 2020 || Hal yang Harus Diperhatikan Saat Test CPNS

tips cpns 2020 || hal yang harus diperhatikan saat test cpns
source : pixabay

Halo happy people, pada ikutan yang lagi hits ga nih? Test CPNS :D berharap jadi ASN di tahun 2020 ini hehe. Kalau ada happy people di sini yang ikutan, please komen di bawah ya ;) 

Pasti banyak banget kan kejadian-kejadian lucu yang bisa di lihat di sosial media layaknya instagram mengenai kejadian lucu atau mengharukan selama berjalannya seleksi CPNS ini seperti ada wanita yang rela meninggalkan waktu resepsinya demi ikut test CPNS dan adapula orang yang sedang mengalami keterbatasan pun ikut test CPNS.

Beberapa kendala mungkin saja terjadi kepada kita selaku peserta, baik kendala di waktu ataupun yang lainnya. Berikut mimin akan berbagi tips, trik dan pengalaman seputar test CPNS yang mimin sempat ikuti kemarin.

Hal yang krusial di waktu ini adalah waktu dan kebugaran badan.

Atur keberangkatan dari rumah dan perkirakan sudah ada di lokasi 90 menit sebelum test dimulai. Siapkan berkas inti seperti kartu peserta ujian CPNS dan KTP, kalau tidak ada KTP diwajibkan membawa surat keterangan (suket) yang dapat mewakili dan dikeluarkan di dukcapil.

Perhatikan baju yang akan dipakai, biasanya kemeja putih, rok atau celana (bukan jeans) hitam, kerudung hitam dan sepatu hitam. Tapi ini tidak berlaku untuk semua peserta biasanya ada aturan yang berbeda tergantung kebijakan masing-masing instansi. Bisa di cek di webnya.

Pastikan perut sudah terisi sehingga tidak merasa lapar atau pun haus karena kondisi demikian akan memengaruhi tingkat konsentrasi.

Demi kenyamanan, titipkan barang hanya kepada keluarga yang mengantar atau kepada panitia penitipan barang. Jangan khawatir akan hilang karena sistem penitipan sudah diatur panitia dan kalaupun ada yang kurang saat penyerahan barang makan panitia akan mencarinya sampai ketemu.

Ada perlakuan khusus untuk ibu hamil dan orang sakit. Katakan saja kalau happy people sedang hamil atau sakit, asal jangan pura-pura sakit yaa karena nanti juga ketahuan kalau yang pura-pura sakit hehehe. Perlakuan khususnya yaitu tidak diharuskan mengantri ketika proses pemeriksaan dan saat test dicarikan tempat duduk yang nyaman, dekat dengan panitia jadi kalau ada apa-apa lebih mudah dijangkau.

Sebelum test dimulai, sambil menunggu orang lain yang kebagian sesi sebelum kita selesai dan menunggu peserta sesi selanjutnya berkumpul semua, maka kita akan dipersilakan untuk menunggu di ruang simulasi. Kita tidak akan menunggu begitu saja tetapi akan ada pengarahan seputar peraturan dan tata tertib oleh panitia, selain itu juga akan ada video yang diputar di layar TV untuk simulasi pengisian ujian nanti.

Saat memasuki ruangan ujian usahakan tertib dan jika menemukan kendala di komputer atau jaringan, silakan lapor ke panitia dengan cara mengacungkan atau melambaikan tangan tanpa bersuara dikhawatirkan suara kita memecah konsentrasi orang lain.
Sebelum mengisi soal, kita akan diminta untuk login dengan mengisi data-data tertentu, jangan khawatir soal data karena semua data ada di kartu ujian. Jika login berhasil maka akan muncul data kita dan sudah bisa memulai ujian. Kendalanya ada kalau data kita tidak sesuai, dan jangan sungkan untuk segera menghubungi panitia dengan cara yang tadi.

Ada 100 soal dan dibagi ke dalam tiga ketegori yaitu, TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) sebanyak 30 soal, TIU (Test Intelegensi Umum) sebanyak 35 soal dan TKP (Test Kepribadian) sebanyak 35 soal. Masing-masing katergori tersebut memiliki passing grade atau ambang batas yang berbeda. Passing grade TKP 65, TIU 80 dn TWK 126. Jika ingin lulus SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) maka diwajibkan untuk minimal sampai ke passing grade atau lebih baik lagi melewati poin passing grade.

Tips mengerjakan soal CPNS adalah dengan cara mengerjakan yang dianggap mudah dulu. Kalau mimin menganggap mudah urusan TKP maka mimin selesaikan dulu yang itu dan lanjut ke TWK dan TIU. Tingkat kesulitan seseorang berbeda mungkin ada yang menganggap TIU jauh lebih mudah, maka kerjakan dulu yang bagian itu.

Jika ada soal yang dianggap sulit atau memerlukan waktu lebih lama untuk menjawab maka jangan ragu untuk melewati soal tersebut, silakan isi yang lain terlebih dahulu agar tidak menbuang waktu.

Jangan sia-siakan waktu karena test berlangsung 90 meit dan tidak akan terasa, timer akan ditampilkan di monitor dan bergerak mundur. Fyi, jika waktu sudah habis dan soal belum selesai terjawab maka monitor secara otomatis akan menampilkan hasil ujiannya.


Tips untuk soal yang jawabannya mentok, maka pilihlan yang dianggap memungkinkan betul dan jangan sampai tidak diisi. Salahpun tidak akan mengurangi nilai dan kalau diisi siapa tahu jawaban “asal” tersebut membawa hoki.

Catat nilai akhir yang diperoleh setelah test dan lihat apakah melewati batas ambang?

Sekedar informasi untuk yang akan mengikuti test CPNS untuk pertama kalinya, jika memungkinkan carilah formasi atau lowongan yang lebih banyak dengan sedikit peminat.

Kemarin sempat ngobrol dengan peserta lain, ternyata formasi yang dia lamar ada 9 (lowongan untuk 9 orang) sementara peminatnya kurang banyak yaitu sekitar 73 orang, maka kemungkinan lolosnya lebih besar. Jangan kayak mimin, formasinya satu yang melamar 300 orang lebih wkwkwk kemungkinannya 0,sekian. Tapi rejeki tidak akan kemana dan kalau tidak di CPNS mudah-mudahan ada rejeki di tempat lain. aamiin

Belum ada Komentar untuk "Tips CPNS 2020 || Hal yang Harus Diperhatikan Saat Test CPNS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel