Recent Posts

Resep Membuat Tahu Gejrot Sederhana yang Memanjakan Lidah!!

tahu gejrot khas cirebon
Source : flickr
Hallo happy people… musim hujan nih enak nya ngemil ya hihi, sambil nonton tv atau main hp sambil ngemil gitu rasanya gaada duanya, tapi pastikan happy people ga sedang galau yaa,, karena sepertinya ngemil apapun kalau lagi galau mah ga enak ya heheheeee..

Nah kali ini mimin punya resep ngemil yang ekonomis tapi enak nih, mau gofud tapi mahal di ongkir, mau bikin sesuatu tapi takut gagal? Kali ini insyaallah resepnya gaakan gagal deh. Penesaran camilan apa sih? Yang suka kuah-kuah hangat pedas pasti doyan neh! Yeaaa betulll Tahu Gejrot!!!! Heuheuu pada ngiler ga tuh?

Tahu, gampang si yah buat dapetin tahu sepertinya di warung-warung atau tukang sayur keliling juga tahu selalu ada, baik itu tahu kering yang warnanya coklat tapi dalemnya kosong itu lho, tahu kuning atau tahu putih, tapi yang seeelalu ada tiap hari  di tukang sayur yang biasa lewat depan rumah mimin adalah tahu kuning.

Konon katanya tahu gejrot enaknya pake tahu kering, ya boleh sih bisa variasi beda selera juga kan. Tapi kalau menurut mimin tahu kuning lebih mengeyangkan karena ada isinya, padat lagi hee.

Yasud dari pada kita berlama-lama langsung saja keee tutorialnya :p btw ini mimin resep untuk 1 porsi yah, biasa untuk satu atau 2 orang, kalau 3 orang mah ga kenyang haha.

Langkah pertama yang harus disiapkan adalah…

  • 1 bungkus tahu kuning isinya kira-kira 10 buah tahu (4.000, harga tidak menetap)
  • 2 sendok makan gula merah (500)
  • Sejumput garam (50 perak)
  • 1 sendok kecap manis (200 perak)
  • 8 siung bawah merah (1000)
  • 2 sdm air asem jawa/ 1 sdm cuka (500)
  • 5 cabe ijo/ rawit (sesuai selera) (1000)
  • 250 ml air untuk membuah kuah (1000)
  • Minyak untuk menggoreng tahu (2500)

Total kurang lebih 12.000

Caranya:

Cuci tahu (boleh di rebus dulu sebentar yang katanya buat menghilangkan formalin)
Setelah dicuci lalu direbus, potong-potong dadu (dibagi empat) dan goreng sampai kering, angkat dan tiriskan.
Yang kedua, didihkan 250 ml air ke dalam panci, tambahkan 2 sdm gula merah, sejumput garam dan 1 sdm kecap, dan 2 sdm air asam jawa.
Sambil menunggu air mendidih kupas bawang merah lalu uleg kasar bersama cabe ijo/ rawit merah.
Setelah air gula kecap mendidih, tuangkan ke dalam wadah yang berisi bawang merah dan cabe tersebut, tunggu sampai layu lalu masukan tahu gorengnya. Jadi deh.

Selamat menikmati…

Pedas manis asam dan rempah bawang yang diuleg menciptakan sensasi segar dan hangat pada tubuh, tentunya cocok sekali untuk masuk kategori cemilan yang patut dicoba. Mudah saja kan ? langsung aja yah praktekin di rumah, hidangkan bersama orang terkasih untuk menciptkan sensasi nikmat lahir batin hehehe



Belum ada Komentar untuk "Resep Membuat Tahu Gejrot Sederhana yang Memanjakan Lidah!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel