Recent Posts

Vitamin Terbaik Untuk Menigkatkan Daya Tahan Tubuh

vitamin terbaik untuk menigkatkan daya tahan tubuh
source : shutterstock

Hello health people, balik lagi bareng mimin setelah kemarin asik menikmati waktu liburan karena bertepatan dengan perayaan Imlek, sudah saatnya kita kembali beraktifitas kembali yah, tentunya harus penuh semangat yah hehe. 

Apa kalian semua tahu ? saat ini sudah banyak diberitakan tentang virus Corona? Di berita udah rame banget yah tentang virus corona ini, virus yang awalnya di sebarkan oleh hewan ini terindikasi menyerang manusia yang bermula dari Negara China. Untuk gejalanya sendiri berawal dari demam, batuk pilek dan menyerang system pernapasan, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Gimana nih dengan Indonesia ? apakah corona ini sudah masuk Indonesia ? semoga tidak pernah yah virus ini masuk Indonesia, Karena pada maskapai penerbangan contohnya Garuda Indonesia sudah melakukan tindakan upaya pencegahan masuknya penyebran virus ini bekerja sama dengan instansi kesehatan pencegahan Virus. Kita doain semoga corona ini tidak masuk ke Indonesia.

Tapi mencegah lebih baik daripada mengobati tentunya, untuk mencegah terinfeksi dari corona, kita harus memiliki daya taha tubuh yang kuat. Imunitas yang baik tentu bisa mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus. Pertanyaannya, gimana sih caranya meningkatkan daya imu kita ? nah disini lah mimin bakal bahas, vitamin apa yang dapat membantu memperkuat system imun kita.

Pepatah lama "satu apel sehari bisa menjauhkan dokter" mungkin mengandung kebenaran. Mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin tertentu dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan penyakit.

Kami berbicara dengan ahli diet terdaftar Julia Zumpano, RD, LD, untuk mengetahui lebih dalam tentang vitamin ini, makanan apa yang dikandungnya, dan bagaimana mereka dapat membantu Anda tetap sehat. Inilah yang di katakannya:

Vitamin C 

Vitamin ini adalah salah satu pendorong terbesar dalam sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C bahkan bisa membuat kalian lebih rentan terhadap penyakit. Makanan yang kaya vitamin C diantaranya jeruk, jeruk bali, mandarin, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli. 
Mengkonsumsi vitamin C setiap hari sangat penting untuk kesehatan yang baik karena tubuh kalian tidak memproduksi atau menyimpannya. Berita baiknya adalah bahwa vitamin C ditemukan dalam begitu banyak makanan sehingga kebanyakan orang tidak perlu mengonsumsi vitamin C kecuali jika dokter menganjurkannya.


Vitamin B6 

Vitamin ini sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Makanan yang kaya akan vitamin B6 diantaranya ayam dan ikan seperti salmon dan tuna. Vitamin B6 juga ditemukan dalam sayuran hijau dan kacang-kacangan, yang merupakan bahan utama hummus.

Vitamin E 

VItamin ini adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Makanan yang tinggi vitamin E termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, dan bayam. Cara membeli bahan makanan untuk memperkuat kekebalan kalian. Aturan sederhana dapat membantu kalian dalam memilih buah dan sayuran di toko grosir atau di pasar petani yaitu semakin berwarna buah dan sayuran, semakin baik.

"Cobalah makan berbagai makanan dan cobalah makan buah-buahan dan sayuran dalam semua warna pelangi," kata Zumpano. "Piring kalian akan lebih menarik untuk dilihat dan kalian akan memastikan mendapatkan vitamin dan nutrisi sebanyak mungkin untuk meningkatkan kesehatan."

Penting juga untuk mengetahui bahwa kalian membangun sistem kekebalan yang kuat dengan mempertahankan kebiasaan makan yang sehat dari waktu ke waktu. kalian tidak bisa makan empat jeruk untuk sarapan dan berharap dilindungi dari flu hari itu.

Terus bagaiamana untuk yang tidak suka buah atau sayur , apakah suplemen dapat membantu kekebalan tubuh?

Tubuh kalian menyerap dan menggunakan vitamin dan nutrisi dengan lebih baik ketika berasal dari sumber makanan. Ketika berbicara tentang vitamin atau suplemen, pertanyaan yang sering diajukan adalah berapa banyak yang sebenarnya didapatkan. Karena suplemen makanan diatur bukan sebagai produk obat tetapi sebagai makanan, Administrasi Makanan dan Obat tidak menilai kualitas suplemen makanan dan tidak mengevaluasi efeknya pada tubuh.

Beberapa suplemen dapat memiliki efek samping, terutama jika dikonsumsi sebelum operasi atau dengan obat lain. Suplemen juga dapat menyebabkan masalah jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu. Efek dari banyak suplemen belum diuji pada anak-anak, wanita hamil dan kelompok lain.

Penting untuk menghindari mengonsumsi suplemen vitamin E. Tidak hanya beberapa studi klinis yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin E bermanfaat bagi kesehatan Anda, tetapi juga bisa berbahaya dalam beberapa situasi. Untuk alasan ini, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin bukan melalui suplemen makanan, tetapi melalui makanan.

"Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda ingin mengambil suplemen," kata Zumpano.

Tetap terhidrasi juga dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, kata Zumpano. Air membantu tubuh memproduksi getah bening yang mengangkut sel darah putih dan sel sistem kekebalan tubuh lainnya. Hindari minuman berlebihan seperti kopi yang bisa membuat dehidrasi. Atau coba makan lebih banyak makanan yang mengandung banyak air seperti mentimun, seledri, atau semangka.

Gimana ? sampai sini jelas, baiknya kita menjaga tubuh kita dengan asupan makanan sehat, seperti yang mimin paparkan diatas. Dengan makanan yang sehat dapat membantu memperkuat daya taha tubuh kita sehingga tubuh kita lebih kuat menghadapi serangan virus, ataupun hal-hal yang mengganngu kesehatan. Harapan mimin untuk saat ini semoga kalian semua sehat dan juga untuk corona virus semoga segera dapat diatasi aamiin.

Belum ada Komentar untuk "Vitamin Terbaik Untuk Menigkatkan Daya Tahan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel