Recent Posts

Cara Mudah Hilangkan Formalin Pada Makanan

Cara Mudah Hilangkan Formalin Pada Makanan
source : shutterstock


Hello health people

Formalin, sudah tak asing lagi ya mendengar kata ini? Bahan kimia yang berfungsi untuk mengawetkan makanan yang sempat heboh kala itu karena kandungannya yang berbahaya bagi tubuh. Tetapi kita tidak bisa menghilangkan si formain ini begitu saja dikarenakan fungsinya sebagai pengawet makanan olahan agar dapat bertahan lebih lama sehingga para penjual makanan contohnya tahu tidak merugi, selain itu formalin dapat mempertahankan tekstur atau bentuk dari makanan itu (contoh: tahu) tetap lentur dan tidak mudah rusak.

Tahu mengandung formalin itu pasti namun tidak semua tahu. Ada ciri khusus bahwa tahu mengandung formalin yaitu jika tahu tersebut jatuh makan tidak akan hancur lebur, masih utuh wujudnya.

“Jika tahu mengandung formalin apakah artinya kita tidak boleh mengkonsumsi tahu?”

Tentu masih boleh banget. 

“Lantas bagaimana dengan kesehatan kita?”

Sebagai manusia yang derajatnya lebih tinggi dari apapun yang ada di muka bumi ini :D kita harus bersiasat dong ya... 

Kali ini mimin akan berbagi cara MUDAH untuk menghilangkan formalin di dalam tahu. Simak yaa tips mudahnya

Sebelum ke langkah lain cuci tahu terlebih dahulu 

Setelah tahu di cuci, masak air sampai mendidih.

Setelah air mendidih, masukan tahu yang sudah di cuci tadi ke dalam air yang sudah mendidih tersebut dan biarkan selama 1 menit.

Angkat tahu dan buang airnya. Selesai deh. Insyaallah formalinnya sudah terbuang meskipun tidak 100% setidaknya kita tidak memakan formalinnya dalam jumlah banyak.

Coba deh health people perhatikan tahu yang belum dibuang formalinnya dengan tahu yang sudah dibuang formalinnya. Warna dan teksturnya pun berbeda!

Sebelum dibuang formalinnya tahu terlihat lebih kuning dan teksutnya kuat (tidak mudah rapuh kalau jatuh), setelah dibuang formalinnya tahu lebih terlihat pucat dan kalau jatuh sudah tidak lentur lagi. 

Selain tahu juga cara ini bisa diaplikasikan ke dalam mie instan, jangan biasakan makan mie instan dengan kuah air rebusannya karena mengandung zat-zat yang tidak baik bagi tubuh. Caranya adalah sama dengan tahu yaitu dengan cara merebus mie lalu setelah matang dibuang airnya dan ganti dengan air yang baru.

Nah sekian tips dapur mudah dari mimin semoga membantu ☺

baca juga : 5 Cara Mudah Bedakan Kunyit dan Temulawak

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Hilangkan Formalin Pada Makanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel