Recent Posts

5 Cara Mudah Bedakan Kunyit dan Temulawak

5 Cara Mudah Bedakan Kunyit dan Temulawak
source: shutterstock

Hallo happy people, kalau diminta untuk membedakan kunyit atau temulawak kira-kira happy people bisa tidak? Hihihi. Kalau mimin sih kemarin-kemarin sempat bingung sekali karena hampir mirip antar keduanya, tapi ternyata meskipun ada dalam family yang sama kunyit dan temulawak beda lho. 

Sebelum kita membahas mengenai perbedaan kunyit dan temulawak mari kita bahas sekilas khasiatnya dulu. Khasiat kunyit dan temulawak secara umum sebagai obat herbal, namun secara spesifiknya kunyit mengandung anti imflamasi yang dapat mencegah atau mengobati peradangan, membantu menjaga daya tahan tubuh dan bisa digunakan sebagai obat gerd atau maag. Sedangkan fungsi temulawak yang lebih spesifik yaitu untuk menambah nafsu makan, melindungi fungsi hati. 

Nah itu dia khasiat secara umum dan khususnya. Masih banyak khasiat lainya yang tidak disebutkan disini. Kalau ada happy people yang tau, boleh kirim komentar di bawah ya..

Sekarang mari kita ke perbedaanya:

1. Warna Rempah

5 Cara Mudah Bedakan Kunyit dan Temulawak

5 Cara Mudah Bedakan Kunyit dan Temulawak


Kunyit maupun temulawak sama-sama memiliki warna kuning yang lebih condong ke orange. Namun coba deh perhatikan lebih detail, warna kuning dari temulawak lebih lembut dari pada warna kuning dari kunyit. Oleh karena itu kunyit lebih sering dipakai sebagai pewarna pada masakan karena warnanya akan lebih terlihat nyata.

2. Motif Kulit


Kulit pada kunyit maupun temulawak sama-sama memiliki ruas-ruas atau alur hitam. Ya kan? Nah temulawak alur hitam atau ruas-ruasnya lebih terlihat daripada ruas kunyit yang tampak lebih samar.

3. Bentuk Rimpang


Pada umumnya rimpang temulawak lebih panjang daripada rimpang kunyit. Temulawak mempunyai bentuk yang menyerupai jempol tangan. Intinya bentuk temulawak lebih panjang lurus daripada kunyit.

4. Rasa


Rasa temulawak lebih pahit, lebih Pahang atau pedang daripada rasa kunyit.

5. Aroma


Sedikit sulit jika mencium aroma kunyit dan temulawak langsung dari rimpangnya. Cara lebih mudahnya yaitu dengan mematahkan kedua rimpang tersebut lalu menggosokannya ke telapak tangan dan coba hirup aromanya. Aroma kunyit jauh lebih menyengat daripada aroma temulawak.


Nah, itulah perbedaan kunyit dan temulawak yang bisa happy people perhatikan. Jikalau punya tanaman kedua rempah ini di rumah cara membedakannya cukup dengan melihat warna tulang daunnya. Warna tulang daun temulawak kehitaman sedangkan warna tulang daun kunyit sama dengan warna daunnya yakni kehijau-hijauan. Jadi jangan salah cabut ya nanti hihihi. Selamat belajar menggunakan kedua rempah ini, ya.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mudah Bedakan Kunyit dan Temulawak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel