Recent Posts

Tidak Usah Panik Dengan Corona || Menanggapi Hoax dan Fakta Tentang Corona

Tidak Usah Panik Dengan Corona || Menanggapi Hoax dan Fakta Tentang Corona
source : pixabay

Hello helath people balik lagi nih bareng mimin, pada sehat semuanya ? tentunya mimin doain semua sehat yah walaupun saat ini dunia sedang diselimuti ketakutan tentang virus Corona yang berpusat di Wuhan China. Pada saat ini banyak sekali berita dan informasi yang membuat kita semakin khawatir dengan kedatangan virus corona ini, dan itu membuat masyarakat panik serta saling mengkonfirmasi berita kebenaran tentang bahaya dari virus corona ini. Hal ini disebabkan pemerintah yang kurang cepat dalam menyampaikan informasi, sehingga sempat membuat masyarakat semakin paranoid.

Dan pada tanggal 2020/02/05 tepatnya malam kemarin, mimin melihat tayangan Mata najwa yang bertema menangkal corona, yang dimana narasumbernya adalah Mentri Kesehatan Indonesia, Dokter Ahli, dan beberapa narasumber lainnya, kalian bisa lihat langsung tayangannya di Chanel mata najwa di youtube. Disni mimin akan merangkum hal yang didiskusikan dalam acara Mata Najwa tersebut.

Corona tidak seberbahaya jenis virus saudaarnya yaitu Mers

Dijelaskan disana bahwa jika dilihat dari statistik kematian akibat virus corona tidak terlalu banyak memakan korban meninggal disbanding dengan virus yang masih satu rumpun dengannya yaitu mers. Namun yang membuat virus corona ini berbahaya adalah proses menularnya yang sangat mudah dan cepat, dan proses penularannya bisa dari air liur dan sentuhan fisik. Gejala dari corona ini sangat mirip dengan flu dan dimulai dengan demam yang tinggi, batuk , sesak nafas, kesulitan bernafas. Maka dari itu kita lebih baik mengikuti saran dari WHO untuk melakukan pencegahan dengan :

  • Rajin mencuci tangan
  • Hindari kontak denagn siapapun yang memiliki gejala demam dan sesak nafas
  • Tidak mengkonsumsi daging mentah 
  • Tutup hidung dan mulut saat bersin (Gunakan masker)
  • Hindari kontak langsung dengan hewan hidup


Apa corona sudah masuk di Indonesia?

Dijelaskan bahwa Indonesia clear dari Corona Virus, sempat ramai di sosmed bahwa sudah ada korban dari Indonesia yang terkena virus corona dan itu dipastikan Hoax, sudah di terbitkan oleh kominfo di website resminya, kalian bisa lihat langsung informasi-informasi Hoax disana. Adapun yang terkena adalah WNI yang berada di Singapura, dan untuk data dirinya dirahasiakan karena merupakan SOP. Jadi di Indonesia sendiri masih aman dan tidak ada yang terindikasi terserang Virus ini.

Bagaimana dengan WNI yang berada di Wuhan?

Pemerintah sudah menjemput mereka, sekitar 245 WNI pada tanggal 2/2/2020 mereka sampai di Indonesia tepatnya di Natuna. Dan tentunya mereka harus melewati proses Observasi selama 14 hari sebelum mereka dikembalikan pada rumahnya masing-masing. Hal ini sempat membuat warga Natuna berdemo karena wilayahnya menjadi tempat observasi untuk WNI yang baru pulang dari Wuhan. Namun setelah mendapatkan penjelasan dari pemerintah warga natuna bersedia menajadi tempat Observasi untuk para WNI yang baru pulang dari Wuhan Cina. Karena dipastikan keamanan dalam proses observasi, yang tidak akan membuat virus corona ini menyebar, hal ini diperkuat dengan turunnya langsung Mentri Kesehatan ke Natuna untuk melihat warganya disana yang harus melewati proses observasi selama 14 hari. 

Seberapa besar potensi Corona masuk Indonesia?

Dokter ahli menjawab hampir 0% Corona bisa masuk Indonesia, karena sebelumnya ada virus yang lebih berbahaya seperti mers dll yang bisa diatasi oleh Indonesia. Ditambah dengan berhasilnya cina yang menahan virus tersebut tidak menyebar kemana-mana, karena dilihat dari data sedikti sekali warga Negara lain yang terinfeksi dari Corona tersebut. Dan juga disebutkan Corona tidak menyebar dari udara seperti melayang di udara lalu terhisap, itu salah. Penularan bisa terjadi dari air liur, jika misal kontak langsung, dan ketahanan Corona jika menempel pada zat kering kurang lebih 2-3 jam dia hidup, tapi kalo misal menempel pada benda cair seperti ingus atau dahak itu bisa lama. Maka dari itu balik lagi kita harus mengikuti saran dari WHO untuk menjaga diri sendiri dan meningkatkan daya tahan tubuh agar kita lebih kebal terhadap Virus


Nah udah aga tenang kan sekarang ? setelah kemarin kita sempat parno sendiri, tidak tau mana yang benar tentang Corona ini, akhirnya Pemerintah sudah memastikan keamanan dan juga proteksi yang ketat untuk menagani Virus ini, Pemerintah sudah bekerja maksimal dalam mencegah proses penyebaran Corona ini, dari mulai Rumah sakit, Bandara, dan juga tenaga-tenaga medis sudah melakukan koordinasi dengan baik dalam upaya pencegahan Corona ini.

Belum ada Komentar untuk "Tidak Usah Panik Dengan Corona || Menanggapi Hoax dan Fakta Tentang Corona "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel