Recent Posts

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

tips menjaga kesehatan saat musim hujan
Source : pixabay
Hello health people, sebelum mimin ba bi bu bahas tips kesehatan mimin mau ucapkan selamat tahun baru 2020 untuk semua pembaca setia people daily yaaah , semoga tahun ini lebih baik dalam berbagai aspek untuk sobat semua aamiin

Tahun baru ini kita disuguhkan dengan musim hujan, mimin sempet liat berita malah terjadi banjir daerah jabodetabek, semoga para korban banjir diberikan kesehatan dan banjir cepat reda. Sebetulnya menurut badan Meteorologi, klimatologi, dan Geosfisika hujan sudah terjadi hampir di sebagian besar wilayah Indonesia. Maka dari itu musim penghujan seperti ini rentan membuat tubuh kita terkena penyakit seperti flu bahkan demam berdarah.

Maka dari itu disini mimin mau kasih tips nih, gimana caranya kita tetap fit dalam musim hujan seperti ini, karena apabila kita tidak menjaga kesehatan di musim seperti ini tubuh kita akan rentan sakit, tentunya bisa mengganggu aktifitas kalian. Tanpa lama-lama mimin langsung aja yah kasih tipsnya.

Konsumsi Vitamin C
Kenapa vitamin C penting untuk tubuh. Karena salah satu manfaat vitamin C untuk tubuh yaitu mempercepat pemulihan dari virus flu. Maka dari itu dengan kita memenuhi kebutuhan vitamin C dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang flu. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C terdapat pada nanas, jeruk, tomat, paprika merah dan hijau, papaya, atau kalian bisa memberi suplemen vitamin C dengan dosis yang tepat yah

Jaga tubuh tetap hangat
Pada musim hujan seperti ini kita harus menjaga tubuh tetap hangat, karena menurut penelitian seseorang lebih rentan terkena flu saat basah karena hujan, tubuh yang kedinginan terutama bagian kaki, dapat menyebabkan gejala flu pada seseorang. Saat tubuh menjaga suhu kita tetap hangat, tubuh membatasi aliran darah ke kaki termasuk hidung, hal itulah yang membuat hidung menjadi tempat favorit untuk virus. Jadi pastikan kalian terlindungi dan tetap hangat dengan menggunakan pakaian hangat contohnya saat musim hujan.

Meminum minuman hangat
Tidak ada waktu terbaik mengonsumsi minuman hangat kalo bukan di musim hujan yang serba dingin hehe. Selain enak ternyata meminum minuman hangat baik untuk kesehatan. Teh hijau panas, coklat panas, atau jahe panas adalah minuman yang baik untuk tubuh kita di kala musim hujan. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh lebih kuat terhadap angin atau infeksi yang bisa terjadi karena perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba.

Mandi air hangat
Pernahkan kalian ada dalam posisi terjebak hujan atau kehujanan? Jika pernah maka usai sampai rumah mandilah dengan air hangat. Karena hal ini bisa membantu menyingkirkan kuman dan melindungi kita dari infeksi. Dengan mandi air hangat maka akan membantu meningkatkan suhu tubuh kita yag dingin terkena hujan. Atau kalian bisa merendam kaki kedalam air

Cukupi asupan cairan
Pada saat musim hujan kita jarang sekali merasa haus sehingga menyebabkan kita jarang minum, mimin ingatkan jangan terkecoh karena dehidrasi tak selalu ditandai dengan rasa haus. Tetaplah minum air meskipun kita tidak merasa haus. Cairan dalam tubuh sangat penting dalam membatu kita mengeluarkan racun dalam tubuh. Jadi jangan lupa untuk tetap minum untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi.

Asupan makanan
Terakhir nih, kita harus memperhatikan asupan nutrisi makanan dan hindari makan sembarangan yah. Sebaiknya kita memasak sendiri makanan yang kita konsumsi agar terjamin kebersihan dan nutrisinya.

Gimana ? ada yang udah tau atau emang baru tau? Semoga artikel ini bisa bermanfaat yah buat health people, karena sehat itu enak dan nyaman sekali. Sedia payung sebelum hujan itulah pepatah yang sangat bijaksana untuk kita semua, lebih baik mencegah daripada mengobati tentunya kaaan..

Itu saja dari mimin , sekali lagi mimin ucapkan Happy New Year… 2020

Sumber : Kompas

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel