Recent Posts

Persiapan Sebelum Skripsi - Efisien dan Menyenangkan

persiapan sebelum skripsi  - efisien dan menyenangkan
source : pixabay
Hello happy people.. pa kabar nih? Kalo diperhatikan sekarang musimnya skripsian bener ga sih? Apa di kampus mimin aja nih? Biasanya suka gitu kan suka beda jadwal akademik tiap universitas.

Skripsi, hhmm terdengar greget dan menyeramkan sih hihi. Gregetnya karena dengan skripsi berarti itu tanda kalau kita sudah mahasiswa tingkat akhir, sudah mau lulus! Menyeramkannya karena denger-denger cerita horror dari kakak tingkat, yang katanya sudah janjian di kampus jam segini tapi eh dosen pembimbingnya malah tidak ada. Yang katanya udah cape-cape ngetik panjang lebar, gadang semalam suntuk eh besoknya revisi semua, coret-coret tinta merah bullpen dosen pembimbing huhuhu.

Hal tersebut adalah wajar happy people, yang namanya dosen kita tahu sendiri kerjaanya banyak, lebih banyak dari mahasiswa yang ngerjain skripsi saja hihi, mungkin pas kebetulan janjian sama mahasiswa kebetulan juga ada acara dadakan. Tapi yasudahlah namanya juga mahasiswa, harus ngalah demi kelulusan xixi.

Oke, tanpa panjang lebar kita bahas tips-tips skripsian yang gak bikin stress.

Mental yang kuat

Pertama, siapkan MENTAL. Ia, mental perlu lho untuk menghadapi dan menjalankan skripsi ini. Jangan salah, kalau hasil ngetik semalalam dan dicoret-coret itu bikin menyayat hati ada yang sampai nangis atau bahkan berhenti mengerjakan skripsi hihi. Nah kalau mentalnya sudah kuat pasti ga akan nangis deh apalagi sampe berhenti ngerjain skripsi. Yang ada malah cepet pulang ke rumah untuk memeprbaiki revisian!.


Konsentrasi yang diminati

Pilih konsentrasi yang kalian minat!. Maksudnya? Ya kan biasanya dalam satu program studi di dalamnya ada peminatan tersendiri, contohnya Pragram Studi Sastra Inggris di akhir semester nanti ada peminatan atau konsentrasi, Linguistik dan Sastra. Nah tinggal dipilih tuh kira-kira kesiapan mental dan kemampuan berpikir untuk mengerjakan skripsinya ada di minat yang mana. Entah itu linguistic atau sastra.

Pilih judul atau materi yang paling dikuasai

Jangan asal pilih judul. Nah lho, judul paling membingungkan. Udah fix judul yang satu udah mantap juga teorinya eh ditolak hiks (pengalaman), jika mengalami hal yang seperti ini coba jangan langsung down, tarik nafas, rileks, barulah mulai berpikir lagi. Cari terus judul itu sampe ketemu! Jangan lupa sambil nyari judul sambil mikir dan research kira-kira si teori sama datanya ada apa engga. Ya memang mau tidak mau dalam situasi ini kita dituntut untuk berpikir cepat dan kerja cepat.

Setalah selesai dengan urusan judul, konsultasi lagi ke dosen pembiming, jika acc ya syukur, jika masih ditolak cari lagi! Cari terus pokoknya, berusaha semaksimal mungkin yang kamu bisa. Sepengalaman mimin nanti juga dosen pembimbing ngeliat kok mahasiswanya sudah berusaha cari tapi belum nemu judul yang pas baru lah nanti bantuan ide dari doden pembimbing datang wkwkw. Tapi jangan berharap, usaha dulu!


Kerjakan secara continue

Selanjutnya kalau sudah acc judul gas-kan skripsinya sebaik mungkin, sambil nulis latar belakang sambil nyari teori, sambil nyari data. Kenapa harus kayak gini? Biar nanti pas masuk bab 2, bab 3, bab 4 dan bab 5 itu si latar belakang ga dicoret-coret lagi. Kejadian yang dicoret-coret latar belakang pas msuk bab 2 atau bab selanjutnya adalah karena tidak nyambung antara latar belakang, teori dan data, makanya pasti dicoret-coret terus.

Sisihkan uang saku

Yup dalam proses pengerjaan skripsi ini perlu dana yang tidak sedikit. Tipsnya, dari awal kuliah sisihkan uang untuk semester akhir, bukan mentang-mentang masih semester awal bisa foya-foya, ya gapapa sih kalau dananya mencukupi mah hehe.

Seengganya selama ngerjain skripsi ini kita butuh yang namanya hiburan, hiburan dananya dari mana? Ya dari hasil nabung tadi. Bisa juga tabungannya dimaksimalkan dengan cara cari dana tambahan, biasanya mahasiswa mah suka jualan. Intinya nabung aja untuk skripsian biar ga terlalu merepotkan orang tua minimal untuk kebutuhan yang kecil-kecil.

Libatkan Tuhan

Selain kerja keras jangan lupa yah untuk meminta pertolongan kepada tuhan, dengan ibadah, berdoa , dan tawakal.

Refreshing

Terakhir nih, hehe masih ada, REFRESHING. Perlu tu refreshing, biar gak mumet jadi nanti kata-kata yang akan kita ketik di skripsi keluar dengan lancar, insyaallah. Tapi saran mimin kalau mau refreshing pas udah sampai ke pancapaian, contohnya kalau bab 3 udah acc jajan ke resto, atau ke cfc terserah deh liat kondisi masing-masing. Cara tersebut ngaruh buat mimin, skripsi beres, hati dan pikiran happy. Xixi

Bagaimana kalau sambil kerja? Yah berarti memang harus bener-bener berkorban, berkorban jam rehat sehabis pulang kerja dipakai untuk skripsi.

Masalah yang lain-lainnya coba dikesampingkan dulu, tidak perlu memikirkan pacar terus-terusan, mau dia centil ke yang lain juga jangan terlalu di gubris dulu walaupun kadang kesel pengen 👊 itu tips dari dosen mimin, pacar ma sampingkan dulu saja wkwkwk toh kalau jodoh mah gaakan kemana.

Ingat, ini kata dosen mimin juga yah, “skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai” selesai itu berarti penelitiannya betul, teori dan metode yang dipakai juga sudah betul sesuai standar skripsi masing-masing.

Ini tips yang bener-bener mimin alami dan terapkan yah ga asal speak aja, Alhamdulillah mimin lulus tepat waktu, meskipun waktu itu mimin sidang gak bareng temen-temen karena yang daftar sidang gelombang ke-2 baru sendiri. Sempet sedih dan khawatir temen-temen ga pada datang tapi ehh Alhamdulillah temen-temenku datang plus bingkisannya juga hebat-hebat dan banyak wkwk, becandaaa ih, bingkisan ma bonus, yang utama itu kehadiran temen-temennya.

I love you temen-temen kuliahku❤semoga kita dapat bertemu di lain kesempatan dalam kondisi baik.

Terakhir, legowo atau lapang dada biar tidak pusing. Heheh. Ikhlas ketika dicoret-coret, ikhlas ketia diminta buat perbaiki ini itunya. Nurut saja saran mimin ma, karena yang nurut pasti cepet beres.

NB: Jangan cengeng, karena sepertinya laki-lakipun menginginkan wanita tangguh ,tidak melehoy. 

Naah itu dia tips skirpsian happy dari mimin, mudah-mudahan dapat bermanfaat and bye..

Belum ada Komentar untuk "Persiapan Sebelum Skripsi - Efisien dan Menyenangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel