Recent Posts

Perawatan Untuk Ibu Hamil Muda ataupun Tua

perawatan untuk ibu hamil muda ataupun tua
source : shutterstock

Halo health people …. Di daerah mimin mendung nih, daerah happy people gimana? 

Kebetulan hari ini di daerah mimin ada jadwal posyandu, pada tahu kan posyandu apa? Yap, pelayanan kesehatan untuk ibu hamil dan suntik vaksin anak usia 0 sampai 5 tahun. Biasanya dilayani oleh bidan setempat, dan harganya merakyat banget yaitu sekitar 5.000 rupiah untuk 1 pengunjung. memang jauh lebih murah dibandingkan dengan kita berkunjung langsung ke rumah bidan, bisa mancapai 10 kali lipatnya atau setara dengan 50.000 rupiah. Pilih mana dong min? tergantung dari pribadi masing-masing lebih srek ke yang mana.

Oh iya, mimin sendiri sejauh ini belum pernah datang ke posyandu karena lebih memilih bidan saja dengan alasan jadwal di bidan lebih fleksibel sedangkan posyandu diadakan saat jam kerja, jadi berhalangan hadir ke posyandu deh. Nah ada hal penting yang ingin mimin share kepada health people mengenai perawatan sehari-hari ibu hamil. Apa saja yang harus dimakan, kegiatan apa saja yang boleh dilakukan, dan tips lainnya seputar perawatan ibu hamil. Dari pada kelamaan intronya langsung saja kita ke pembahasan.

Perawatan ibu hamil yang pertama adalah :

Memakan beragam makanan yang baik dengan pola gizi seimbang dan disarankan 1 porsi lebih banyak daripada sebelum hamil.

Makanan beragam bukan berarti kita boleh makan semua jenis makanan, ada juga beberapa makanan sehat namun dianggap kurang bahkan tidak aman untuk ibu hamil. Biasanya dokter atau bidan memberi tahu kita seputar makanan ini, namun secara umum makanan yang tidak disarankan untuk dimakan adalah daging, ikan, atau sayuran mentah. Semua bahan tersebut harus dimasak sampai matang sempurna. Fungsinya untuk apa? Untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh kita yang akan membahayakan janin, yang paling ditakutkan adalah virus tokso. Makanan yang matang dengan cara diasap, sate contohnya, enak sih, favorit food malah hehe tapi dalam kondisi seperti ini ternyata tidak direkomendasikan, kecuali bikin sendiri dan tidak sampai ada yang gosong-gosongnya, bisa diakali sih. Buah-buahan juga tidak semuanya, nanas yang semua orang tahu tidak boleh dimakan ibu hamil, durian, lengkeng, nangka karena mempunyai sifat panas dan khawatir membahayakan janin. Menganai memakan makanan 1 porsi lebih banyak menurut pengalaman pribadi untuk melakukan hal tersebut sedikit sulit dikarenakan mual yang melanda dan 1 porsi saja sudah kenyang gitu lhoo wkwk.

baca juga : Makanan yang Harus Dihindari saat hamil muda


Istirahat yang cukup

Dirasankan untuk tidur 6-7 jam di malam hari dan istirahat di siang hari bisa tidur atau berbaring 1-2 jam. Posisi tidur sebaiknya miring ke sebelah kiri. Dan jika di daerah happy people banyak nyamuk yang berpotensi menyebabkan malaria maka disarankan untuk menggunakan kelambu yang berinsektisida. Nah ini nih momen bersama suami yang jangan dilewatkan, pastikan happy people dan pasangan mengajak berinteraksi janin mulai usia 4 bulan, mengelus-ngelus perut dan dengarkan padanya yang baik-baik.

baca juga : Pekerjaan Rumah Tangga yang Harus Dihindari Ibu Hamil Muda


Menjaga kesehatan diri

Tips yang ketiga ini seputar kebersihan diri, seperti cuci tangan pakai sabun sebelum makan, setelah buang air kecil maupun buang air besar. Menyikat gigi 2 kali sehari, membersihkan payudara dan daerah kemaluan, ganti pakaian dalam jika dirasa sudah tidak nyaman, dan usahakan untuk cek kehamilan ke fasilitas kesehatan secara rutin.

Ini godaan sih, rata-rata ibu hamil jadi malas mandi, malas ini itu tapi bukan berarti kita membiarkan diri kita kotor ya… kalaupun malas mandi coba usahakan untuk bersihkan ketiak, payudara dan daerah kemaluan, ganti pakaian dalam dan pakain luar, sikat gigi dan cuci muka. Menurut mimin itu bisa jadi alternative jika malas mandi agar area-area sensitive kita tetap bersih. Usahakan setelah buang air kecil atau buang air besar, daerah kemaluan kita dikeringkan dengan tissue atau lap agar tidak lembab.

BOLEH MELAKUKAN HUBUNGAN SUAMI ISTRI SELAMA HAMIL, UNTUK LEBIH JELASNYA KONSULTASIKAN DENGAN PENYEDIA LAYANAN KESEHATAN.

Maaf capital semua soalnya ini penting sekali hehe

Aktivitas fisik

Ibu hamil yang sehat dapat melakukan aktivitas fisik seperti pada umumnya, namun ada kondisi dimana kita merasa mudah lelah, pusing dan tidak nyaman melakukan kegiatan tertentu. Jangan dipaksakan, istirahat aja mom hihi

Sebaiknya suami membantu pekerjaan yang dilakukan istrinya, agar memupuk kebersamaan dalam rumah tangga juga membantu menjaga kondisi ibu hamil tersebut agar tetap prima, dan disarankan untuk mengikuti senam ibu hamil sesuai anjuran petugas kesehatan.

Ada beberapa yang menyerankan untuk tidak olah raga sama sekali dan ada juga yang membolehkan oleh raga ringan. Tergantung dari kondisi ibu hamil pada saat itu.


NOTE:
Informasi ini tidak bermaksud untuk menggantikan saran dari tenaga kesehatan Anda. Hanya sebagai referensi bacaan saja.


Belum ada Komentar untuk "Perawatan Untuk Ibu Hamil Muda ataupun Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel